Bank BJB Siapkan Rp 13,3 Triliun Hadapi Lebaran 2020

Lebaran 2020
Bank BJB menyediakan dana kebutuhan likuiditas selama lebaran 2020. Foto: Bank BJB

Berita  Bisnis, (harapanrakyat.com),- Bank BJB telah menyiapkan Rp 13.3 triliun untuk kebutuhan uang tunai selama lebaran 2020. Sebanyak Rp 9,7 triliun dialokasikan untuk kebutuhan operasional, sementara Rp 3,6 triliun untuk dana ATM di 14 provinsi di Indonesia.

Bank BJB menyiapkan uang selama Ramadan sampai lebaran 2020 sebagai antisipasi meningkatnya kebutuhan uang terutama saat memasuki hari raya.

Widi Hartono, Pimpinan Divisi Corporate Secretary Bank BJB, mengatakan, jumlah dana yang disalurkan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan uang tunai selama Ramadan dan Idulfitri 1441 Hijriah.

Bank BJB telah memprediksi adanya kenaikan volume transaksi melalui ATM maupun pengambilan uang tunai di seluruh jaringa kantor Bank BJB.

“Bannk BJB telah menyiapkan dana likuiditas yang bisa dicairkan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat, baik selama Ramadan maupun Idulfitri 2020. Dana tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat yang memerlukannya untuk memenuhi kebutuhan lebaran,” ujar Widi seperti dikutip dari press realese yang diterima HR Online, Selasa (19/5/2020).

Dana likuiditas yang disediakan Bank BJB selain untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan lebaran, juga untuk stimulasi di tengah pandemi Covid-10. Terutama selama pemberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diterapkan di beberapa daerah.

Selain itu, Bank BJB juga menyediakan layanan penukaran uang selama Ramadan 2020. Pelayanan diberikan di seluruh kantor Bank BJB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Nasabah wajib memakai masker saat berkunjung ke Bank BJB. Nasabah juga harus menjaga jarak.

Antisipasi penyebaran Covid-19 melalui uang tunai, Bank Indonesia telah melakukan antisipasi dini. Uang rupiah dikarantina selama 14 hari sebelum diedarkan kepada masyarakat. Selain itu, berbagai sarana juga dibersihkan dengan cairan disinfektan.

Langkah antisipasi penyebaran Covid-19, Bank BJB juga mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan layanan Kas Keliling Ramadan selama pandemi Covid-10.

Lebaran 2020, Nasabah Bank BJB Diimbau Gunakan Digital Banking

Meskipun telah menyediakan uang tunai, namun Bank BJB mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan transaksi non tunai melalui digital banking. Imbauan ini dikeluarkan Bank BJB dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam hal ini, nasabah Bank BJB bisa menggunakanan e-channel, seperti ATM Bank BJB, BJB Mobile, BJB NET, BJB SMS, dan BJB EDC (BJB DIGI).

“Ketersediaan dana di ATM, kami proyeksikan dan menyiapkan dana Rp 3,6 triliun untuk disebar ke seluruh ATM,” kata Widi.

Widi juga menerangkan, seluruh layanan e-channel juga menyediakan sarana untuk nasabah melakukan transaksi keuangan.

“Nasabah bisa memanfaatkan e-channel untuk berbagai keperluan, seperi mengecek rekening, transfer, pembayaran air, telepon, kartu kredit, TV berlangganan, bayar internet, isi ulang pulsa, dan layanan perbankan lainnya,” ucapnya.

Layanan tersebut disediakan untuk memberi kenyamanan dan keamanan nasabah menjelang libur lebaran.

“Kami juga imbau nasabah yang bertransaksi secara digital agar waspada penipuan. Selalu berhati-hati dengan modus penipuan, serta jangan pernah memberi data seperni nomor PIN, CVV, dan OTP kepada siapapun,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...