Aplikasi Panggilan Suara CatchUp dan Aplikasi Chatting Apple Watch

Aplikasi panggilan suara CatchUp
Aplikasi panggilan suara CatchUp. Foto : archyde.

Aplikasi panggilan suara CatchUp merupakan aplikasi terbaru yang diluncurkan Facebook. Meskipun sudah ada aplikasi Messenger yang juga telah didukung dengan adanya fitur untuk panggilan suara bagi para penggunanya, namun tidak memberi kepuasan untuk Facebook sehingga selalu membuat terobosan anyar.

Kini Facebook sedang melakukan uji aplikasi yang terbaru yang diberi nama CatchUp. Aplikasi ini bisa untuk melakukan panggilan audio saja. Nah, apa perbedaan antara Facebook Messenger dengan aplikasi baru ini CatchUp.

Facebook Messenger dan CatchUp merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Facebook dimana keduanya untuk alat komunikasi. Namun kedua aplikasi ini memiliki perbedaan yang utama.

Aplikasi Panggilan Suara CatchUp dari Facebook

Pada aplikasi CatchUp ini pengguna akan bisa tahu ketersediaan dari pengguna yang lain. Tentu hal ini akan sangat membantu jika pengguna ingin melakukan panggilan pada pengguna lain, namun tidak tahu jika yang akan ditelpon bersedia atau dalam keadaan yang sibuk.

Tim Litbang Internal Facebook yang telah mengembangkan aplikasi terbaru ini di tengah wabah virus Corona yang saat ini masih belum bisa untuk dihentikan penyebarannya.

Walaupun dikembangkan di situasi seperti sekarang ini, pihak Facebook tetap akan mempercepat proses pengembangan dari aplikasi terbarunya. Sehingga bisa membantu pengguna untuk melakukan hubungan komunikasi dengan orang lain.

Pihak Facebook memberi penjelasan mengenai aplikasi panggilan suara CatchUp yang dibuat untuk memberi solusi pada beberapa batasan dengan menggunakan panggilan telepon.

Kebanyakan dari orang tidak mengetahui mengenai harus menelpon dengan tidak mengganggu orang lain yang dirasa sedang sibuk. Dengan adanya fitur Availability, bisa terlihat apakah pengguna sedang sibuk dan apakah bisa dihubungi dengan melakukan panggilan telepon.

Untuk saat ini CatchUp yang masih dalam tahap pengembangan hanya tersedia di AS pada perangkat iOS serta Android saja.

Aplikasi CatchUp sangat membantu dengan efektif tanpa perlu pengguna melakukan pengecekan terlebih dahulu, bahkan untuk bisa menghindari panggilan pengguna masuk dalam kotak suara.

TCL

Menurut Facebook, tidak semua orang bisa melakukan panggilan dengan menggunakan video, terutama untuk mereka yang sedang melakukan hal lain. Tentu aplikasi panggilan suara CatchUp ini akan lebih cocok untuk melakukan panggilan audio saja.

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, pada aplikasi CatchUp juga bisa untuk panggilan pribadi dan di dalam grup. Memang benar jika aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Facebook, namun jangan khawatir untuk anda yang tidak mempunyai akun media sosial untuk bisa memakainya.

Aplikasi CatchUp dengan tampilan antarmuka dibuat sangat sederhana. Perlu anda tahu jika aplikasi masih berupa eksperimen dan belum tahu apakah bisa dipastikan untuk segera dirilis atau belum.

Facebook Luncurkan Aplikasi Chatting Apple Watch

Sebelum aplikasi panggilan suara CatchUp, pihak Facebook juga telah merilis aplikasi untuk chatting eksperimental pada Apple Watch. Aplikasi ini diberi nama Kit (Keep In Touch) yang dikembangkan oleh tim internal yang bernama NPE Team.

Kit ini akan menggabungkan cara kerja dari Facebook Messenger yang telah didukung dengan teknologi dengan kode QR. Hal ini akan membuat pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini harus melakukan pemindai kode QR terlebih dahulu.

Karena hal ini untuk Apple Watch, maka kemampuan untuk melakukan komunikasi tidak bisa beragam. Semua aktivitas pada komunikasi hanya bisa dilakukan dengan satu ketukan saja.
Artinya pengguna bisa mengirim emoji, lokasi, dan rekaman suara.

Bahkan bisa mendiktekan pesan, namun hanya yang dikirim via Facebook Messenger saja. Untuk si penerima pesan juga bisa menerima dan dapat dengan langsung memberi respon dari Apple Watch. Aplikasi panggilan suara CatchUp dan aplikasi chatting ini benar-benar mengesankan.

Hal ini tentu menguntungkan untuk pengguna dimana tidak perlu smartphone untuk melakukan komunikasi. Jika dilihat sekilas, aplikasi ini mirip dengan Facebook Messenger namun pada Kit akan lebih fokus pada kontak yang dekat dengan pengguna, misalnya keluarga atau sahabat.

Aplikasi ini juga masih bersifat eksperimen, jadi ada kemungkinan Facebook akan menutup aplikasi ini jika tidak ada respon yang positif dari para penggunanya.

Aplikasi panggilan suara CatchUp dan Kit akan terus dikembangkan oleh Facebook untuk membantu para penggunanya dalam berkomunikasi dengan pengguna lainnya. (R10/HR-Online)

Loading...