Desain Interior Rumah Ala Amerika Hadirkan Kesan Simpel dan Hangat

Desain Interior Rumah Ala Amerika
Desain Interior Rumah Ala Amerika. Foto : net/ist

Desain interior rumah ala Amerika di Indonesia baru-baru ini dianggap akan memiliki peluang eksis kembali di masyarakat. Kehadirannya diperkirakan bisa menggeser popularitas model desain minimalis.

Rumah yang mengkonsumsi konsep gaya Amerika sering disebut dengan rumah bergaya federal.  Kata federal secara desain merujuk ke masa 1780 hingga 1820. Dimana desain ini sering dikenal sebagai fase Amerika gaya Adam.

Karakter dengan gaya Amerika yaitu mewah dan megah. Pada umumnya, rumah tersebut memiliki ukuran rumah yang besar. Rumah tersebut memiliki daya tarik berupa nuansa patriotisme yang sangat kental.

Pemilihan Desain Interior Rumah Ala Amerika

Interior American style sebenarnya mudah dipadukan dengan gaya yang berbeda dan ini justru akan memberikan tampilan ruang yang berkarakter.

Konsep ini akan mengacu pada ciri alami, pedesaan, dan country Amerika yang memberikan kesan lebih simpel dan hangat.

Negara asalnya, gaya seperti ini fokus pada satu focal point, yakni area perapian sebagai titik ciri khasnya. Tetapi pada hunian tertentu, penerapannya juga memiliki ciri khas lain yang bisa ditonjolkan seperti penggunaan profil pada plafon, jendela, dan pintu.

Berikut ini adalah ciri khas dari desain interior rumah ala Amerika yang bisa anda pilih untuk memperindah rumah anda.

Ukuran Furniture Lebih Besar

Konsep ini berbeda dari gaya Scandinavian atau minimalis yang cenderung mengurangi penggunaan furniture yang berukuran kecil dan lebih mementingkan dari sisi fungsinya. Namun gaya rumah ala Amerika lebih memilih pemakaian furniture yang besar.

Tujuannya adalah untuk menonjolkan kesan yang mewah. Umumnya ukuran furniture yang dipakai lebih besar dibandingkan dengan ukuran standar.

Sedangkan bahan pelapis furniturenya sering memakai velvet atau kain. Warna-warna furniture yang dipakai juga cenderung natural. Seperti pemakaian warna off white, beige, dan juga cream.

Flooring Rumah Ala Amerika

Penerapan desain interior rumah ala Amerika pada bagian flooring atau lantai juga mempunyai ciri khas tersendiri. Beberapa gaya lantai di dalam desain ini yang sering dipakai adalah lurus atau simetris.

Dimana lengkap dengan motif garis vertikal atau horizontal pada material seperti batu atau marmer. Pemakaian motif pada lantai akan mendukung tampilan ruangan yang bisa memberikan kesan mewah.

Disamping pada bagian lantai, anda juga dapat memilih karpet yang memiliki motif lurus. Dengan begitu, penampilan ruangan rumah anda bisa semakin terlihat elegan dan hangat.

Penggunaan Palet Warna yang Lembut

Salah satu penanda lain yang dimiliki oleh konsep rumah ala Amerika ini juga sering ditentukan dari pemilihan palet warna yang lembut atau bisa juga dengan warna di dalam satu tone yang sama.

Seperti pemilihan warna soft taupe, all white, champagne, atau warna coklat muda mendekati putih hingga coklat tua. Dalam desain interior rumah ala Amerika ini, warna yang lembut cocok sekali untuk dipadukan dengan pemilihan material yang inspirasinya berasal dari alam.

Seperti pemilihan lantai berupa marmer, batu, atau kayu. Hal ini bisa menimbulkan kesan yang hangat pada hunian anda.

Material Alami

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penggunaan material alami sangat cocok diterapkan pada rumah dengan gaya Amerika.

Bila anda ingin merencanakan untuk memakai interior American style di rumah Indonesia, ada berbagai hal yang harus anda perhatikan.

Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah material yang dipakai biasanya rumah desain interior rumah ala Amerika lebih banyak memakai material alami sebagai material yang dominan pada bangunan.

Hal ini juga tentunya harus disesuaikan dengan iklim tropis yang berada di negara Indonesia. Sehingga penggunaan material tersebut bisa awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Disamping menggunakan material seperti kayu, material yang memiliki struktur cukup kasar juga sering dipakai dalam konsep desain interior rumah seperti ini, misalnya batu.

Hal inilah yang membuat konsep rumah ala Amerika mempunyai sifat yang lebih fokus pada ciri alami, pedesaan, dan country.

Ketika semua elemen yang menjadi ciri khas American style ini berpadu dengan tepat dan seimbang, dalam artian tidak berlebih, maka anda bisa memperoleh atmosfer ruangan yang tampak mewah dan elegan.

Intinya untuk menerapkan desain interior rumah ala Amerika di Indonesia sendiri tidak terlalu rumit. Rumitnya pengaplikasian desain tersebut ke dalam hunian tergantung dari seberapa tingkat klasik yang ingin ditonjolkan. (R10/HR-Online)

Aegis Boost Pro