Gejala Penyakit Gondongan pada Anak dan Penanganannya yang Anda Wajib Tahu

Gejala Penyakit Gondongan pada Anak dan Penanganannya yang Anda Wajib Tahu
Gejala penyakit gondongan pada anak dan penanganannya yang anda wajib tahu. Foto:Ist/Net

Gangguan penyakit gondongan pada anak tak jarang membuat orang tua bingung dan cemas. Karena itulah penanganan yang cepat terhadap penyakit gondongan bisa mencegah dampak buruk gangguan ini.

Gondongan, beguk, atau parotitis merupakan jenis penyakit yang menular. Gangguan yang disebabkan oleh virus paramyxovirus terjadi pada kelenjar parotis yang terletak antara rahang dan telinga sehingga menimbulkan pembengkakan pada leher bagian atas.

Penularan penyakit ini terjadi dari cairan yang berasal dari mulut, hidung, dan tenggorokan orang yang menderita. Karena itu sebaiknya jauhi penderita jika berbicara, bersin, ataupun batuk.

Selain dialami banyak orang dewasa, benguk juga bisa menyerang anak-anak. Namun gejala penyakit gondongan pada anak umumnya lebih ringan ketimbang yang dialami orang dewasa. Meskipun begitu penganan harus secepatnya dilakukan.

Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak

Serangan penyakit parotitis pada anak umumnya lebih disebabkan kurang terjaganya kebersihan lingkungan. Terutama saat menyentuh barang atau benda yang mengandung virus penyebab gondongan dari orang lain.

Penularan penyakit ini, seperti dikutip dari Wikipedia, umumnya terjadi sekitar 3 hingga 4 hari setelah timbul pembengkakan. Sedangkan masa inkubasi penyakit ini rata-rata sekitar 17-18 hari.

Gejala gondongan ditandai dengan beberapa tanda. Seperti keletihan, sakit kepala, demam, mulut kering, hilangnya nafsu makan, hingga timbulnya pembengkakan sekitar leher, baik pada satu sisi atau kedua sisi.

Penanganan Penyakit Gondongan Pada Anak

Gondongan bukanlah penyakit berbahaya meskipun jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan dampak yang buruk. Kemungkinan efek yang bisa timbul antara lain tuli meskipun dampak ini timbulnya agak lama.

Sedangkan untuk cara mencegah gondongan adalah dengan memberikan vaksin saat anak masih bayi. Pemberian imunisasi (MMR) biasanya diberikan saat anak berumur 12 bulan dan 4 tahun.

Namun bagaimana jika anak mengalami penyakit ini dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk penanganan penyakit gondongan pada anak juga tidak sulit. Yang penting orang tua sesegera mungkin mengambil langkah pengobatan saat gejala gondongan muncul.

Serangan penyakit yang disebabkan oleh virus sebenarnya bisa diatasi dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Berikut ini beberapa penanganan cepat yang bisa dilakukan orang tua jika anaknya terserang gondongan.

1. Berikan Kompres

Saat timbul peradangan pada leher anak, segera berikan kompres dengan air hangat pada yang bengkak. Kompres juga bisa dengan es batu yang dibungkus kain. Penanganan gondongan pada anak ini berguna untuk meredakan nyeri.

2. Minum Air Putih

Meskipun anak kehilangan selera makannya sebaiknya anak dmnta untuk minum air putih yang cukup. Hal ini berguna untuk mencegah dehidrasi sekaligus berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

3. Kumur Air Garam

Untuk mengatasi penyakit gondongan pada anak orang tua juga bisa membuatkan air garam hangat yang digunakan untuk berkumur. Cara ini berguna untuk meredakan gejala yang ada.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin yang berguna untuk meningkatkan imunitasi tubuh anak. Tambahkan bawang putih pada sup tahu makanan yang disukai anak berguna untuk mengoptimalkan kekebalan tubuh anak.

5. Jahe

Kandungan minyak asiri dalam jahe sangat berguna sebagai anti peradangan, meningkatkan imunitas tubuh dan mengatasi penyakit gondongan pada anak. Buatkan minuman jahe agar bisa diminumkan untuk anak.

6. Lidah Buaya

Gel lidah buaya juga berkhasiat dalam meredakan nyeri akibat peradangan. Anda bisa membuatkan kompres dengan gel lidah buaya yang ditempelkan di bagian leher yang mengalami pembengkakan.

Itulah informasi tentang gejala penyakit gondongan pada anak dan cara penanganannya yang semoga bermanfaat untuk Anda. Jika kondisi tak membaik segera hubungi dokter untuk penanganan yang cepat dan efektif. (R9/HR Online)