Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita NasionalBegini Cara Dapat Listrik Gratis 6 Bulan!

Begini Cara Dapat Listrik Gratis 6 Bulan!

Cara dapat listrik gratis 6 bulan begini caranya. Pemerintah Indonesia kembali memperluas kebijakan listrik gratis bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya membantu mengurangi beban masyarakat yang saat ini ekonominya sulit akibat virus corona.

Sebelumnya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memberikan listrik gratis untuk semua pelanggan PLN berdaya 450 VA, serta memberikan keringanan 50 persen bagi pelanggan 900 VA (bersubsidi).

Nah kabar baiknya, saat ini, pemerintah juga akan menggratiskan listrik bagi pelanggan listrik 450 VA. Syaratnya, pelanggan PLN 450 VA ini adalah yang berkategori bisnis kecil (B1) dan industri kecil (I1).

Berbeda dengan pelanggan biasa, bagi pelanggan listrik industri kecil dan bisnis kecil, pemerintah akan menggratiskan listrik selama 6 bulan. Terhitung dari bulan Mei 2020 sampai Oktober 2020. Lalu bagaimana cara dapat listrik gratis 6 bulan dari PLN?

Bagi pelanggan PLN B1/450 VA dan I1/450 VA, yang ingin mendapatkan listrik gratis, caranya sama dengan para pelanggan sebelumnya yang sudah duluan mendapat listrik gratis. Bagi pelanggan PLN Pascabayar, secara otomatis rekening listrik akan digratiskan selama 6 bulan. Tanpa harus daftar atau klaim listrik gratis seperti pelanggan token.

Sementara bagi pelanggan prabayar atau token, bisa melakukan klaim listrik gratis melalui website resmi www.pln.co.id dan lewat nomor Whatsapp di nomor 08122123123. Bagi penaggan token, pemerintah akan memberikan listrik gratis berdasarkan pemakaian terbesar selama tiga bulan terakhir.

Cara Dapat Listrik Gratis 6 Bulan

Cara dapat listrik gratis 6 bulan bagi pelanggan listrik B1/450 VA dan I1/450 VA pasca bayar. Bagi pelanggan pasca bayar, pelanggan tidak perlu melakukan klaim listrik gratis, dengan mengirimkan nomor ID ke website PLN atau nomor WA PLN. Bagi pelanggan PLN Pascabayar, secara otomatis rekening listrik akan digratiskan selama 6 bulan.

Namun, bagi kamu pelanggan listrik listrik B1/450 VA dan I1/450 VA prabayar atau token, tentunya mesti tahu cara atau klaim listrik atau token gratis. Yang pertama, kamu dapat melakukan klaim token gratis melalui resmi PLN yakni www.pln.go.id. Begini caranya:

1. Pertama, kamu Login dulu ke website www.pln.go.id

2. Sesudah login atau masuk, pilih menu pelanggan lalu cari dna klik kolom stimulus Covid-19

3. Langkah selanjutnya yakni masukan nomor meter atau ID pelanggan.

4. Apabila berhasil, maka nomor token akan muncul pada layar.

5. Langkah terakhir, kamu tinggal masukan nomor token gratis pada meteran.

Cara dapat listrik gratis 6 bulan dari PLN juga bisa dilakukan lewat nomor whatsapp PLN. Begini caranya:

1. Pertama, buka aplikasi whatsaap pada ponsel kamu.

2. Langkah selanjutnya yakni chat ke nomor 08122-123-123 . Kemudian kamu tinggal mengikuti petunjuk sesuai balasan chat, salah salah satunya kamu diperintahkan mengirim nomor ID Pelanggan.

3. Kirim nomor ID pelanggan. Apabila berhasil, token gratis akan muncul pada balasan pesan whatsaap.

4. Bila berhasil, kamu akan mendapatkan 20 digit nomor token gratis.

5. Masukan token gratis tersebut ke meteran.

Khusus Bagi Pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil

Dikutip dari berbagai sumber, PLN memastikan seluruh token B1/450 VA dan I1/450 VA sudah di-generate pada hari Minggu (3/5/2020). Sehingga program listrik gratis bagi pelanggan bisnis kecil dan industri kecil ini bisa merasakan manfaatnya sesuai target pemerintah. 

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyebut, kebijakan program listrik gratis ini ditujukan bagi pelanggan bisnis dan insutri kecil sebagai upaya konkret pemerintah dalam melindungi rakyat yang terdampak pandemi Covid-19. Nah, bagi kamu pelanggan PLN B1/450 VA dan I1/450 VA, harus tahu cara dapat listrik gratis 6 bulan ini.

PLN telah mempersiapkan mekanisme teknis untuk menggratiskan tagihan listrik bagi pelanggan Industri skala Kecil (I1) dan Bisnis skala Kecil (B1) yang mempunyai sambungan berdaya 450VA.

Program listrik gratis sebelumnya digulirkan pemerintah selama 3 bulan untuk pelanggan masyarakat 450 VA dan keringanan 50 persen bagi pelanggan 900 VA (bersubsidi). Pemerintah lalu memperluas kebijakan dengan memberlakukan pembebasan tagihan bagi pelanggan PLN kategori pelaku bisnis kecil dan industri kecil dengan masa durasi 6 bulan.

Nah itulah syarat dan cara dapat listrik gratis 6 bulan dari pemerintah. Bagi kamu pelanggan yang masuk kategori pelaku bisnis kecil dan industri kecil dengan daya sambung 450 VA, bisa mencoba langsung untuk mendapatkan listrik gratis. Selamat mencoba, terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -