Desain Kolam Renang untuk Lahan yang Terbatas

Desain Kolam Renang minimalis
Salah satu contoh sesain kolam renang dengan bentuk memanjang. Foto: Unsplash

Desain kolam renang minimalis bisa menjadi alternatif bagi yang ingin membangin kolam untuk ranang, tapi hanya memiliki yang halaman terbatas.

Pasalnya, yang diutamakan dari kolam renang minimalis itu adalah kebutuhan serta fungsinya saja.

Sedangkan untuk biaya pembuatan atau anggaran untuk perawatannya, dapat disesuaikan dengan jumlah uang yang dimiliki.

Memang, rumah yang di dalamnya ada kolam renang, menjadi salah satu kelebihan tersendiri. Sebab, sangat jarang rumah ada kolam renangnya, terlebih halaman yang terbatas.

Selain itu, pasti sangat menyenangkan mempunyai kolam renang di rumah. Sebab, fungsinya bukan hanya sekedar untuk berolahraga, tapi juga menjadi sarana relaksasi serta memulihkan diri.

Sebelum membuat desain kolam renang yang minimalis, terlebih dulu sebaiknya disiapkan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Seperti, besarnya ukuran kolam renang, sistem pengairannya, sisa lahan yang tersedia hingga biaya perawatannya. Nah itu yang harus dipersiapkan.

Memang untuk kenyamanan bergerak, sebaiknya kolam renang wajib memenuhi ukuran standar. Namun masalahnya adalah lahan, sehingga bisa dijadikan yang minimalis dengan ukuran 6×2 meter memanjang.

Jika ukurannya 6 x 2 meter yang memanjang itu, maka yang lahan yang dibutuhkan adalah minimal 8 x 2 meter.

Namun, apabila lahannya tidak mencukupi, maka pilihan lainnya adalah kolam renang itu berjenis arus. Jadi, dalam kolam tersebut arus penggunanya seolah-olah bergerak, padahal yang bergerak adalah arus airnya.

Desain Kolam Renang Minimalis

Salah satu manfaat memiliki kolam renang sendiri adalah bisa mengajarkan anak-anak berenang. Bukan hanya itu, dengan berenang di kolam sendiri maka bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

Namun, alangkah baiknya sebelum membangunnya ada beberapa yang harus Anda perhatikan. Tujuannya untuk memberikan kenyamaan ketika berenang.

Nah, berikut ini beberapa pilihan model kolam renang minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda jika ingin membuatnya, seperti dikutip dari rumah.com.

Kolam Renang Lingkaran

Untuk membuat kolam renang dengan bentuk lingkaran, tidak membutuhkan lahan belakang rumah yang terlalu luas.

Sebab, untuk desain kolam renang dengan bentuk lingkaran ini tidak akan menghabiskan ruang yang ada di halaman belakang rumah.

Bukan hanya itu, saat merawatnya pun tidak sangat mudah dan tidak memakan waktu serta energi, bahkan biaya perawatannya juga akan hemat.  

Untuk memberikan kesan yang natural namun artistik, maka Anda bisa menambahkan paving block  yang dipasang di sekitaran kolam renang tersebut.

Desain Kolam Renang Melengkung Bersegi

Contoh lainnya adalah dengan bentuk persegi panjang. Untuk jenis ini banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki rumah minimalis.

Akan lebih indah dan terkesan wah, maka di bagian tepinya yang melengkung serta persegi tersebut, dipasang juga pembatas pada bagian tengah.

Sehingga, kedalaman kolam renang itu mempunyai dua ukuran. Satu untuk anak-anak dan satunya lagi buat orang dewasa.

Sementara agar terlihat berbeda, maka dapat mengkombinasikan bentuk persegi dan melengkungnya itu pada masing-masing sisi kolam renang.

Berbentuk Memanjang Sederhana

Sesuai dengan namanya, berarti kolam renang ini yang diutamakan adalah panjangnya. Sehingga tidak harus memiliki ukuran terlalu lebar.

Selain cocok untuk lahan yang minim sekali, kolam renang berbentuk memanjang juga sangat pas bagi yang ingin mengkombinasikan unsur moder dengan alami.

Jadi, untuk memberikan kesan natural, maka bisa menggunakan lantai kayu di sekitaran kolamnya.

Lantai dari bahan kayu ini dapat memberikan kenyamanan ketika duduk santai, sembari mendinginkan kaki dengan masuk ke dalam kolam renang saat cuaca yang panas.

Di Atas Tanah atau Portabel

Berbeda dengan desain kolam renang di atas yang pastinya dibuat secara permanen, maka untuk yang satu ini adalah bentuk portabel.

Jadi, above-ground pool atau kolam renang di atas tanah tidak memerlukan lahan yang luas, juga biaya pembuatannya sangat hemat atau ekonomis.

Namanya juga portabel, jadi kolam renang ini bisa dipindahkan. Maka pada saat Anda pindah rumah, kolam renang itu bisa ikut serta pindah ke rumah yang baru.

Bukan hanya itu, kolam renang di atas tanah atau portabel ini juga sangat pas untuk berbabai macam tipe tanah, meski area tanahnya berbatu.

Berbentuk Huruf L

Bentuk dari kolam renang ini adalah mirip dengan hurup ā€œLā€. Bentuk seperti ini banyak digunakan, karena bisa dikatakan modern dan dapat dibangun di lahan yang terbatas.

Agar bisa menambah nilai estetika serta bernuasa lebih menarik, maka desain kolam renang ini dapat ditambahkan dengan kursi serta beberapa pohon di tepian kolam. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...