Desain Dapur Skandinavia Simpel dan Fungsional yang Wajib Dijajal

Desain dapur Skandinavia merupakan sebuah tampilan sempurna dari dapur kontemporer yang menonjolkan cahaya alami, garis bersih, serta kayu yang dicat dengan rapi. Foto: Net/Ist.
Desain dapur Skandinavia merupakan sebuah tampilan sempurna dari dapur kontemporer yang menonjolkan cahaya alami, garis bersih, serta kayu yang dicat dengan rapi. Foto: Net/Ist.

Desain dapur Skandinavia merupakan sebuah tampilan sempurna dari dapur kontemporer yang menonjolkan cahaya alami, garis bersih, serta kayu yang dicat dengan rapi.

Keramahan dan kesederhanaan dari dapur Skandinavia ini bisa menjadi latar belakang untuk kehidupan rumah tangga modern saat ini.

Bila anda memiliki rumah dengan ukuran dapur tidak terlalu besar, maka gaya interior Skandinavia dapat menjadi pilihan tepat untuk anda. Dengan menata ruangan dapur yang minimalis serba putih, maka bisa terlihat lebih luas dari biasanya.

Disamping itu, pemilihan perabotan yang fungsional juga dapat menjadikan dapur ini bisa digunakan secara maksimal. Bukan hanya terkesan lebih luas, tetapi dapur juga bisa terlihat lebih terang dari sebelumnya.

Inspirasi Desain Dapur Skandinavia yang Patut Dicoba

Dekor ala Skandinavia untuk dapur anda menjunjung tinggi warna-warna netral. Sentuhan kayu dan garis lurus rapi membangun nuansa sederhana dalam dapur.

Inspirasi desain yang asalnya dari Norwegia ini adalah anak dari konsep minimalis, namun konsepnya tampak sedikit lebih kalem dan pucat.

Konsep desain ini semakin mengalami perkembangan. Mulai dari Skandinavia kuno, tradisional, modern, hingga Skandinavia kontemporer.

Konsep interior Skandinavia ini hadir dengan gaya yang terang, ringan, dan simple. Sehingga gaya interior seperti ini cocok sekali diterapkan pada hunian yang berukuran kecil.

Berikut ini adalah beberapa ide yang menginspirasi anda untuk menerapkan desain dapur Skandinavia.

Menghadirkan Unsur Vintage

Model dapur yang mengusung gaya Skandinavia dengan ruangan yang sempit bisa dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai line pada bagian dapur. Salah satunya yaitu memberikan kesan vintage yang sangat menarik.

Dengan memilih properti vintage, hal ini bisa membuat anda menghadirkan ruangan dapur yang menarik. Selain itu, kesan yang lebih berbeda di dalam dapur juga akan diperoleh, khususnya untuk dapur yang memiliki ruangan sempit.

Intinya agar bisa menjaga kenyamanan selama berada di dapur dengan ukuran yang terbatas. Anda bisa memperhatikan peralatan yang dimasukkan ke dalam dapur.

Hindari bawa terlampau banyak peralatan sebab hal ini bisa membuat desain dapur Skandinavia yang mempunyai ukuran terbatas terkesan sempit dan berantakan.

Memberi Aksen Lampu Gantung

Siapa bilang saat mempercantik dapur dengan peralatan yang mewah adalah hal yang dapat diabaikan? Walaupun bagian ini merupakan bagian yang sering mudah kotor, tetapi menghadirkan berbagai macam properti mewah seperti lampu gantung dapat dilakukan.

Hal ini juga bisa menjadi acuan bagi anda supaya dapat lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas ketika berada di dapur.

Penempatan lampu gantung bisa membuat ruangan dapur anda terlihat mewah. Namun untuk menjaga keamanan dengan baik serta keindahan lampu gantung tersebut, anda harus memperhatikan tata letak dengan baik.

Sebaiknya anda tempatkan lampu gantung di bagian ruang makan dekat dapur. Dengan begitu, pemberian unsur lampu gantung pada desain dapur Skandinavia semakin menyenangkan saat menemani waktu makan anda bersama keluarga.

Material Kayu yang Mendominasi

Biasanya warna putih jadi ciri khas desain Skandinavia pada suatu ruangan. Namun satu hal yang tak bisa dilupakan yaitu umumnya desain rumah ini identik dengan memanfaatkan sumber alam sebagai propertinya.

Anda bisa menghadirkan peralatan menggunakan material yang terbuat dari kayu yang bisa membuat nuansa Skandinavia di ruangan dapur terasa lebih kental.

Ruangan dapur akan terlihat lebih menarik dan indah saat anda menghadirkan ornamen berbahan kayu. Saat ruangan dapur tampak elegan, hal ini tentu membuat kegiatan memasak di dapur akan lebih menyenangkan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda menerapkan properti dari bahan kayu pada desain dapur Skandinavia yang anda miliki. Sehingga kesan indah dan cantik ruangan dapur rumah anda semakin terasa.

Flooring

Lantai dapur yang menerapkan konsep Scandinavian harus kuat, namun mudah dibersihkan. Hal ini berlaku untuk lantai kayu dan juga ubin.

Lantai ubin dapat dibuat dari keramik berwarna putih atau teraso, baik yang bermotif polos maupun berpola.

Saat memilih ubin yang berpola, akan lebih baik anda memilih pola yang tidak terlalu mencolok atau dengan motif kecil-kecil dan warna yang tidak menonjol. Anda juga bisa membuat susunan pola papan catur seperti warna hitam putih.

Tetapi, anda tidak bisa menggunakan pola flooring tersebut jika backsplash dapur juga memiliki pola papan catur. Sebab hal ini akan terlalu ramai sehingga berlawanan dengan kaidah desain dapur Skandinavia. (R10/HR-Online)

Loading...