Jumat, Mei 20, 2022
BerandaArtikelFitur Toyota Urban Cruiser 2020 Compact SUV Baru 5 Penumpang

Fitur Toyota Urban Cruiser 2020 Compact SUV Baru 5 Penumpang

Fitur Toyota Urban Cruiser 2020 kabarnya memang menjadi sebuah hal menarik yang ditawarkan oleh compact SUV ini. Mobil terbaru ini merupakan hasil kerjasama Toyota dan Suzuki di India.

Setelah memperkenalkan versi rebadge Suzuki Baleno tahun lalu, saat ini Toyota bersiap memperkenalkan rebadge Suzuki Vitara Brezza.

Nama yang dipakai mobil ini tergolong unik. Namanya adalah Toyota Urban Cruiser 2020. Mobil ini dijadwalkan mulai dipasarkan pada Agustus 2020 bila waktunya memungkinkan.

Walaupun begitu, proyek ini sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Glanza yang menjadi produk sama dengan merk berbeda.

Sementara untuk Urban Cruiser, kemungkinan tampil dengan berbagai perbedaan dibandingkan dengan Maruti Vitara Brezza yang mempunyai basis sama. Mobil ini termasuk dalam compact SUV dengan kapasitas 5 penumpang.

Spesifikasi dan Fitur Fitur Toyota Urban Cruiser 2020

Meski Urban Cruiser 2020 ini merupakan proyek kerjasama Toyota dengan Suzuki, namun ada perbedaan yang cukup mencolok di bagian eksteriornya.

Misalnya, bisa dilihat pada bagian bumper belakang, lampu ekor, dan juga pada bagian lampu utamanya. Perbedaan lain juga bisa dilihat pada velgnya.

Bukan hanya sisi eksteriornya saja yang berbeda, akan tetapi bagian interiornya juga memiliki perbedaan tersendiri. Meski diklaim mengusung berbagai macam fitur, sayangnya sampai saat ini belum diungkap secara rinci.

Khususnya pada bagian penunjang kenyamanan dan keamanan pengendara Toyota Urban Cruiser 2020 ini.

Bagian Kabin

Kita awali dari bagian kabin compact SUV yang satu ini. Fitur Toyota Urban Cruiser 2020 yang disematkan dalam kabin sangat elegan.

Nuansa interior Urban Cruiser ini disebut-sebut lebih mewah. Hal ini karena kabinnya dilengkapi dengan motif cerah dan berbagai grafis baru.

Rombakan penting yang dilakukan berupa tatanan interior seperti kabin yang didominasi dengan plastik abu-abu. Kemungkinan Toyota akan membuatnya menjadi lebih premium, cerah, dan lebih berkelas. Paling tidak akan dilapisi dengan kelir terang dan juga beberapa grafis segar.

Disamping itu, Urban Cruiser ini juga mengusung teknologi mild hybrid seperti pada Suzuki. Akan tetapi, untuk masalah penamaan, Toyota akan menyebut sistem tersebut sebagai Integrated Starter Generator.

Mobil ini juga bisa menjadi barang pertama yang memiliki imbuhan teknologi hybrid ringan. Sistem pembakaran tersebut adalah bagian integral dari filosofi global Toyota. Secara luas, fitur Toyota Urban Cruiser 2020 ini diakui menjadi langkah penghematan bahan bakar.

Sebagai gambaran mengenai fiturnya, pada peranti mild hybrid SHVS untuk mesin Vitara Brezza 2020 telah mengadopsi baterai tambahan 48 volt seperti pada Ertiga dan juga Ciaz.

Sementara itu, pada perangkat baru ini akan ditambahi converter 48 volt plus 12 volt DC. Dengan demikian, hasilnya akan terjadi kenaikan output torsi keseluruhan menjadi 235 Nm ketika ISG mulai beroperasi. Efisiensi bahan bakarnya juga dilaporkan akan mengalami peningkatan sebesar 15%.

Dapur Pacu

Bocoran Toyota Urban Cruiser 2020 saat ini sudah mulai menyentuh mengenai dapur pacunya. Nantinya pihak Toyota berbagi mesin bensin 1.5 liter dengan Brezza. Meski demikian, varian Urban Cruiser ini justru akan dibekali dukungan berupa teknologi modern mesin hybrid ringan.

Ini diberikan khusus untuk fitur Toyota Urban Cruiser 2020 versi transmisi manual. Tentunya penyematan teknologi ini diharapkan dapat membuat efisiensi penggunaan bahan bakar Toyota Urban Cruiser ini lebih meningkat.

Dari catatan spesifikasi yang diperoleh, mobil ini akan mengusung mesin VVT 1.500 cc K15B. Ini adalah mesin yang sama seperti Vitara Brezza.

Mobil ini juga bisa memproduksi tenaga puncak hingga 104,69 ps. Sementara torsinya bisa menembus angka 1138 Nm dengan putaran mesin 6000 rpm.

Harga

Jika membahas soal harga yang ditawarkan, maka Toyota menawarkan Urban Cruiser 2020 ini dengan kisaran harga antara Rs. 7,5 hingga 11,5 lakh. Nominal ini setara dengan 140 juta hingga 219 juta rupiah. Pembeli bisa memperoleh paket garansi 3 tahun lebih panjang.

Selain mendapatkan compact SUV yang mempunyai performa unggul, fitur Toyota urban Cruiser 2020 juga akan melengkapi kenyamanan anda saat berkendara.

Fitur

Memang sampai saat ini belum diketahui seperti apa fitur yang akan disematkan pada compact SUV milik Toyota ini.

Meski demikian, kehadiran Urban Cruiser teranyar ini pastinya akan menjadi sebuah moda berkendara baru yang bisa jadi referensi untuk anda miliki.

Agar bisa membedakan antara fitur Toyota Urban Cruiser 2020 dengan Brezza, pihak Toyota akan menyematkan fitur yang lebih banyak. Ditambah pula dengan paket garansi standar selama 3 tahun atau lebih. (R10/HR-Online)

- Advertisment -