Foto Planet Jupiter Paling Detail, Banyak Fakta Terungkap

Foto Planet Jupiter Paling Detail
Foto Planet Jupiter Paling Detail. Foto: Istimewa

Foto planet Jupiter paling detail bisa diabadikan para astronom setelah melakukan penelusuran di saat planet dipenuhi awan yang berisikan gas hangat.

Hal ini merupakan pengamatan paling nyata yang dihasilkan oleh infrared Gemini North Telescope yang ada di Hawaii.

Para ilmuwan menggunakan teknik “potret keberuntungan” agar efek kabur saat melalui atmosfer Bumi yang bergejolak bisa terlihat lebih tajam dan nyata.

Foto Planet Jupiter Paling Detail Dengan “Potret Keberuntungan”

Dengan menciptakan eksposur di target pada objek foto, berguna untuk menjaga agar gambar yang dihasilkan tidak mengalami gangguan gelombang yang tercipta dari atmosfer.

Inilah metode yang digunakan para astronom untuk menghasilkan gambar yang lebih nyata dan jelas. Gambar yang dihasilkan “potret keberuntungan” kemudian disatukan ke dalam sebuah mozaik. Gambar yang dihasilkan terlihat jernih di setiap momen.

Apa Itu Inframerah?

Sebuah gelombang yang lebih panjang daripada cahaya yang nampak lebih akrab terdeteksi orang-orang melalui teleskop Hubble, inilah inframerah yang digunakan oleh para astronot.

Inframerah digunakan untuk melihat keluar angkasa saat melewati atmosfer yang ada di bagian atas planet Jupiter. Hal ini berpengaruh terhadap hasil foto planet Jupiter paling detail.

Atmosfer ini sendiri berupa awan dan kabut tipis yang menyelimuti atas Jupiter. Hal ini memberikan kesempatan pada para astronot untuk menyelidiki lebih jauh mengenai kinerja internal dari planet Jupiter.

Penelitian yang dilakukan oleh para astronot bertujuan untuk memahami lebih detail dan lebih baik mengenai apa yang menopang pada sistem cuaca yang ada di planet Jupiter.

Di planet Jupiter sering terjadi badai yang bisa mengamuk selama beberapa decade, bahkan sampai berabad-abad lamanya.

Para peneliti ingin mengetahui apa yang terjadi dengan planet Jupiter mengenai hal tersebut. Dengan demikian, bisa mendapat foto planet Jupiter paling detail.

Studi yang dilakukan dengan menggunakan inframerah dipimpin University Of California yang berada di Berkeley.

Ini merupakan bagian dari sebuah program pengamatan yang melibatkan Hubble serta pesawat luar angkasa yang bernama Juno.

Saat ini pesawat Juno tengah mengorbit pada planet urutan kelima pada Matahari. Dimana telah menghasilkan foto planet Jupiter paling detail yang menakjubkan.

Hasil Pengamatan pada Planet Jupiter

Menggabungkan data analisa yang para astronot hasilkan dengan mendeteksi sinyal radio pada atmosfer, ini disebut dengan sferics dan whistlers.

Sinyal ini akan memberitahu jika ada sambaran petir yang sangat kuat pada permukaan gas raksasa di bagian atas Jupiter.

Foto planet Jupiter ini bisa mengetahui jika terjadi sambaran petir di bagian kutub di planet Jupiter. Dari Bumi, pengamatan ini terjadi di sekitaran garis khatulistiwa.

Sambaran petir tersebut akibat ukuran relatif dari Jupiter serta atmosfer yang jaraknya dekat dengan Matahari.

Hal ini akan menjadi tornado yang sangat besar. Dimana ada di udara atas awan, berupa air yang membeku ataupun yang mencair.

Para peneliti yakin jika sambaran petir ini akan bertindak sebagai semacam kabut yang melepaskan energi pada seluruh planet Jupiter.

Dengan foto planet Jupiter paling detail ini, maka bisa menggambarkan situasi dan kondisi Jupiter saat terjadi badai petir serta tornado.

Fakta Planet Jupiter

Nama planet Jupiter sendiri diambil dari nama seorang raja para dewa dari Romawi bernama Zeus. Kepercayaan yang dijelaskan pada saat itu jika Dewa Zeus mempunyai nama lain yaitu Jupiter.

Jupiter terdiri dari bola gas sehingga planet Jupiter tidak seperti pada planet lain yang permukaannya tidak padat. Planet ini merupakan yang terbesar di sistem tata surya serta terkenal dengan banyak satelit yang kurang lebih mencapai 67 satelit.

Pada permukaan planet juga nampak indah dengan warna yang sangat khas. NASA baru-baru ini mengambil gambar dengan hasil yang luar biasa. Jupiter merupakan planet yang tercerah ke-4 dalam susunan tata surya.

Berbeda dengan planet lain, di planet Jupiter mempunyai kandungan air yang sangat sedikit. Semua ini bisa dilihat dari foto planet Jupiter paling detail sehingga fakta-fakta tersebut bisa terungkap dengan jelas. (R10/HR-Online)

Loading...