Desain Ruang Keluarga Terbuka Impian Bisa Anda Ciptakan

Desain Ruang Keluarga Terbuka
Salah satu contoh desain ruang terbuka. Fot0 : danetti.com

Desain ruang keluarga terbuka menjadi pusat kegiatan yang dilakukan seluruh anggota keluarga. Dari bermain, bercanda, melepas lelah, dan bercerita, semua dilakukan di ruang keluarga.

Biasanya ruang keluarga juga dimanfaatkan untuk menampung tamu atau keluarga besar yang tidak terakomodasi di ruang tamu.

Desain Ruang Keluarga Terbuka Bisa Anda Pilih

Banyaknya kegiatan yang dilakukan di ruang keluarga menjadikan ruangan ini mendapat perhatian khusus untuk desain interiornya.

Ada berbagai desain interior yang bisa anda terapkan di ruang keluarga seperti modern, klasik, monokrom, skandinavian, atau rustic.

Jenis apapun interiornya, pastikan membuat seluruh anggota keluarga nyaman. Saat ini salah satu konsep yang paling diminati keluarga adalah konsep ruang keluarga terbuka.

Dengan didesain terbuka, dipercaya sebagian orang mampu memberikan sebuah kenyamanan yang maksimal. Desain ruang keluarga terbuka juga memberi kesan santai dan jauh dari kesan kaku sehingga kegiatan yang dilakukan keluarga mampu memberi warna yang menyenangkan.

Konsep ruang keluarga terbuka ini bisa anda buat dengan dua gaya. Pertama anda bisa membuat ruang keluarga menyatu dengan ruangan lain tanpa sekat. Bahkan juga bisa dengan membuat ruang keluarga berdampingan dengan bagian luar dari rumah anda.

Rekomendasi Ruang Keluarga Terbuka

Berikut merupakan desain ruang keluarga yang bisa anda jadikan referensi dalam menciptakan ruang sesuai dengan diri anda. Ciptakan ruangan yang nyaman serta aman untuk keluarga anda.

Ruang Keluarga Terbuka Penuh Cahaya

Salah satu keuntungan jika anda memiliki ruang keluarga dengan konsep terbuka ialah banyaknya cahaya luar yang bisa masuk ke dalam ruangan yang berasal dari jendela.

Jendela yang dibuat besar-besar dan tanpa menggunakan tirai ini mampu memberikan banyak cahaya masuk tanpa perlu menggunakan lampu dalam desain ruang keluarga terbuka.

Hal ini juga bisa sekalian menghemat sumber aliran listrik dengan memanfaatkan sumber alam yang tersedia. Padukan taman yang asri agar udara yang dihasilkan segar.

Simpel Dengan Sliding Door

Desain ini hadir dengan cara memberi jembatan antara ruang keluarga dengan bagian luar rumah (outdoor) atau taman dengan menggunakan sliding door.

Hal ini memberi kesan jika ruang keluarga terbuka seolah-olah menyatu dengan taman. Konsep ini sangat cocok dengan anda yang mempunyai lahan yang cukup.

Sliding door pada desain ruang keluarga terbuka bisa anda buka saat pagi dan sore hari agar udara segar bisa masuk ke dalam ruangan, sehingga sangat nyaman dapat anda gunakan untuk bersantai.

Ruang Keluarga Dekat Dapur

Ruang keluarga dengan konsep terbuka tidak harus selalu bersebelahan dengan area luar rumah. Bisa juga anda mendesain dengan bersebelahan dengan area lain, misal area dapur.

Area ini biasanya diberi sekat pintu yang bisa digeser yang cukup fleksibel. Saat ibu sedang memasak, anggota keluarga yang lain bisa bercengkerama di ruang keluarga.

Terlihat Luas Dengan Pintu Besar Transparan

Jika anda perhatikan, ide ini membuat ruang keluarga yang areanya sempit namun akan terlihat luas. Desain dengan konsep sederhana nampak seolah menyatu dengan area lain, seperti area makan, dapur, dan kolam renang.

Agar desain ruang keluarga terbuka terlihat luas, maka perlu menggunakan sekat pemisah antar ruangan dengan didesain terbuka dan lebar, misal menggunakan pintu dorong kaca yang transparan.

Pintu ini bisa sekaligus anda gunakan untuk jendela dan ventilasi ruangan terbuka. Adanya pintu yang besar, lebar, dan transparan akan membuat ruang keluarga nampak lebih luas.

Simpel Warna Putih Mendominasi

Agar anda bisa mendapatkan ruang keluarga terbuka dengan nyaman, perhatikan juga dari sisi penataan dan pemilihan warna dari interiornya. Anda bisa menggunakan warna putih yang tidak pernah gagal memberi kesan ketenangan ruangan.

Walaupun didekorasi dengan warna putih, namun ruang keluarga ini akan jauh dari kesan monoton. Bagi anda yang menginginkan ruang keluarga terbuka namun dengan lokasi yang kecil, anda bisa gunakan kaca untuk penyekat yang akan nampak luas dan nyaman.

Pilih konsep ruang keluarga sesuai dengan keinginan anda dan keluarga. Jika perlu, anda bisa datang ke tenaga ahli untuk melakukan konsultasi. Dapatkan desain ruang keluarga terbuka impian anda dengan segala kenyamanan yang bisa anda peroleh dengan keterbatasan lokasi. (R10/HR-Online)

Loading...