Di Tengah Suasana Lebaran, Dapur Rumah Seorang Warga di Kota Banjar Ambruk

Dapur Rumah Seorang Warga di Kota Banjar Ambruk
Bagian dapur rumah Ipit yang ambruk karena lapuk, dan rumahnya kini tak bisa ditempati untuk merayakan hari lebaran. Peristiwa itu terjadi Minggu, (24/5/20) sekitar pukul 11:30 WIB. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Di saat warga yang lain tengah menikmati suasana lebaran, nasib nahas justru dialami Ipit (60). Pasalnya, bagian dapur rumah dari bilik bambu yang ia tempati, tiba-tiba jebol dan ambruk.

Peristiwa tersebut terjadi di Lingkungan Cimenyan II, Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar, pada Minggu, (24/5/20) sekitar pukul 11:30 WIB. Sehingga rumahnya tak bisa ditempati untuk merayakan suasana hari lebaran bersama keluarga tercintanya.

Salah seorang relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar yang juga tetangga korban, Diky Agustav, menuturkan, waktu itu sesaat sebelum kejadian, penghuni rumah kebetulan sedang berada di ruang tengah bagian rumah.

Kemudian, tiba-tiba terdengar suara reruntuhan dari bagian belakang rumahnya. Setelah dicek ternyata bagian dapur rumahnya ambruk.

“Diduga karena kondisi bangunan kayu rumahnya sudah lapuk, makanya tiba tiba roboh. Kemarin siang kejadiannya,” kata Diky saat dihubungi HR Online, Senin (25/5/2020).

Setelah itu, kata Diky, tim relawan Tagana bersama petugas BPBD dan Satpol PP Kota Banjar, langsung mendatangi lokasi. Petugas datang untuk membantu membersihkan puing-puing bangunan dapur rumah yang ambruk. 

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja, pemilik rumah harus dievakuasi, karena dikhawatirkan jika terjadi hujan akan ambruk seluruhnya. Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah,” ujarnya.

Ditambahkan Dia, selain tinjauan petugas dan diberikan bantuan sementara oleh BPBD, saat ini korban juga sudah mendapat bantuan langsung dari sesepuh Kota Banjar, DR Herman Sutrisno, dan bantuan dari Pemerintah Kota Banjar.

“Sudah dilakukan pendataan dan langsung diberikan bantuan. Jadi sekarang sudah kelar tinggal, nanti dilakukan perbaikan bangunan rumah,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online) 

Loading...