Gejala Awal Corona pada Anak Perlu Diwaspadai

gejala awal corona pada anak
Gejala awal infeksi Corona pada anak-anak. Foto: Ist/Net

Gejala awal Corona pada anak penting untuk dipahami dan diwaspadai oleh semua orang tua. Meskipun kasus infeksi Covid-19 pada anak relatif jarang terjadi, akan tetapi para orang tua wajib mewaspadainya.

Dalam hal ini, orang tua hendaknya mengenali langkah pencegahan serta gejala apa saja yang dapat menandakan anak terinfeksi virus Corona. Anak-anak dapat dengan mudah terjangkit virus Corona jika tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Gejala Awal Corona pada Anak Perlu Diwaspadai

Infeksi Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan.

Hingga saat ini penderita Covid-19 paling banyak adalah orang dewasa. Akan tetapi, kasus pada anak-anak pun telah dilaporkan, terutama pada balita.

Dengan adanya kasus ini, maka sebagai orang tua wajib mengenali gejalanya. Gejala awal pada anak terkadang tidak parah layaknya orang dewasa.

Hal ini tentunya membuat para orang tua harus lebih waspada terhadap gejala awal Corona pada anak.

Deretan Gejala Corona pada Anak

Gejala awal Covid-19 pada anak umumnya cenderung lebih ringan seperti flu atau pilek biasa. Bahkan hal tersebut bisa tanpa adanya gejala.

Hal ini dikarenakan anak-anak memiliki kelenjar timus yang terlibat dalam sistem imun tubuh dimana masih bekerja secara lebih maksimal.

Gejala awal pada anak perlu dipahami oleh para orang tua supaya segera dapat diambil tindakan yang tepat. Banyak gejala yang terlihat wajar-wajar saja yang terjadi pada anak.

Namun hal tersebut membuat sistem imun tubuh anak yang terinfeksi Corona menjadi lebih lemah serta mengakibatkan sesuatu hal yang tidak diinginkan. Di bawah ini gejala awal Corona pada anak selengkapnya.

Nafsu Makan Menurun

Sesuai dengan analisa Spesialis Anak dalam Unit Kerja Koordinasi Respirologi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), dokter Darmawan Budi Setyanto menyatakan bahwa ada gejala terinfeksi virus Corona pada anak yang sangat terlihat jelas.

Adapun gejala tersebut adalah nafsu makan yang menurun drastis yang disertai dengan demam dan gejala lainnya.

Anak Merasa Sesak

Gejala selanjutnya adalah gejala yang berhubungan dengan saluran pernafasan anak. Pada gejala ini, anak akan mengalami batuk, pilek, sampai suara nafas yang berbunyi.

Gejala awal Corona pada anak tersebut perlu diwaspadai. Pasalnya, sesak dapat jadi indikasi bahwa anak dapat mengalami gejala terpapar virus Corona Covid-19.

Tidak Diawali Demam

Selain beberapa gejala diatas, gejala lain virus Corona pada anak yakni tidak munculnya demam pada tubuh anak.

Oleh karena itu, sebagai orang tua perlu benar-benar mewaspadainya karena sangat sulit untuk diidentifikasi gejalanya.

Gejala Gangguan Pencernaan

Lebih lanjut, terdapat pula gejala lain yang dapat dialami anak yang terkena virus Corona yaitu adanya gejala gangguan pernafasan.

Gejala awal infeksi Corona tersebut seperti halnya muntah dan diare. Gejala ini masih sangat jarang terjadi pada anak.

Gejala Tertentu yang Masih Belum Diketahui

Perlu anda ketahui, virus Corona hingga kini belum diketahui gejala yang spesifik, terutama pada anak-anak. Menurut para ahli, adanya virus tersebut dapat mengurangi penurunan fungsi paru-paru di masa yang akan datang.

Apabila timbul gejalanya, tindakan yang harus segera dilakukan adalah dengan melakukan isolasi diri. Isolasi diri harus dilakukan oleh anak dan semua anggota keluarga.

Adanya isolasi diri setelah muncul gejala awal Corona pada anak bertujuan untuk menekan penyebaran virus Corona agar tidak semakin parah. Ajarkan pada anak untuk melakukan beberapa hal penting dalam menghadapi virus Corona.

Diantaranya sesering mungkin cuci tangan dengan menggunakan sabun, etika batuk, bersin, meludah yang benar, serta selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Meskipun gejala awal umumnya menunjukkan gejala yang ringan, akan tetapi, semua gejala tersebut juga dapat berkembang menjadi syok sepsis serta acute respiratory distress syndrome.

Dimana berarti adanya gagal nafas akut yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus benar-benar mewaspadainya.

Apabila anak telah mengalami salah satu gejala awal Corona pada anak yang disebutkan diatas, maka segera ambil tindakan yang tepat untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan. (R10/HR-Online)