Cara Menggunakan Aplikasi Kompas Kiblat dengan Benar

Cara Menggunakan Aplikasi Kompas Kiblat
Cara Menggunakan Aplikasi Kompas Kiblat. Foto: Istimewa

Cara menggunakan aplikasi Kompas Kiblat sendiri harus diketahui saat anda ingin mencari arah Kiblat yang tepat dan akurat.

Beragam aplikasi dapat digunakan untuk melakukan cara tersebut. Mengingat pentingnya arah Kiblat bagi seluruh umat muslim di penjuru dunia, maka berikut adalah penjelasannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Kompas Kiblat

Kiblat adalah arah yang menjadi tujuan saat umat Islam mengerjakan ibadah shalat. Arah Kiblat mengarah ke satu tempat yakni Ka’bah. Lokasi Ka’bah ini berada di Mekkah, Arab Saudi.

Baca juga: Aplikasi Covid Symptom Tracker Efektif Deteksi Covid-19

Maka, agar menentukan arah Kiblat dapat tepat dan akurat, dapat digunakan bantuan aplikasi. Adapun aplikasi tersebut bernama aplikasi Kompas Kiblat.

Media yang Digunakan

Cara menggunakan aplikasi Kompas Kiblat sendiri ada tiga macam, yakni melalui website di desktop, melalui website di Android, dan dengan menggunakan aplikasi Android di smartphone.

Melalui Media Komputer/Desktop

Anda cukup menjalankan browser. Kemudian bukalah alamat website aplikasi Kompas Kiblat, lalu tekan Lets Go.

Setelah itu, anda tentukan lokasi anda berada. Maka, arah Kiblat akan ditampilkan berupa sebuah garis berwarna biru.

Melalui Website di Smartphone Berbasis Android

Jalankan browser anda di smartphone. Lalu anda buka website aplikasinya. Setelah itu, klik Lets Go. Lakukanlah kalibrasi kompas smartphone.

Adapun caranya ialah dengan membentuk angka 8 seperti yang sudah diinstruksikan pada layar. Sehingga, akan menampilkan kompas digital serta arah Kiblat.

Menggunakan Aplikasi Android

Apabila anda berada di suatu tempat yang baru, pasti akan mencari dimana arah lokasi Kiblat itu berada. Berikut ada beberapa cara menggunakan aplikasi Kompas Kiblat yang dapat dicoba.

Aplikasi Muslim Pro

Muslim Pro bisa menjadi opsi yang paling baik untuk anda. Hal ini dikarenakan jika aplikasi ini sudah banyak diakui lebih dari 70 juta umat Islam di seluruh dunia.

Selain dipakai untuk menentukan arah Kiblat, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pengingat waktu shalat dan juga adzan.

Baca juga: Aplikasi Messenger Kids Resmi Rilis di Indonesia Gratis Untuk Android

Bahkan juga dilengkapi dengan jadwal imsak dan berbuka. Fitur-fitur lainnya seperti kalender hijriyah, Alquran dan tajwid, tasbih digital, serta masih banyak lagi.

Visual Qiblah

Aplikasi ini sangat menguntungkan bagi umat Islam. Dikarenakan, aplikasi ini dapat menghitung arah Kiblat yang akurat serta sanggup memberi informasi tambahan mengenai arah Kiblat itu sendiri.

Aplikasi Waktu Shalat dan Kiblat

Sama halnya dengan aplikasi yang lain, Waktu Shalat dan Kiblat juga mempunyai kemampuan dalam menentukan cara menggunakan aplikasi Kompas Kiblat yang akurat.

Fitur yang lengkap juga hadir di aplikasi ini. Misalkan kalender hijriyah, jadwal waktu shalat, suara adzan, serta masih banyak lagi fitur penunjang lainnya.

Aplikasi Waktu Shalat, Imsak dan Kiblat

Tak kalah keren dengan jenis aplikasi lainnya, aplikasi ini juga dapat menentukan arah yang akurat sebagai penunjuk arah Kiblat.

Bahkan aplikasi ini juga didukung dengan beragam fitur. Misalkan mengetahui jadwal shalat, kalender hijriyah, dan masih banyak lagi.

Jadwal Shalat dan Kiblat, Alquran, Hadis

Aplikasi penunjuk arah Kiblat satu ini juga dilengkapi dengan fitur doa-doa sehari-hari, fitur Alquran, hadist, kalkulator zakat, penunjuk arah lokasi masjid, penghitung tasbis, kalender hijriyah, kartu ucapan, bahkan asmaul husna.

Aplikasi Salaam

Aplikasi ini menjadi salah satu yang direkomendasikan sebagai cara menggunakan aplikasi Kompas Kiblat oleh perusahaan pembuatnya, yaitu PT Samsung Electronic Indonesia.

Fitur yang mendukung pencarian arah Kiblat seperti Alquran digital, jadwal waktu shalat, penunjuk arah Kiblat, panduan haji dan umroh, konten harian yang berisi hadis, doa-doa, ayat, dan kalender hijriyah.

Aplikasi Qibla Compass A Minimal Qibla Director Locator

Jika anda ingin mengunduh aplikasi untuk mencari arah Kiblat, maka aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain menentukan Kiblat dengan akurat, aplikasi ini dapat mendeteksi keberadaan anda.

Aplikasi ini juga dapat digunakan saat offline. Hal ini tentu menjadi satu keunggulannya, karena saat anda sedang berada di daerah yang sangat minim koneksi internet, maka anda masih dapat menggunakannya. Namun, anda harus mengaktifkan fitur GPS terlebih dahulu.

Apabila anda senang dan hobi melakukan travelling ke daerah-daerah yang baru, tentunya anda bisa saja kehilangan atau bahkan tidak mengetahui kemana anda harus menghadap saat melakukan shalat.

Maka, cara menggunakan aplikasi Kompas Kiblat ini dapat menjadi panduan anda untuk bepergian tanpa merasa kesulitan beribadah. (R10/HR-Online)