Desain Rumah Apung, Memberikan Kesan Tenang dan Dinamis

Desain Rumah Apung, Memberikan Kesan Tenang dan Dinamis
Desain rumah apung, memberikan kesan tenang dan dinamis. Foto:Ist/Net

Desain rumah apung kini mulai digandrungi oleh sebagian orang karena konsepnya yang unik. Secara umum, rumah dibangun di atas tanah.

Akan tetapi, lain halnya dengan yang satu ini. Pilihan untuk beralih dengan rumah apung ini tentu saja memiliki berbagai tujuan tersendiri.

Tak jarang justru orang memutuskan untuk mulai menghemat lahan dan mengubah gaya hidup mereka. Sebagian memilih untuk pindah ke rumah yang lebih kecil.

Sebagiannya lagi memilih untuk tinggal di atas air. Pada dasarnya, tidak terlalu buruk untuk membangun rumah di atas air, melainkan menjadi sesuatu yang berbeda demi mendapatkan kenyamanan di dalam hunian.

Bagi mereka yang ingin merasakan kehidupan yang lebih dinamis dan merasa tenang, maka tinggal di kawasan perairan ini menjadi alternatif pilihan.

Desain Rumah Apung, Memberikan Kesan Tenang dan Dinamis

Untuk membangun sekaligus mendesain rumah di atas air, memang tak terlalu sulit untuk dilakukan. Namun, ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan.

Satu diantaranya adalah mendirikan rumah di kawasan perairan yang aman dari bencana. Struktur rumah apung dibangun dengan memanfaatkan teknologi beton apung.

Teknologi tersebut telah diaplikasikan guna memecah gelombang terapung, ponton yang dirancang untuk akses ke air, perahu, dan juga marina perahu. Dengan demikian, memiliki jaminan yang baik untuk digunakan.

Terdapat berbagai konsep yang bisa diterapkan untuk desain rumah apung. Sebagai sumber inspirasi anda, berikut ini ulasan selengkapnya.

Rumah Apung Pulo Cinta Eco Resort

Menarik untuk kita ketahui, Indonesia tidak hanya mempunyai kolam renang paling indah di dunia saja, melainkan juga berbagai rumah apung yang menawan.

Sebenarnya di Indonesia sendiri rumah apung bukanlah suatu hal yang baru lagi. Sebab, seperti yang sudah kita saksikan bersama bahwa terdapat banyak rumah tradisional di beberapa daerah dibangun dengan konsep terapung.

Sebagai acuan desain rumah di atas air yang dapat menginspirasi anda adalah dengan menerapkan konsep yang lebih modern. Salah satunya yakni resort terapung Polu Cinta Eco Resort.

Anda dapat melihat desain rumah apung ini di Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Nama yang diberikan pada tempat tersebut berasal daru pulau yang berbentuk hati. Di setiap sisinya dikelilingi rumah-rumah panggung yang dibangun di atas permukaan air.

The Lake Union Floating Home

Contoh rumah apung telah dilengkapi dengan lainnya yang tak kalah menginspirasi yaitu The Lake Union Floating Home. Rumah apung yang satu ini merupakan rancangan dari arsitek Vandeventer dan Carlander.

Dimana mereka merancang sebuah rumah apung di tepi danau dengan menampilkan konsep yang sangat modern. Rumah apung yang terletak di tepian danau ini merupakan tipe rumah bertingkat.

Bagian yang paling menarik dari desain rumah apung tersebut yaitu di sisi bawah terdapat ruang tamu yang langsung menghadap danau. Sehingga sangat pas untuk bersantai dan ngobrol.

Rumah apung ini sangat diperuntukkan bagi anda yang menyukai suasana alam dan keheningan. Pada bagian sisi yang menghadap ke arah danau telah dilengkapi dengan jendela-jendela kaca berukuran besar.

Bila anda menerapkan desain ini, maka tak perlu lagi repot-repot membangun kolam renang lagi. Pasalnya, ketika keluar di salah satu sisinya, anda dapat turun langsung dan menemukan tepi danau untuk berenang dengan leluasa.

Carl Turner Floating House Concept

Carl Turnel Floating House Concept merupakan desain rumah apung yang juga dapat kita jadikan inspirasi hunian yang nyaman. Desain ini merupakan trobosan dari seorang arsitektur bernama Carl Turner Architects.

Konsep ini dibuat untuk memberikan solusi permasalahan banjir yang sering terjadi di Inggris dan juga negara-negara lainnya. Rumah apung tersebut menawarkan konsep yang sangat modern.

Meskipun demikian, pada kenyataannya rumah apung tersebut tidak semua bagiannya mengapung di atas air. Sebagian rumah mengapung di atas air dan sisanya tetap dibangun di tepian daratan.

Terkait penerangannya, rumah apung ini juga mampu menyediakan energi untuk keperluan penghuninya. Dimana melalui kemampuan memproduksi listrik dari solar panel yang ada di bangunan tersebut.

Desain rumah apung ini juga termasuk kategori hunian ramah lingkungan. Sebab, rumah ini dapat menjadi rumah carbon neutral. (R10/HR Online)

Loading...