Aksi Pencurian Ternak di Cipaku Ciamis Berhasil Digagalkan Pemiliknya

Aksi pencurian ternak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai resahkan warga. Seperti yang terjadi di Dusun Desakulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Rabu (13/05/2020). Foto: Edji Darsono/HR.
Aksi pencurian ternak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai resahkan warga. Seperti yang terjadi di Dusun Desakulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Rabu (13/05/2020). Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Aksi pencurian ternak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai resahkan warga. Seperti yang terjadi di Dusun Desakulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Rabu (13/05/2020).

Kambing milik Dedi, warga setempat, nyaris raib digusur maling. Beruntung, pemiliknya memergoki aksi pelaku pencurian ternak tersebut, sehingga pelaku langsung kabur dengan tangan hampa.

Meski aksi pencurian dapat digagalkan Dedi, namun bagian tanduk kambing sebelah kanan patah, sehingga hewan ternak miliknya itu berlumuran darah.

Dedi mengaku mengetahui kambing miliknya mau dicuri itu sekitar pukul 01.30 WIB, saat dirinya pulang usai berjualan surabi.

Begitu menyoroti kandang kambing, terlihat ada seorang laki-laki dengan bersenjatakan golok sedang menarik-narik kambing miliknya agar keluar dari kandang.

“Karena mungkin keburu kepergok, pelaku langsung kabur masuk ke lahan kebun. Pencurian dapat digagalkan, tapi bagian tanduk kambing sebelah kanan patah, jadi banyak mengeluarkan darah,” tutur Dedi, kepada HR Online.

Dedi menduga, patahnya tanduk kambing kemungkinan saat ditarik oleh pelaku, lalu nyangkut di kayu tempat pakannya. 

Warga Berharap Pelakunya Bisa Terungkap

Markus, warga setempat, menambahkan, dengan adanya kejadian tersebut, warga pun kompak melakukan pencarian. Namun, upaya yang dilakukan warga tidak membuahkan hasil. Jejak pelaku tidak diketahui ke mana arahnya.

“Kemungkinan pelaku lebih dari satu orang. Mudah-mudahan saja meski pun pencurian kambing dapat digagalkan, pelakunya bisa terungkap,” harapnya.

Markus mengatakan, berdasarkan informasi, memang ada seorang pengendara motor yang dicurigai oleh warga. (Dji/R3/HR-Online)