Aplikasi Bersatu Lawan Covid, Langkah Nyata Memerangi Coronavirus

Aplikasi Bersatu Lawan Covid
Aplikasi Bersatu Lawan Covid. Foto: Istimewa

Aplikasi Bersatu Lawan Covid diluncurkan didasarkan adanya serangan virus Covid-19 yang sangat meresahkan saat ini. Aplikasi ini digunakan dalam upaya mempermudah menyikapi serta menangani virus tersebut.

Covid-19 merupakan penyakit menular yang dikarenakan oleh coronavirus yang baru ditemukan. Ini adalah virus yang baru dan penyakit yang memang sebelumnya tidak diketahui setelah menjadi wabah di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019.

Lalu, apa itu Coronavirus? Ini merupakan suatu jenis virus yang berkelompok dan bisa menyebabkan penyakit pada manusia ataupun hewan. Serta ada beberapa jenis corona virus yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan manusia.

Aplikasi Bersatu Lawan Covid

Fitur yang aplikasi ini berikan adalah berdasarkan oleh telepon pintar atau smartphone. Mengakses BLC, istilah yang sering disebut oleh masyarakat, kita bisa mengetahui lokasi yang rentan terhadap penyebaran oleh virus ini.

Baca juga: Aplikasi Fight COVID-19, Mampu Lacak Keberadaan OTG dan ODP Corona

Dalam bentuk tampilan secara spasial, penyebaran Covid-19 ini bisa diketahui dengan mudah. Sehingga kita dapat waspada terhadapnya. Di samping itu, aplikasi ini bisa juga membantu dalam mendeteksi gejala yang ditimbulkan oleh Covid-19.

Jika di dalam masyarakat terdapat gejala yang sudah dikenal, maka hal ini dapat membantu dalam mempercepat dilakukannya konsultasi serta pemeriksaan oleh tenaga medis di tahap awal.

Aplikasi Bersatu Lawan Covid ini berfungsi sebagai sarana yang dapat mengenali ancaman ataupun bahaya yang disebabkan oleh virus tersebut. Sehingga masyarakat dapat mengurangi resiko yang mungkin akan tertular lebih besar.

Fitur yang ada di aplikasi BLC ini dikembangkan berbasis pada data yang ada paling baru, bukti yang konkret dan juga tinjauan secara ilmiah. Terdapat satu fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini.

Periksa Gejala Mandiri yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memeriksa atau mengetahui pantauan isolasi diri, status kesehatan, telekonsultasi. Serta mengenai pengetahuan tentang tingkat kerawanan suatu daerah, juga tentang edukasi harian.

Di samping masyarakat, aplikasi ini juga bisa dipakai oleh para petugas medis. Mereka bisa melihat tentang perkembangan pasien yang terpapar, data riwayat medis, atau juga dapat dipakai untuk melakukan pemeriksaan rapid diagnostic test.

Baca juga: Aplikasi Deteksi Corona Coughvid, Kenali Corona dari Suara Batuk

Aplikasi Bersatu Lawan Covid yang kini mulai populer di masyarakat. Ini digunakan dalam aksi pemantauan pasien Covid di wilayah kerja pasien itu sendiri. Juga melaporkan hasil dari pemeriksaan terhadap pasien, bahkan termasuk rapid test dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Mobile Aplikasi Bekerja?

Cara kerja dari Mobile Apps ini terhubung langsung dengan sistem utama Bersatu Lawan Covid. Sistem aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah melalui kementerian, instansi serta pihak lain berada di bawah koordinasi oleh Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid-19.

Hal ini dilatarbelakangi oleh tekad dalam merangkul seluruh aspek pada masyarakat. Berbagai komponen itu sudah bergotong royong serta membantu dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 ini.

Dalam mencegah dan melawan virus Covid-19 ini diperlukan adanya sinergi serta disiplin yang berasal dari semua aspek. Sehingga dapat terbentuk tembok pertahanan yang kokoh di awal. Itulah mengapa Aplikasi Bersatu Lawan Covid ini dibuat.

Bahkan, pakar Epidemiologi yaitu Dewi Nur Aisyah juga menyebutkan jika integrasi mengenai data sangatlah penting. Dapat dikatakan jika hal ini seperti peta navigasi saat memerangi Covid-19.

Data yang cepat dan akurat serta berintegrasi diperlukan guna menyusun suatu kebijakan dan strategi untuk menghadapi pandemi. Data-data yang terintegrasi tak hanya berkaitan dengan data kesehatan namun juga terkait data lain.

Baca juga: Aplikasi 10 Rumah Aman untuk Upaya Menghadapi Pandemi Corona

Seperti data ekonomi dan sosial. Selain itu, sebagai pembangun dari sistem ini, Kevin daniel Pantasdo, mengatakan jika hal ini tak bisa terlepas dari pemfungsian dari aplikasi yang sudah lebih dulu dibuat yaitu Fight Covid-19.

Aplikasi Bersatu Lawan Covid tersebut dibuat oleh Ahmad Al Ghozi Ramadhan dan dibantu oleh tim pengembangnya, yakni Piky hamonangan, Hudio Hizari serta juga Wahyu Nurhidayat.

Untuk sekarang ini, aplikasi BLC ini bisa didownload melalui smartphone yang berbasis android. Dan dapat juga diakses di website resmi covid.go.id untuk mengunduh tautannya.

Gugus Tugas nasional akan selalu mengembangkan serta meningkatkan fitur aplikasi ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk kedepannya, Aplikasi Bersatu Lawan Covid ini akan dapat bekerja di smartphone yang berbasis iOS. Masyarakat bisa mengunduh aplikasi ini di playstore. (R10/HR-Online)