Banjir Merendam Dua Dusun di Pangandaran

banjir merendam pangandaran
Banjir merendam dua dusun di Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Minggu (17/5/2020). Foto : Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Banjir merendam dua dusun di Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Minggu (17/5/2020). Banjir tersebut diakibatkan karena naik atau meluapnya debit air di sungai Cikidang.

Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, membenarkan telah terjadi banjir di Desa Pananjung. Dan akibat banjir tersebut merendam dua dusun yakni Dusun Bojongjati dan Karangsari, dengan ketinggian 50 cm.

Menurut Nana, banjir yang rendam dua dusun tersebut, lebih disebabkan karena saluran drainase yang buruk.

“Terlebih lagi posisi pemukiman warga ada di daerah yang rendah,” katanya kepada HR Online, Minggu (17/8/2020). 

Nana juga mengingatkan supaya warga Pangandaran agar tetap waspada. Mengingat saat ini kondisi cuaca kurang bersahabat, dan hujan deras selalu terjadi.

“Untuk itu, tak ada salahnya warga untuk waspada akan banjir susulan. Jika di hulu sungai kembali diguyur hujan deras, otomatis dampaknya yang ada di bawah, dan dipastikan kebanjiran,” tuturnya.

Sementara itu banjir yang merendam pemukiman warga di dua dusun yang ada di Desa Pananjung tersebut, kini berlangsung surut dan normal. “Dan pada saat terjadi banjir  tak satupun warga yang mengungsi,” ucap Nana.

Kendati demikian, pihak BPBD Kabupaten Pangandaran terus memantau perkembangan dan situasi terkini. (Entang/R5/HR-Online)