Aplikasi Mudik Digital, Sarana Mudik Gratis di Tengah Pandemi

ilustrasi Aplikasi Mudik Digital
Ilustrasi aplikasi mudik digital. Foto : net/ist

Aplikasi mudik digital resmi dicanangkan dan diinstruksikan oleh Presiden Negara Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Hal ini ditujukan dalam rangka memutus dari penyebaran virus Corona atau juga disebut Covid-19.

Aplikasi ini menjadi sarana yang disediakan oleh pemerintah dalam mendukung program tersebut. Dimana melakukan mudik secara digital serta bersilaturahmi dengan keluarga.

Cegah Penyebaran Covid-19 Dengan Aplikasi Mudik Digital

Berbagai belahan dunia kini sedang menghadapi pandemi, tak terkecuali dengan apa yang terjadi di Indonesia sendiri.

Oleh karena itu, langkah yang bijak dalam menghadapi hal ini adalah tidak adanya kegiatan atau aktivitas mudik dan pulang ke kampung halaman. Sehingga, dapat melindungi keluarga dari bahaya Covid-19 di kampung.

Para perantau mungkin saja merasakan rindu dan harus lebih bersabar karena tidak dapat mudik ke kampung.

Namun, perlu diketahui jika aplikasi mudik digital adalah salah satu peran yang kita sumbangkan dalam rangka memutus rantai dari penyebaran virus Corona tersebut. Hal itu sama seperti apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo baru-baru ini.

Mudik memang menjadi salah satu hal atau rutinitas yang sudah dilakukan tiap tahun oleh para perantau. Baik di luar kota maupun di luar negeri.

Presiden Joko Widodo sendiri juga sangat merekomendasikan bagi perantau agar melakukan mudik atau pulang kampung secara digital daripada melakukan perjalanan mudik seperti biasanya.

Tentu banyak yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan mudik digital. Untuk itu, berikut adalah penjelasannya.

Rekomendasi Aplikasi Gratis Mudik Digital

Aplikasi mudik digital melengkapi atau menjawab anjuran dari pemerintah yang merekomendasikan para perantau untuk melakukan mudik secara digital.

Mudik digital itu sendiri adalah kegiatan atau aktivitas bersilaturahmi yang dikerjakan dengan panggilan video bersama dengan keluarga (video call). Dengan adanya mudik digital seperti ini, diharapkan akan memutus rantai penyebaran virus Corona di sejumlah daerah.

Berikut adalah beberapa aplikasi gratis yang dapat dipakai dalam melakukan silaturahmi dengan keluarga tanpa mudik.

Aplikasi WhatsApp

Aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kita dapat melakukan percakapan dengan memanfaatkan fitur video call yang tersedia. Bahkan saat ini sudah dapat diakses dengan melakukan 8 orang dalam sekali panggilan.

Cara memakai fitur video call dari aplikasi mudik digital ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya tinggal memilih opsi video atau gambar video pada layar saat ingin melakukan panggilan.

Jika anda ingin menambah panggilan untuk beberapa orang, maka tinggal menekan opsi “+” yang letaknya ada di kanan atas. Kemudian anda dapat menambah peserta panggilan video melalui fitur ini hingga 8 orang sekaligus.

Google Duo

Jika anda sudah memiliki smartphone berbasis Android, maka tidak ada kesulitan yang akan anda temukan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah karena merupakan aplikasi bawaan dari Google. Anda dapat melakukan video call dengan keluarga hingga sejumlah 32 orang dalam sekali panggilan.

Skype

Aplikasi ini juga dapat dipakai untuk video call sampai 50 orang sekali panggilan. Selain itu, juga tersedia jika anda ingin melakukan chatting. Bahkan semua fitur dapat diakses dengan gratis.

Zoom

Zoom adalah aplikasi mudik digital rapat online atau konferensi call. Pengguna yang dapat bergabung di aplikasi video call ini mencapai 100 orang. Dapat juga digunakan dalam situs serta smartphone anda.

Google Meet

Apliaksi ini dahulu dinamakan Hangouts Meet. Google Meet ini dapat menampung pengguna sebanyak 16 orang dalam sekali panggilan video. Caranya, anda dapat mengaksesnya dengan mengaktifkan fitur Gmail.

Perlu diketahui, jika melakukan mudik seperti biasanya, maka pemudik sangat beresiko untuk terpapar virus Corona. Membawa virus tersebut ke kampung halaman, tentu bukanlah hal yang bijaksana dilakukan.

Maka, pemerintah menganjurkan mudik dengan aplikasi gratis ini guna menghindarkan resiko tersebut. Namun, anda mungkin tidak merasa nyaman seperti mudik biasanya. Akan tetapi, demi menjaga keselamatan dari bahaya Covid-19 ini, bukan hal yang buruk untuk dilakukan.

Aplikasi mudik digital ini dapat diakses dan diunduh dengan gratis di Google Play Store atau juga di Apps Store. Jadi, mudik digital juga menyenangkan untuk dilakukan. (R10/HR-Online)