Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Sisternet XL untuk Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Aplikasi Sisternet XL untuk Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Aplikasi Sisternet XL semakin dikembangkan dengan tujuan untuk peningkatan kemampuan perempuan Indonesia di era digital yang kian tumbuh pesat ini.

Program baru yang dikeluarkan XL ini diharapkan dapat memangkas jarak atau kesenjangan perempuan dan laki-laki dalam segi pemanfaatan teknologi internet di Indonesia.

Aplikasi yang resmi dikeluarkan PT XL Axiata ini merupakan sebuah layanan yang khusus dipersiapkan bagi perempuan.

Aplikasi Sisternet XL untuk Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Saat ini perempuan Indonesia semakin menyukai dunia internet dengan seiring perkembangan kemajuan teknologi guna mempermudah dalam akses internet tersebut.

Untuk mendorong kemajuan perempuan Indonesia melalui jaringan internet ini, salah satu operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia ini menciptakan suatu aplikasi yang cukup menarik bernama Sisternet.

Aplikasi ini merupakan sebuah gerakan sosial untuk mendekatkan internet kepada lebih banyak kaum perempuan yang berada di Indonesia.

Perlu diketahui, jumlah kaum perempuan Indonesia yang sadar akan pentingnya internet masih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah kaum laki-laki yang sudah sadar internet.

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Sisternet XL

Sisternet merupakan wujud komitmen serta kepedulian XL guna mengajak para perempuan Indonesia untuk lebih maju lagi dalam pemanfaatan internet.

Layanan aplikasi Sisternet adalah bagian dari gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu serta memberikan inspirasi kepada para perempuan di Indonesia. 

Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi internet yakni dengan menghadirkan beberapa macam konten yang khusus disediakan untuk perempuan.

Salah satu tujuan akhir dari adanya aplikasi Sisternet XL ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas hidup secara individu maupun keluarga.

Sesuai dengan pernyataan Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarni, dengan adanya aplikasi ini maka perempuan Indonesia yang berada di wilayah manapun akan dapat lebih mudah dalam mengakses program-program Sisternet.

Dalam sepanjang tahun, Sisternet telah menyelenggarakan beragam kegiatan, terutama kegiatan yang bersifat edukasi mengenai berbagai kebutuhan perempuan.

Kegiatan edukasi tersebut mulai dari pengelolaan keuangan, peningkatan keahlian, membangun bisnis sendiri, hingga parenting.

Fitur Layanan Aplikasi Sisternet XL

Di dalam layanan Sisternet telah dilengkapi adanya beragam fitur menarik diantaranya forum diskusi, karir, informasi gaya hidup, konten tips kesehatan, informasi kehidupan keluarga, belanja, serta kecantikan.

Dalam hal pengembangan layanan Sisternet ini, pihak XL telah bekerja sama dengan berbagai pihak yang diantaranya platform online, komunitas, dan media.

Kesemua itu diharapkan dapat menjangkau kaum perempuan melalui penyelenggaraan berbagi kegiatan roadshow yang rencananya akan digelar di 3 kota di Indonesia.

Kegiatan roadshow ini dilaksanakan untuk mengedukasi serta mensosialisasi mengenai pemanfaatan internet hingga e-commerce.

Segmen Aplikasi Sisternet XL

Di dalam layanan aplikasi ini, terdapat beberapa segmen yang antara lain:

Segmen Sister Berbagi

Dalam segmen ini, akan tersaji kumpulan artikel yang bersifat inspiratif serta motivatif yang ditujukan untuk kaum perempuan agar bisa lebih mandiri. Hingga saat ini Sisternet mempunyai lebih dari 12 ribu artikel.

Segmen ini akan menyajikan kelas-kelas edukasi yang mengajarkan beragam ketrampilan digital, bagaimana cara memperoleh inspirasi, hingga bagaimana membangun jaringan. Hal yang menjadi kelebihan dari kelas ini adalah dapat anda akses secara gratis.

Segmen Modul Pintar

Pada segmen aplikasi Sisternet XL ini, terdapat modul-modul edukasi dalam bentuk format audio visual yang berhubungan dengan ragam topik yang diajarkan oleh para ahli di bidangnya.

Hingga saat ini telah tersedia kurang lebih 40 modul audio visual yang berhubungan dengan karir, kewirausahaan, parenting, hingga kelola keuangan.

Modul Pintar ialah segmen yang sangat banyak diminati dan sering diakses oleh publik pada situs Sisternet.co.id.

Fitur yang Tengah Disiapkan

Dalam tahap pengembangan, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang sedang dipersiapkan antara lain portal forum yang berupa forum diskusi antar pelaku UKM yaitu para kaum perempuan.

Fitur Media Podcast yang menyediakan berbagi informasi serta materi-materi audio inspiratif juga ada di aplikasi Sisternet XL.

Selanjutnya, fitur Panic Button yang digunakan sebagai sarana dalam pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dalam penyediaan fitur Panic Button, Sisternet bekerjasama dengan kementerian PPPA.

Untuk waktu ke depan, aplikasi Sisternet nantinya memberikan beragam pelatihan marketing secara online pada kaum perempuan selaku usaha kecil pada 5 provinsi bersama Kementrian PPPA dan Mitranya. Hal ini berguna untuk tingkatkan literasi digital dalam bidang ekonomi.

Dengan adanya aplikasi Sisternet XL dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak hanya bagi kaum perempuan Indonesia, akan tetapi juga dunia usaha lain untuk dapat terus menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat mendukung pembangunan pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak di Indonesia. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru