Desain Dapur Semi Terbuka Memasak Lebih Adem dan Menyenangkan

Desain Dapur Semi Terbuka
Desain Dapur Semi Terbuka. Foto: Net/Ist

Desain dapur semi terbuka saat ini menjadi salah satu trend yang semakin banyak disukai. Umumnya dapur tersebut dibuat menyatu dengan ruang makan dan juga taman.

Bukan cuma dipakai sebagai tempat untuk menciptakan berbagai macam resep sedap bagi anggota keluarga, tetapi dapur juga dapat menjadi ruangan yang penting untuk keluarga. 

Disamping mempunyai desain yang memikat, dapur juga harus mempunyai sirkulasi udara yang baik supaya lebih nyaman. Oleh sebab itu, dapur semi outdoor belakangan ini semakin banyak dicari.

Inspirasi Desain Dapur Semi Terbuka

Dapur menjadi ruang dimana seluruh anggota keluarga berkumpul saat memulai atau mengakhiri hari untuk sarapan dan juga makan malam. Supaya acara kumpul keluarga semakin menyenangkan, pastinya desain dapur juga harus baik.

Meskipun dapur sering dianggap sebagai ruangan yang terpisah dari ruang utama rumah, tetapi dapur menjadi bagian penting dari rumah dan gaya hidup yang anda miliki.

Anda bisa menerapkan desain dapur dengan cara yang berbeda. Sehingga suasana yang ada di dapur membuat anda dan keluarga merasa nyaman.

Salah satunya dengan desain dapur semi terbuka sebagai pilihannya. Dengan ide tersebut, keluarga anda bisa memperoleh suasana baru yang lebih adem dan sejuk.

Dapur yang Berbatasan dengan Taman Samping Rumah

Bila anda memiliki taman di samping rumah, ini bisa menjadi sebuah kesempatan bagi anda bila ingin mempunyai dapur semi outdoor yang adem.

Walaupun anda memasak dengan kompor yang panas, tetapi dengan kehadiran taman bisa membuat dapur anda tetap terasa sejuk.

Aktivitas memasak bisa jadi lebih menyenangkan. Selain itu, jangan sampai lupa untuk menambahkan meja dan juga kursi bar agar ruangan dapur semakin nyaman.

Menata Ruang Dapur Tampak Alami dan Natural

Ketika anda tinggal di perkotaan, bukan berarti anda tidak dapat mempunyai dapur yang nyaman. Salah satunya bisa anda lakukan dengan menerapkan desain dapur semi terbuka.

Anda bisa menggunakan ruangan yang terdapat pada bagian belakang rumah sebagai dapur dan juga taman. Di area taman ini, anda tidak perlu menggunakan penutup langit-langit.

Tujuannya adalah supaya bisa merasakan hangatnya sinar matahari yang masuk. Atau melihat rintik hujan ketika sedang memasak makanan di dapur

Bagian Dapur Terbuka di Sisi Kiri dan Kanan

Maksud dari inspirasi desain dapur yang satu ini adalah dapur dan juga ruang makan memang tetap berada di dalam ruangan. Akan tetapi, konsepnya terbuka dengan area luar.

Dengan demikian, anda dapat melihat di bagian sisi kiri dan juga kanan ruangan. Ruang dapur dan ruang makan tidak ditutupi dinding, tetapi pintu kaca lipat yang bisa dibuka setiap saat.

Bagian kiri pintu kaca akan berbatasan langsung dengan kolam renang. Sementara pintu bagian kanan bisa berbatasan dengan taman. Dengan menerapkan desain dapur semi terbuka ini, maka ruangan bisa terasa lebih sejuk setiap saat.

Tambahan Lampu Gantung dan Taman Hias

Memasak memang tidak harus berada di dalam ruangan. Sebab desain dapur terbuka yang satu ini dapat menjadi pilihan anda yang menyukai aktivitas di luar ruangan.

Konsep dapur minimalis semi terbuka akan didekor dengan konsep yang menyatu dengan taman yang ada di rumah tersebut. Dinding dan langit-langit tinggi yang tidak dihadirkan pada konsep dapur, membuatnya terbuka dan seperti menyatu dengan lingkungan sekitar.

Pemilihan material yang natural juga bisa membantu membuat desain dapur ini semakin menarik. Sehingga benar-benar menjadi bagian aktivitas bersantai anda saat berada di belakang rumah.

Selain itu, anda bisa menghiasi desain dapur semi terbuka ini dengan taman hias dan lampu gantung yang manis. Hiasan tersebut akan semakin membuat suasana dapur anda menyenangkan. Anda pun akan semakin bersemangat untuk memasak.

Ciptakan Suasana Seperti di Kafe

Ketika anda menerapkan konsep dapur semi terbuka di rumah anda, hal ini akan membuat suasana terasa tidak seperti di rumah. Anda bisa menciptakan sebuah suasana baru di dapur.

Inspirasi dapur tersebut bisa membuat anda merasa seperti di cafe. Caranya adalah dengan membuat dapur menghadap ke arah luar. Kemudian meja dapur dibuat dengan bentuk memanjang hingga keluar.

Bila meja sisi dalam dipakai sebagai kompor dan juga wastafel, maka untuk meja bagian luar bisa digunakan sebagai meja ala bar cafe yang dilengkapi dengan kursi tinggi.

Ide desain dapur semi terbuka seperti ini sangat cocok bagi anda yang sering mengundang teman-teman anda untuk berkumpul di rumah. (R10/HR-Online)

Loading...