Aplikasi Meeting Online yang Aman Digunakan Selama WFH

Aplikasi Meeting Online
Contoh aplikasi meeting online yang aman. Foto : net/ist

Saat ini, banyak orang yang mencari aplikasi meeting online yang aman. Seperti yang kita tahu, wabah Corona yang semakin parah dan menyebar luas ini memberikan dampak yang begitu signifikan.

Salah satunya adalah untuk tetap di rumah dan melakukan social distancing. Pembatasan ini membuat banyak orang sulit bekerja.

Keberadaan aplikasi meeting online sangat membantu banyak orang yang bekerja di rumah. Dalam situasi seperti ini, peran teknologi sangat berpengaruh.

Jika tidak menggunakan teknologi, maka pekerjaan tidak akan selesai. Salah satu teknologi yang bisa digunakan adalah aplikasi meeting online.

Deretan Aplikasi Meeting Online yang Aman

Adanya virus Corona ini benar-benar memutus komunikasi secara langsung. Tidak hanya pekerjaan saja yang mengalami hambatan, tetapi juga pendidikan.

Semua kegiatan belajar mengajar diberhentikan selama beberapa waktu atau libur. Alhasil, para siswa harus belajar online di rumah.

Hal ini membuat beberapa siswa mengalami kesulitan. Terkadang ada beberapa siswa yang belum memiliki smartphone atau perangkat lain yang menunjang kegiatan belajar online.

Ada pula yang bermasalah dengan koneksi. Bahkan ada yang bermasalah dengan aplikasinya karena dapat mencuri data pengguna. Oleh karena itu, disarankan agar anda menggunakan aplikasi meeting online yang aman.

Kini ada banyak platform meeting online atau video conference yang bisa digunakan. Karena penyebaran virus Corona semakin parah, banyak pengembang aplikasi yang merancang platform video conference. Hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi.

Namun tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada salah satu aplikasi meeting online yang digunakan. Masalah tersebut biasanya adalah data pengguna yang disalahgunakan.

Tentu saja hal ini membuat pengguna tidak nyaman. Oleh karena itu, berikut ini beberapa aplikasi meeting online yang bisa digunakan.

1. Cisco Webex

Salah satu aplikasi meeting online yang aman adalah Cisco Webex. Aplikasi merupakan platform video conference premium. Artinya, aplikasi ini memiliki biaya langganan yang ditujukan untuk pengguna.

Aplikasi ini memberikan kapasitas 100 orang yang ingin melakukan video conference. Aplikasi ini hampir sama dengan Zoom. Hal ini dikarenakan aplikasi ini memiliki fitur berbagai layar.

2. Google Duo

Aplikasi meeting online lainnya adalah Google Duo. Aplikasi yang dinaungi oleh Google ini sudah hadir sejak lama.

Google Duo ini memang tidak memiliki kapasitas partisipan yang besar. Hal ini dikarenakan kurang lebih hanya 12 orang saja yang bisa melakukan panggilan.

Aplikasi meeting online yang aman ini sudah dijamin aman dan data pengguna tidak mungkin dicuri. Aplikasi ini telah hadir untuk beberapa perangkat. Diantaranya adalah website, tablet, iOS, dan juga Android.

3. Google Meet

Selanjutnya adalah aplikasi Google Meet. Aplikasi ini sebelumnya dikenal dengan Google Hangout. Sesuai dengan nama yang dibawanya, aplikasi yang satu ini juga besutan Google.

Perlu untuk anda ketahui, aplikasi Google Meet ini memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan video. Meskipun tidak secanggih Zoom, namun aplikasi ini memiliki keunggulan.

Adapun keunggulan yang dimiliki aplikasi Google Meet diantaranya adalah sudah terintegrasi dengan Google+ dan juga Gmail. Hal ini membuat akses aplikasi menjadi lebih mudah.

Dengan begitu, pemula pun bisa langsung menggunakan aplikasi meeting online yang aman ini. Maka dari itu, pastikan anda mencoba menggunakan aplikasi ini agar kebutuhan meeting anda bisa berjalan lancar.

4. Skype

Aplikasi meeting online lainnya yang juga sayang jika dilewatkan begitu saja yaitu Skype. Aplikasi yang satu ini bisa anda manfaatkan selama wabah Corona.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Skype merupakan aplikasi besutan Microsoft. Skype juga termasuk dalam aplikasi yang aman. Aplikasi ini sudah sangat populer di berbagai kalangan.

Kapasitas yang disediakan oleh aplikasi ini kurang lebih 25 orang. Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah anda bisa mengaksesnya melalui PC, smartphone, dan bahkan televisi.

Empat aplikasi video conference diatas bisa anda gunakan untuk berkomunikasi. Aplikasi di atas juga bisa menjadi pengganti aplikasi Zoom. Keempat platform diatas termasuk aplikasi meeting online yang aman untuk digunakan. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan aplikasi meeting ini. (R10/HR-Online)