Alhamdulillah Kabar Baik Lagi, 2 Pasien Positif Covid-19 di Ciamis Sembuh

pasien positif covid-19 di Ciamis sembuh
Ilustrasi virus Corona. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis merilis ada 2 orang pasien positif Covid-19 di Ciamis sembuh per hari ini, Kamis,(28/5/2020).

Dengan demikian dari 6 kasus terkonfirmasi positif Corona, kini 5 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Kelima pasien positif Covid-19 di Ciamis sembuh berdasarkan swab test dua kali berturut-turut dan hasilnya negatif.

Sebelumnya, baru 3 orang pasien positif Covid-19 di Ciamis sembuh. Per hari ini, Kamis (28/5/2020), dua orang lagi dinyatakan sembuh. Sementara 1 orang lagi masih menjalani isolasi mandiri dan menunggu hasil swab test yang kedua.

“Total jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ada 6 orang, sebelumnya 3 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Kini 2 orang lagi sudah bisa dinyatakan sembuh setelah 2 kali swab testnya menunjukkan hasil negatif,” ujar dr Bayu Yudiawan, juru bicara PIK Covid-19 Kabupaten Ciamis, Kamis (28/9/2020).

Tadinya sebanyak 3 orang yang dinyatakan positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri karena berstatus sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Setelah 2 orang dinyatakan sembuh tersisa 1 lagi kasus positif Covid-19 di Ciamis.

“Ketiga orang ini menjalani isolasi mandiri dan hasil swab test-nya sudah keluar, ketiga negatif. Yang dua orang sudah bisa dinyatakan sembuh karena swab kedua kalinya juga negatif. Sementara 1 orang lagi karena baru sekali swabnya negatif, maka harus menunggu hasil swab kedua untuk dinyatakan sembuh,” jelas Bayu.

2 Orang Pasien Positif Covid-19 di Ciamis Sembuh

Dua orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 merupakan pasien nomor 02 yang sebelumnya reinfeksi Covid-19. Pasien kedua yang sembuh adalah suaminya, pasien nomor 05.

Pasangan suami istri ini merupakan warga Kecamatan Pamarican yang terinfeksi dari klaster MTR (Masyarakat Tanpa Riba). Dengan sembuhnya kedua orang tersebut, maka Kecamatan Pamarican kembali menjadi zona hijau.

Bayu menegaskan tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19 di Ciamis saat ini. Meskipun sebelumnya tim Gugus Tugas Ciamis telah melakukan rapid test massal di berbagai lokasi di Ciamis. Namun dari rapid test yang digelar sebelum lebaran, belasan orang yang dinyatakan reaktif Covid-19, hasil swab test-nya negatif.

“Kita sudah melakukan tes rapid massal secara acak, dari sana kita mengetahui kondisi Ciamis seperti apa. Meskipun terdapat warga Ciamis yang reaktif, namun setelah swab test, ternyata hasilnya negatif. Ini berarti tidak ada transmisi lokal di Ciamis,” tandasnya. (R7/HR-Online)

Loading...