Baju Gamis Laki Laki, Pilihan Tepat di Bulan Ramadan

Baju Gamis Laki-laki
Model baju gamis laki-laki. Foto: Ist/Net

Baju gamis laki laki untuk saat ini cukup trend di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk suasana Ramadan atau lebaran, mengenakan baju gamis yang didesain khusus untuk para pria merupakan pilihan yang tepat.

Gamis pria merupakan salah satu jenis pakaian muslim pria yang dominan digunakan di Timur Tengah serta negara Islam lainnya. Busana ini digunakan sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari maupun untuk busana resmi.

Khusus untuk negara Arab, gamis pria disebut dengan tsaub, disy tasya, dan kandurah. Sementara di Somalia lebih populer dengan sebutan khomis.

Baju Gamis Laki Laki Pilihan Tepat di Bulan Ramadan

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, banyak kita jumpai para pria muslim berpenampilan lebih religi. Yakni dengan menggunakan baju gamis yang khusus didesain untuk para pria muslim.

Tidak hanya terdapat di negara Muslim luar negeri, di Indonesia pun para pria muslim telah biasa mengenakan busana jenis tersebut.

Tidak hanya digunakan pada saat acara pengajian saja, akan tetapi busana gamis juga dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Dilihat dari desain serta tampilan jenis busana ini, gamis merupakan salah satu busana seperti baju kurung yang mempunyai panjang hingga sebatas mata kaki serta berlengan panjang.

Busana satu ini hampir serupa dengan jubah, kaftan atau tunik. Dalam penggunaannya, gamis biasanya dipadukan dengan izhar atau sarung atau bisa disebut dengan bantholun (celana pantalon) pada bagian dalamnya.

Selain dikenakan dengan izhar atau bantholun, dalam perkembangannya baju gamis laki laki juga sering dipadukan dengan sirwal.

Sirwal adalah sejenis celana pria yang berpotongan cingkrang. Celana ini berbentuk lebar serta mempunyai panjang di atas mata kaki.

Selain itu juga sirwal terkadang ditambahkan dengan bisht atau mantel panjang dengan memiliki warna gelap.

Tips Memilih Baju Gamis Terbaik untuk Laki Laki

Apakah anda ingin mengenakan baju gamis laki laki untuk melengkapi penampilan anda selama bulan Ramadhan? Namun anda masih bingung harus memilih gamis yang bagaimana yang akan anda kenakan.

Dalam pemilihan gamis pria, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal penting sehingga anda akan memperoleh jenis gamis pria yang terbaik yang memberikan kenyamanan ketika dikenakan.

Berikut ini beberapa tips pemilihan baju gamis terbaik yang perlu anda ketahui antara lain:

Model Gamis Pria

Pilih gamis pria yang akan dikenakan dengan memperhatikan model yang sesuai dengan tubuh. Hal ini bertujuan supaya penampilan anda dapat lebih percaya diri pada saat mengenakan busana tersebut.

Baju gamis laki laki yang ideal, pada bagian depan mempunyai saku pada sisi kanan dan kiri serta bagian depan.

Selanjutnya baju gamis pria biasanya memiliki kancing yang nampak atau tidak dengan dilengkapi bordir pada bagian dada dan leher serta bagian lengan.

Sedangkan untuk gamis pria yang didesain tanpa adanya tambahan bordir, namun memiliki kombinasi warna kain serta motif yang cukup menarik dan trendi.

Panjang Gamis Pria

Pada umumnya baju gamis untuk dikenakan oleh laki laki memiliki panjang mulai dari bahu hingga mata kaki.

Namun bagi anda yang ingin mengenakan gamis yang memiliki panjang hanya sampai di atas mata kaki. Maka anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan celana panjang atau dengan menggunakan sarung.

Dalam menggunakan baju gamis laki laki, anda dapat menyesuaikan panjang gamis dengan tinggi badan. Sehingga pada bagian bawah tidak terlalu kepanjangan atau pun kependekan. Hal ini tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi anda yang mengenakannya.

Bahan Baju Gamis

Sebaiknya anda memilih bahan gamis pria yang lembut serta dapat menyerap keringat dengan mudah. Hal ini bertujuan agar gamis yang anda kenakan dapat memberikan kenyamanan pada saat dikenakan untuk berbagai jenis aktivitas harian.

Sama halnya dalam pembuatan baju koko pria, bahan yang digunakan dalam pembuatan baju gamis pada prinsipnya juga banyak mengalami perkembangan.

Dalam pembuatan gamis pria biasanya menggunakan bahan yang diantaranya kain katun biasa, kain katun toyobo, kain linen, kain supernova, kain chambray, kain rayon, dan lain sebagainya.

Semua bahan tersebut terbukti dapat memberikan kenyamanan pada setiap penggunanya. Yang masing-masing jenis kain tersebut tentunya memiliki kelebihan tersendiri sebagai bahan pembuatan gamis pria.

Hal penting lain itu yang harus anda perhatikan dalam pemilihan baju gamis yang akan anda gunakan untuk bulan Ramadan atau lebaran nanti adalah dalam hal pemilihan warna.

Selain warna putih yang merupakan warna populer, terdapat warna baju gamis laki laki lainnya yang dapat anda jadikan sebagai pilihan yang tentunya anda sesuaikan dengan warna kulit anda. (R10/HR-Online)