9+ Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Unik dan Gampang Dijalankan

9+ Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Unik dan Gampang Dijalankan
9+ ide usaha rumahan kreatif yang unik dan gampang dijalankan. Foto:Ist/Net

Seperti namanya, ide usaha rumahan kreatif memang membutuhkan sedikit kreativitas. Namun justru dengan inovasi yang unik akan membuat usaha rumahan ini berbeda dan pastinya lebih mudah menggaet konsumen.

Anda tentu pernah mendengar idiom bisnis ATM alias Amati, Tiru, dan Modifikasi. Kiat semacam ini sering dilontarkan para pebisnis sukses hanya dengan sedikit kreativitas mengubah produk yang ada menjadi lebih unik.

Kreativitas memang merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan sukses dalam menjalankan sebuah usaha. Apalagi dengan makin tinggi dan ketatnya persaingan bisnis yang ada tentunya perlu keunikan untuk memenangkan persaingan.

Beragam Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Bisa Ditiru

Sebenarnya ada banyak sekali ide usaha rumahan kreatif yang bisa dijalankan. Bahkan banyak juga usaha yang tak membutuhkan modal besar. Penasaran apa saja bisnis kreatif itu? Yuk simak di bawah ini.

1. Jualan Barang Antik

Barang antik biasanya memiliki bentuk unik dan berumur lebih dari 25 tahun. Anda bisa berburu jam dinding kuno, setrika arang, uang kuno, prangko kuno, dan lainnya di loakan atau tempat lain. Keuntungannya lumayan besar loh.

2. Suvenir Pernikahan

Ide usaha rumahan kreatif yang menarik lainnya adalah suvenir pernikahan. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat suvenir yang menarik. Dari gantungan kunci, aneka miniatur gedung, akrilik, patung mungil, dan lainnya.

3. Kreasi Kertas Daur Ulang

Limbah kertas umumnya dibuang atau dibakar. Ada banyak limbah kertas kantor yang bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi kertas dur ulang. Asal tahu saja, bahan ini bisa dibuat aneka kerajinan yang bernilai tinggi.

Saat ini ada banyak produk yang dibuat dari kertas daur ulang. Dari kotak perhiasan, wadah peralatan tulis, hingga aksesoris pernikahan. Cari saja di internet untuk menemukan ide produk daur ulang kertas yang menarik.

4. Bunga Artifisial atau Florist

Saat ini ada banyak orang yang menjual bunga hidup. Kenapa tidak mencoba membuat kerajinan bunga artifisial dengan daun kering. Ide usaha rumahan kreatif ini sanat prospektif karena masih jarang dilakukan namun cukup mudah membuatnya.

5. Penyewaan Kostum

Jasa persewaan baju yang umum dilakukan adalah busana pernikahan. Masih jarang persewaan untuk baju daerah atau kostum super hero. Untuk pasarnya bisa diriset dengan mengamati lingkungan Anda atau melalui internet.

6. Jasa Desain Uang Mahar

Jasa membuat desain uang mahar juga bisa menjadi ide usaha rumahan kreatif yang menarik. Namun karena spesifiknya pasar yang membutuhkan layanan ini Anda perlu lebih kreatif dalam memasarkannya.

7. Kerajinan Tangan

Ada banyak bentuk kerajinan tangan yang bisa dibuat dan dijual. Saat ini bahan dari tanaman seperti segres, eceng gondok, atau kulit kayu bisa dibuat tas, dompet, dan produk lain yang menarik. Pasarnya luas, bahkan bisa diekspor.

8. Produk Perca

Potongan kain yang tak terpakai sering dibuang atau menjadi limbah. Anda bisa memanfaatkannya untuk dibentuk aneka produk perca yang unik dan menarik. Dari sarung bantal, korden, hingga baju boneka. Keuntungannya tak bisa dianggap remeh loh.

9. Produk Camilan Unik

Indonesia dikenal kaya dengan tanaman dan bahan alami. Berkreasi dengan membuat camilan yang berbeda bisa menjadi ide usaha rumahan kreatif yang potensial. Seperti kue ubi ungu, keripik daun kelor, dan lainnya.

10. Jasa Fotografi dan Video

Jasa semacam ini memang sudah cukup banyak. Namun Anda bisa menambahkan jasa sewa peralatannya karena saat ini banyak yang membutuhkan. Usaha ini cukup prospek mengingat harga peralatan foto dan video yang mahal.

Itulah berbagai ide usaha rumahan kreatif yang mudah dijalankan dan tak membutuhkan modal besar. Dengan sentuhan kreatif dan ketekunan, bukan mustahil bisnis rumahan ini akan menjadi besar dan sukses. (R9/HR Online)

Loading...