Cara Ganti Password Akun Tokopedia yang Diduga Bocor

Cara ganti password akun pengguna Tokopedia. Foto: Ilustrasi/Net.
Cara ganti password akun pengguna Tokopedia. Foto: Ilustrasi/Net.

Cara ganti password akun Tokopedia yang diduga bocor bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Cara ganti password akun Tokopedia ini juga cukup mudah.

Seperti diketahui, puluhan juta akun pengguna di platform e-commerce Tokopedia bocor, dan dikabarkan dijual pada forum online.

Beberapa informasi pribadi milik pengguna, mulai dari nama akun, alamat e-mail, sampai nomor telepon juga terpapar. Hal itu berpotensi dimanfaatkan oleh hacker.

Pihak Tokopedia pun membenarkan bahwa, ada upaya pencurian terhadap data-data akun yang ada pada platform e-commerce miliknya tersebut.

Oleh sebab itu, pihak Tokopedia mengimbau kepada para penggunanya untuk mengganti kata sandi guna menjaga keamanan. Caranya cukup mudah, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Ganti Password Akun Tokopedia

Melalui Aplikasi Tokopedia

Buka aplikasi atau situs Tokopedia dan login (masuk) ke akun milikmu. Lalu, klik tab “Akun” di pojok kanan bagian bawah aplikasi, kemudian klik ikon “Pengaturan”.

Setelah itu, pilih menu “Akun” lalu klik “Kata Sandi”, lalu masukkan password atau kata sandi yang lama dan yang baru dalam kolom yang tersedia, kemudian klik tombol “Simpan”.

Untuk keamanan tambahan, kamu bisa tambahkan 6 digit PIN Tokopedia, caranya klik menu “PIN Tokopedia” pada tampilan menu “Atur Akun” tadi. PIN tersebut akan diminta saat akun Tokopedia kamu dipakai untuk bertransaksi.

Akun Bank

Langkah berikutnya dari cara ganti password akun Tokopedia yaitu, kamu juga dapat menghapus rekening bank yang sebelumnya telah didaftarkan di Tokopedia.

Caranya, klik “Akun Bank” yang ada di menu utama “Atur Akun”. Pada tampilan akun bank itu, pilih nomor rekening kamu yang terdaftar, lalu klik tombol “Hapus”. 

Aktifkan Fitur Two-factor Authentication (2FA)

Jika dirasa kurang, cara ganti password akun Tokopedia yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan fitur keamanan lainnya, yaitu two-factor authentication (2FA) atau verifikasi dua langkah.

Pada saat aktif, fitur tersebut mengharuskan pengguna untuk memasukkan 6 digit kode yang sudah didapat secara acak serta berkala dari sistem.

Tokopedia mempercayakan aplikasi Google Authenticator guna menjalankan 2FA. Sehingga, pengguna juga harus memasang dulu aplikasi tersebut sebelum menggunakannya.

Aplikasi Google Authenticator ini dapat diunduh melalui https://play.google.com/store/apps/ untuk perangkat Android, dan di https://apps.apple.com/us/app/google-authenticator/  untuk perangkat iOS.

Cara ganti password akun Tokopedia melalui tahap ini, jika sudah selesai memasang aplikasi Google Authenticator, lalu buka situs Tokopedia di komputer atau laptop, kemudian klik menu “Pengaturan”.

Menu pengaturan ini dapat diakses saat kamu meng-klik foto profil atau ikon avatar yang terletak di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih “Google Authenticator”, lalu klik tombol bertuliskan “Aktifkan Google Authenticator”.

Tombol tersebut bisa ditemukan saat kamu scroll (menggulir) layar ke bawah. Kemudian, tunggu beberapa saat, dan kamu pun akan mendapatkan tampilan sebuah kode QR serta 16 digit kode aktivasi.

Selain itu, juga terdapat kolom untuk memasukkan 6 digit kode otentikasi. Selanjutnya, buka Google Authenticator yang sudah dipasang serta dipindai kode QR tersebut.

Hal ini untuk mengetahui kodenya, sehingga kamu juga dapat memasukkan beberapa kode aktivasi tadi bila kamera ponsel gagal memindai kode.

Setelah aplikasi Google Authenticator sukses memindai kode, kamu harus klik tombol bertuliskan “Add Account”. Kemudian, masukkan 6 digit kode yang telah dihasilkan pada kolom “Kode Autentikasi” di halaman Tokopedia, dan terakhir kamu tinggal klik tombol “Verifikasi”.

Apabila proses tersebut sudah selesai, kamu harus memasukkan 6 digit kode yang dihasilkan oleh Google Authenticator jika kamu masuk ke akun Tokopedia pada perangkat baru.

Hapus Alat Pembayaran

Cara ganti password akun Tokopedia selain mengganti kata sandi, dan menambahkan fitur 2FA, kamu juga dapat menghapus alat atau metode pembayaran yang telah terdaftar pada akun.

Termasuk alat pembayaran, baik kartu kredit atau kartu debit. Hal ini untuk mencegah terjadinya transaksi yang tidak kamu inginkan.

Untuk menghapusnya, buka opsi “Pembayaran” di menu “Pengaturan”, kemudian pilih apa metode pembayaran yang biasa kamu gunakan.

Selanjutnya, buka menu “Pengaturan Akun” dengan klik ikon “gerigi”, dan klik tombol bertuliskan “Stop Hubungkan Akun”.

Setelah itu, akun pembayaran yang biasa kamu gunakan akan dihapus, sehingga tidak akan terhubung lagi ke akun Tokopedia. (Eva/R3/HR-Online)