Cara Mengatasi Laptop Ngelag Dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Laptop Ngelag
Merawat laptop. Foto: Net/Ist

Cara mengatasi laptop ngelag bisa diterapkan saat anda sudah sangat terganggu. Sebagaimana yang diketahui, laptop yang lemot memang sering kita jumpai saat melakukan berbagai macam pekerjaan. Hal ini tentu akan terasa sangat menyebalkan.

Akan tetapi, anda tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan cara mengatasi laptop yang lemot tersebut terbilang sederhana sehingga mudah dilakukan. Laptop pun akan cepat normal kembali.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Mudah

Mengapa laptop ngelag? Layaknya jenis produk elektronik pada umumnya, laptop juga dapat mengalami penurunan performa meskipun spesifikasi yang dibawanya sudah sangat baik.

Umumnya laptop mengalami lemot karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada background, umur harddisk yang sudah terlalu lama, atau kapasitas hard disk yang penuh.

Tak hanya itu, masih terdapat beberapa penyebab lain yang membuat laptop menjadi lemot. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, maka anda dapat mengambil langkah perbaikan sendiri.

Siapa tahu, cara agar laptop tidak ngelag dapat dikerjakan secara sendiri. Nah, untuk itu, berikut terdapat beberapa cara mengatasi laptop ngelag yang dapat anda lakukan.

Uninstall Aplikasi Penyebab Laptop Ngelag

Jika telah memiliki sebuah laptop, kadang kita ingin mencoba berbagai macam jenis aplikasi. Akan tetapi, jika terlalu sering menginstall aplikasi, maka kapasitas penyimpanan pada Drive C tentu akan semakin penuh dan menjadikan sistem terlalu lama membaca hard disk.

Efek yang akan ditimbulkan jangka panjangnya tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi ngelag. Namun anda tidak perlu khawatir.  

Untuk dapat mengatasinya, cara ampuh yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang jarang terpakai.

Lebih baik anda menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja, karena akan sangat disayangkan jika memori laptop anda penuh dan laptop menjadi ngelag. Pastikan anda memperhatikan salah satu cara mengatasi laptop ngelag ini.

Menggunakan AntiVirus

Salah satu alasan mengapa laptop menjadi ngelag adalah karena terkena virus atau malware. Sama halnya seperti manusia, laptop juga dapat terkena penyakit yang mengakibatkan menurunnya performa pada laptop.

Untuk dapat mengatasi hal ini, maka anda harus memasang pemindai antivirus agar laptop tidak mudah lemot.

Tak hanya itu, anda juga harus selalu mengupdate antivirus agar berbagai macam virus dapat terbaca dengan baik.

Gunakan Aplikasi Laptop Anti Ngelag

Cara mengatasi laptop ngelag lainnya yaitu menggunakan aplikasi anti lag. Sebelum membeli sebuah laptop, maka sebagai pemilik laptop anda harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang akan anda beli.

Hal ini bertujuan dalam membantu pemilik untuk dapat menilai apakah aplikasi yang akan dimasukkan ke dalam laptop telah sesuai dengan ketentuan atau belum.

Anda harus memilah dan juga memilih aplikasi alternatif yang dapat mengatasi laptop lemot agar bisa ngebut dengan kondisi dan juga spesifikasinya.

Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Memaksakan kinerja dari RAM dengan menyalakan berbagai macam jenis aplikasi secara berlebihan, tentu merupakan salah satu penyebab terjadinya laptop lemot.

Sebagai contoh, ketika tengah bermain sebuah game, anda juga ikut membuka aplikasi putar musik secara bersamaan.

Pemrosesan game saja padahal sudah sangat berat, akan tetapi masih ditambah lagi pemutar musik. Anda perlu sesuaikan pemakaian aplikasi dengan spek laptop milik anda.

Atau cara mengatasi laptop ngelag lainnya adalah anda dapat aktifkan Task Manager agar dapat mengatur penggunaan RAM ketika tengah menjalankan sejumlah aplikasi.

Bisa dibilang bahwa cara yang satu ini terbilang sederhana, namun solusi yang diberikan benar-benar membantu. Maka dari itu, pastikan anda mencoba cara ini.

Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop

Banyaknya aplikasi yang terinstall di dalam sebuah dekstop juga menjadi penyebab lain mengapa laptop yang anda miliki menjadi ngelag.

Jika anda menggunakan laptop dengan spesifikasi yang besar, maka hal ini tentu bukan merupakan masalah yang besar. Akan tetapi, berbeda ceritanya jika laptop yang anda gunakan memiliki spesifikasi rendah.

Dalam hal ini, anda tidak perlu khawatir. Cara mengatasi laptop ngelag kali ini sangat mudah dilakukan. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop tengah startup, karena ini merupakan masalah utama terjadinya laptop ngelag. (R10/HR-Online)

Loading...