Detail Bulan Jupiter Penuh Goresan Lapisan ES Padat

Detail Bulan jupiter Penuh Goresan
Ilustrasi Detail Bulan jupiter Penuh Goresan. Foto: Istimewa

Detail bulan Jupiter penuh goresan telah ditemukan pada salah satu lapisan es dari bulan Jupiter. Europa adalah salah satu bulan yang dimiliki Planet Jupiter.

Europa merupakan tempat yang menarik dengan beberapa alasan yang dimilikinya. Satu dari sekian alasannya adalah Europa merupakan bulan yang dilapisi dengan es.

Bukan hanya itu saja, disana juga berpotensi ada kehidupan selain di Bumi. Hal ini membawa NASA semakin ingin segera melakukan misi antariksa.

Detail Bulan Jupiter Penuh Goresan Memberi Tanda Bisa Ada Kehidupan

Untuk membuktikan hal tersebut, maka NASA berencana untuk mengirim misi luar angkasa tujuan Europa pada masa yang akan datang.

Hal ini masih rencana dan untuk saat ini NASA hanya bisa mengandalkan dari tangkapan gambar yang diambil melalui wahana antariksa Galileo sekitaran akhir tahun 1990 an.

Sebagai awalan dari proses misi Europa, NASA mulai memproses semua kumpulan gambar yang telah diambil untuk dikumpulkan dan dianalisa dengan cermat.

Detail bulan Jupiter penuh goresan membuat gambar yang versi terbaru telah berhasil menunjukan secara detail dari tampilan permukaan Europa yang jauh lebih jelas.

Dengan meningkatkan warna serta membuat fitur geologinya pada permukaan Europa. Maka semua permukaan akan terlihat dengan jelas. Ini upaya NASA dalam memproses ulang gambar-gambarnya.

Didalam gambar tersebut menjelaskan adanya perbedaan komposisi kimia pada permukaannya. Wilayah yang memiliki warna abu-abu mengindikasi jika wilayah tersebut merupakan lapisan es yang murni.

Namun pada wilayah yang memiliki warna merah kecoklatan memberi indikasi jika wilayah tersebut diselimuti komponen garam. Di Permukaan bulan Europa terdapat juga area “Chaos Terrain“.

Dimana di area ini mengandung balok-balok es yang bisa memisahkan diri serta bisa bergeser bahkan berputar sebelum membeku kembali.

Walau hasil gambar yang telah diproses dan memiliki gambar yang lebih jelas, namun NASA tetap merasa jika data yang dimiliki masih kurang.

Detail bulan Jupiter penuh goresan menarik NASA untuk mencari tahu kebenarannya. Untuk membuktikan hal ini, pada awal tahun 2023 NASA berencana akan mengirim misi Clipper untuk melakukan pendaratan di permukaan bulan Europa.

Menurut ahli geologi planet Jet Propulsion Laboratory NASA mereka baru sebagian kecil melihat permukaan bulan Europa. Nanti pada saat Clipper mendarat tentu akan memberi peningkatan data yang sangat signifikan.

Detail bulan Jupiter penuh goresan yang akan dibuktikan dengan adanya misi Clipper ini akan menggantikan misi Galilea untuk melihat apa ada kemungkinan jika akan ada tanda kehidupan di bulan Europa.

Fakta Menarik dari Europa

Permukaan Europa yang memiliki lapisan yang halus yang terbuat dari lapisan es. Walaupun terdapat retakan dan goresan namun di Europa sangat jarang sekali terdapat kawah dan jurang.

Kalaupun ada kawah itu akibat dari meteor yang jatuh ke permukaan Europa. Hal inilah yang membuat Europa merupakan bulan yang memiliki lapisan terhalus di sistem tata surya.

Fakta lain dari Europa adalah jika anda memperhatikan durasi rotasi Europa dalam sekali putar mengelilingi Jupiter itu sama seperti 3,5 hari di bumi.

Ini menjadi hal yang unik dari durasi putarannya. Memiliki waktu yang lebih panjang daripada waktu di Bumi dengan waktu rotasi yang berbeda dari Bumi.

Berdasarkan beberapa analisa jika air atau zat yang bisa memungkinkan ada kehidupan yang ada di bawah lapisan es. Inilah detail bulan Jupiter penuh goresan yang bisa disampaikan NASA saat ini.

Jika hal ini bisa dibuktikan tentu saja membuat jumlah air yang ada di Europa akan lebih banyak 2 kali dibandingkan dengan jumlah air yang ada di Bumi.

Tentu saja ini akan menjadi hal yang sangat luar biasa mengingat permukaan Europa adalah lapisan es yang padat beku.

Untuk anda yang ingin memilih tinggal selain di Bumi maka keinginan anda harus dihapus. Hal ini lantaran di Europa walaupun terdapat oksigen namun dengan jumlah yang sangat sedikit.

Sehingga jika anda bernafas dengan oksigen disana akan cepat habis dibandingkan dengan di Bumi yang penuh dengan oksigen.

Kini beberapa detail bulan Jupiter penuh goresan menjadi misi baru yang bisa disampaikan NASA untuk membuktikan semua analisa. Maka dari itu, tunggu aja seperti apa misi Clipper ini. (R10/HR-Online)