Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Efektif dan Efisien

Cara Mengatasi Laptop Hang
Ilustrasi cara mengatasi laptop hang secara efektif dan efisien. Foto : straightupbrands

Cara mengatasi laptop hang secara efektif dan efisien perlu anda ketahui agar perangkat tersebut dapat berfungsi normal kembali.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan akan perangkat komputer atau laptop telah menjadi suatu keharusan.

Terutama perangkat laptop yang memiliki nilai guna yang cukup praktis dibandingkan dengan perangkat personal lain seperti komputer atau dekstop.

Saat ini laptop adalah perangkat wajib yang harus dimiliki bagi para pelajar, mahasiswa, guru ataupun para pengusaha.

Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Efektif dan Efisien

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan juga software internet, maka banyak pengguna laptop yang menginstal beragam aplikasi tanpa melihat prioritas aplikasi yang diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan.

Hal ini justru dapat mengakibatkan terjadinya masalah pada laptop anda. Tanpa kita duga, tiba-tiba laptop mengalami hang, lemot, not responding, bahkan crash. Masalah ini diakibatkan dengan adanya kelebihan beban aplikasi serta tidak memperhatikan kemampuan laptop.

Kerusakan pada laptop dapat terjadi dimanapun dan kapanpun. Pada umumnya, kerusakan awal yang terjadi pada laptop adalah sering hang atau not responding.

Selain itu, masalah lain yang sering terjadi misalnya hang saat browsing internet, kursor macet, padam, atau hang pada saat dihidupkan.

Hal ini jika terjadi pada saat mengerjakan tugas atau bekerja, tentu sangat mengganggu serta menghambat kinerja anda. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan laptop anda menjadi bermasalah serta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Laptop Hang

Sebelum mencari cara mengatasinya, anda terlebih dahulu harus mengetahui apa yang menyebabkan laptop anda menjadi bermasalah. Di bawah ini beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop hang:

Adanya Virus Komputer

Masalah pertama yang menyebabkan laptop anda menjadi hang adalah adanya virus di dalam perangkat anda. Kebanyakan virus dapat merusak sistem Windows yang anda miliki.

Sebagai solusi, anda dapat menginstall software antivirus yang powerfull seperti Avast, Eset Security, Bitdefender, dan lain sebagainya.

Perangkat Overheat

Adanya panas yang berlebih pada CPU atau processor serta VGA dapat mengakibatkan kinerja laptop anda menjadi lambat. Hal ini akan membuat software atau sistem menjadi error, macet, hang, atau not responding.

Mengenai cara mengatasi laptop hang, anda dapat membersihkan debu yang terdapat pada kipas atau biasa disebut dengan heatsink.

Selain itu juga, anda harus mengecek kondisi prosesor, pastikan prosesor perangkat anda dalam kondisi yang baik. Segera ganti serta oleskan thermal paste yang baru pada prosesor serta heatstink laptop anda.

Masalah pada OS

Jika sistem operasi laptop anda mengalami masalah, hal ini tentunya dapat membuat kinerja laptop anda menjadi kurang maksimal.

Akibatnya, laptop menjadi not responding serta terjadi adanya kegagalan ketika menginstall software. Hal ini tentu dapat membuat software menjadi corrupt. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menginstall ulang atau melakukan repair.

Hardisk Bermasalah

Hal ini tentunya akan membuat laptop menjadi hang. Terkait cara mengatasi laptop hang, anda dapat melakukan perawatan secara software yakni dengan menggunakan aplikasi cleaner atautune up guna membersihkan file temporary.

Hal penting yang harus anda perhatikan adalah jangan memaksakan hardisk untuk menyimpan file-file lebih jika telah terjadi badsector serta low space.

RAM Bermasalah

Adanya masalah pada RAM yang penuh juga dapat mengakibatkan kinerja software serta sistem menjadi lambat. Hal ini dapat terjadi pada laptop spek rendah.

Cara Menangani Laptop Hang

Berikut ini beberapa cara memperbaiki laptop hang secara cepat:

Tutup Software pada Task Manager

Cara mengatasi laptop hang dimulai dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC pada laptop dengan brand Dell atau CTRL+ALT+Del pada kebanyakan jenis laptop. Kemudian tunggu hingga masuk pada Fitur Task Manager.

Lalu pilih serta hentikan software dengan klik “End Task”. Dengan cara ini, anda dapat menutup software maupun aplikasi yang sedang berjalan atau yang mengalami masalah secara paksa.

Shutdown Laptop Secara Paksa

Hal ini dengan menekan tombol power selama 5 detik yang kemudian laptop akan mati secara langsung. Dari sinilah anda dapat mencoba menghidupkan kembali laptop anda.

Apabila langkah-langkah di atas tidak dapat mengatasi laptop hang yang anda miliki, kemungkinan telah terjadi kerusakan pada hardware.

Dalam hal ini, sebaiknya anda melakukan perbaikan kepada seseorang yang lebih ahli dalam masalah ini. Cara mengatasi laptop hang berikutnya adalah dengan servis laptop anda pada teknisi komputer yang lebih berpengalaman. (R10/HR-Online)

Loading...