Cara Merawat Kamera yang Baik dan Benar

Cara Merawat Kamera
Berbagai langkah sedernahana merawat kamera. Foto: Net/Ist

Cara merawat kamera menjadi salah satu hal penting bagi pengguna agar umurnya bisa lebih panjang dan ketika dijual harganya masih bagus. Cara merawat alat yang satu ini terbilang sangat mudah, namun perlu kehati-hatian.

Ketika Anda sering memotret ini ke berbagai tempat, misal ke gunung ataupun ke laut serta tempat lainnya, setelah digunakan Anda harus membersihkannya.

Biasanya, ketika kamera digunakan di luar ruangan debu-debu akan menempel pada bagian body. Ketika tidak dibersihkan justru akan kotor, bahkan paling parah menjadi penyebab kerusakan.

Cara Merawat Kamera

Bagi Anda yang memiliki kamera jenis DSLR, Mirrorles, pocket serta lainnya bisa melakukan hal-hal sederhana. Berikut beberapa langkah merawatnya:

Bagian Eksterior Kamera

Perawatan bagian luar barang yang satu ini memang disesuaikan dengan tempat yang digunakan untuk memotret, baik seperti ke pantai, ke gunung, perkotaan serta lainnya. Meski begitu, secara umum ada beberapa alat untuk membersihkannya.

Anda bisa menggunakan blower kamera untuk meniup seluruh bagian yang terkena debu, termasuk ke berbagai celah yang ada. Jika masih ada debu yang belum hilang, Anda dapat memakai lens pen untuk menyapunya.

Cara merawat kemera selanjutnya bila debu masih membandel bisa memakai kain antistatic cloth. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan kain kacamata.

Bila motret di pantai, Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan tisu basah dan kemudian dilap menggunakan tisu kering. Selanjutnya dibersihkan menggunakan blower hingga dilap memakai kain.

Sedangkan untuk bagian konektor lensa dengan body seperti pada DSLR atau mirrorles, Anda bisa memakai cotton bud dengan sedikit alkohol.

Bagian dalam

Untuk bagian yang satu ini adalah sensor, seperti pada DSLR ataupun mirrorles yang mana sering terbuka saat mengganti lensa. Untuk perawatannya Anda hanya direkomendasikan menyemprot debu menggunakan blower.

Hal ini dimaksudkan agar pada bagian paling penting ini tidak terjadi baret yang dapat menimbulkan hasil fotonya tidak sesuai harapan, seperti adanya bintik-bintik karena debu ataupun garis.

Cara merawat kamera untuk bagian ini bila terkena kotoran yang membandel, bawalah ke service center agar penanganannya tepat, sehingga Anda tidak kecewa hasilnya.

Penyimpanan yang Baik dan Benar

Agar barang elektronik ini bisa tahan lama dan terhindar dari jamur, simpanlah pada tempat yang tepat agar kelembabannya bisa tetap pada suhu yang disarankan.

Untuk menyimpannya, Anda bisa menggunakan dry box khusus kamera yang disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila tidak ada, Anda dapat memakai kotak hampa udara yang di dalamnya diletakkan silica gel untuk meresap kelembaban pada kamera.

Meski menyimpan dalam dry box atau kotak hampa udara lebih aman dari jamur, namun jangan sampai disimpan terlalu lama.

Merawat Karet

Cara merawat kamera selanjutnya untuk karet yang ada pada bagian body ataupun pada lensa agar tetap awet bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi.

Sementara agar tidak cepat keras dan kendor, Anda bisa membeli cairan atau lotion khusus untuk membersihkannya. Sebaiknya menggunakan ini seminggu sekali atau sebulan sekali.

Merawat Baterai

Selanjutnya untuk merawat bagian yang tidak kalah penting dari kamera adalah bagian baterai.

Sebaiknya ketika kamera sudah tidak dipakai dan akan disimpan, lepaslah terlebih dahulu dari bodi agar tidak terjadi kebocoran baterai ataupun korslet pada bagian komponennya.

Meski kemampuan baterai saat ini sudah lebih baik, namun agar menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya dicopot.

Sedangkan saat proses pengecasan atau charging baterai, baiknya disesuaikan dengan waktu yang dianjurkan. Kendati demikian, teknologi pengisian baterai saat ini lebih canggih yang mana akan secara otomatis berhenti ketika daya sudah terisi penuh.

Beberapa cara merawat kamera di atas agar alat dokumentasi Anda bisa tetap bersih, nyaman dipakai, dan tentunya awet. Jika terjadi kerusakan, Anda bisa membawanya ke service center sesuai dengan merk kamera agar penangannya tepat. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...