Fadhilah Shalat Tasbih Menurut Rasulullah, Bisa Mengontrol Emosi

Fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah. Foto: Ilustrasi.
Fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah. Foto: Ilustrasi.

Fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah sudah sering disampaikan oleh para ulama. Dinamakan shalat tasbih karena saat melaksanakan shalat, bacaan yang dibaca banyak kalimat tasbih.

Kebanyakan dari masyarakat Indonesia, yang muslim khususnya, menjadikan shalat tasbih untuk mendapatkan Lailatul Qadar di bulan suci Ramadhan.

Untuk bisa mendapatkan malam itu, dilakukan shalat berjama’ah di sepuluh terakhir di bulan Ramadhan dan shalat ini digunakan sebagai sarananya.

Fadhilah Shalat Tasbih Menurut Rasulullah

Terdapat suatu fadhilah atau keutamaan untuk umat muslim yang melaksanakan shalat tasbih. Manfaat melaksanakan shalat ini sangat besar sampai Rasulullah pun menganjurkan pada umatnya.

Bahkan Rasulullah mengajarkan tata cara melaksanakan shalat tasbih kepada pamannya yang bernama Abbas bin Abdul Muththalib ra. Berikut fadhilah yang harus anda ketahui dari shalat tasbih.

Mengubah Nasib

Shalat tasbihyang dilakukan dengan istiqomah yaitu bisa mengubah nasib anda serta bisa mengubah penderitaan untuk menuju pada kebahagian yang sebenarnya.

Dibalik fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah ini, untuk yang pertama kali melaksanakan shalat tasbih, pasti akan merasa berat sekali. Karena, dengan bacaan yang terlalu panjang dan mungkin saja kadang terlupa kalimatnya.

Namun jika anda sudah terbiasa melakukan shalat tasbih dengan rutin dan rajin, maka akan terasa lebih ringan dan bila tidak melaksanakan anda merasa ada yang kurang.

Mempermudah Urusan

Jika anda melakukan shalat tasbih dengan rajin, tentu akan mempermudah semua urusan anda, entah itu urusan duniawi dan ukhrawi atau urusan akhirat.

Fadhilah shalat tasbihlainnya yaitu juga dipercaya sebagai salah satu cara untuk mendapatkan karunia dari Allah SWT dengan istiqomah agar semua hajat di dalam kehidupan bisa terpenuhi semua.

Seperti doa yang selalu dipanjatkan usai shalat, “Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar”.

Dimana artinya untuk kehidupan yang ada di dunia dan di akhirat serta dijauhkan dari siksa neraka. Fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah ini terbukti sangat menolong umat Islam.

Bisa Kontrol Emosi

Pada kehidupan manusia, selalu dihadapkan dengan situasi dan kondisi yang bervariasi. Hal ini akan bisa mengontrol emosi anda dan ini menjadi hal yang paling penting.

Untuk itu, umat muslim yang mengamalkan shalat tasbih, tentu bisa mengontrol emosi dengan sangat baik. Hal ini menjadi salah satu fadhilah shalat tasbih.

Jauhkan Sifat Sombong

Orang yang selalu melaksanakan shalat tasbih tidak akan bisa menyombongkan diri di hadapan Allah SWT dan manusia lainnya.

Hal ini karena pengamalan dari shalat tasbih yang benar-benar dilakukan. Dengan meresapi setiap maknanya, tentu akan merasakan manfaatnya.

Timbangan Amal Kebaikan Akan Diberatkan

Fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah yang lainnya adalah bisa memberatkan timbangan amal baik di akhirat kelak.

Ibadah yang dilakukan tentu akan dihisab nantinya. Untuk itu, banyaknya pengucapan kalimat tasbih bisa membuat berat timbangan amal baik.

Kalimat Tasbih Kalimat Terbaik

Suatu kali Rasulullah ditanya oleh seorang hambanya mengenai ucapan yang paling baik. Dengan segera Rasulullah menjawab, jika yang diperintahkan Allah SWT kepada para malaikat dan hamba-Nya ialah ucapan “Subhanallahi wa bihamdihi”.

Hal ini sesuai dengan yang diriwayatkan oleh HR. Muslim. Untuk itu, sering mengucapkan kalimat ini, tentu akan membantu anda di akhirat nanti.

Tabungan Kebun Kurma

Diumpamakan seperti memiliki sebuah perkebunan yang suatu saat pemiliknya hanya tinggal memetik saja hasil dari keuntungannya.

Hal ini juga berlaku untuk ibadah shalat tasbih. Anda disana akan ditanamkan pohon kurma. Dimana setiap sekali membaca “Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi” untuk satu batang pohon kurma.

Penghapus Dosa

Fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah selanjutnya adalah untuk menghapus dosa yang diumpamakan banyaknya seperti buih di lautan lepas.

Sedangkan manfaat selanjutnya untuk menghadapi fitnah Dajjal dan penyakit berat. Untuk menghadapi akhir zaman, shalat tasbih juga digunakan sebagai senjata krisis pangan.

Kelak kalimat tasbih diibaratkan seperti makanan yang sangat bergizi dan membuat tubuh semakin sehat, khususnya umat muslim.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya jika Rasulullah mengajarkan tata cara melaksanakan shalat tasbih. Rasulullah pun menjamin jika melaksanakan shalat ini akan diampuni segala dosa yang ada.

Baik dosa awal dan akhir, dosa yang baru atau yang lama, hingga dosa yang sengaja ataupun tidak disengaja.

Bahkan untuk dosa yang terang-terangan dan yang rahasia serta untuk sepuluh macam dosa lainnya. Inilah fadhilah shalat tasbih menurut Rasulullah agar umatnya mengikuti anjuran Rasul. (R10/HR-Online)

Loading...