Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita dan Cara Mengatasinya
Gejala sakit perut sebelah kiri pada wanita dan cara mengatasinya. Foto:Ist/Net

Sakit perut sebelah kiri pada wanita termasuk gangguan yang sering terjadi. Namun mengenali gejalanya sejak dini akan lebih memudahkan dalam mengatasi sakit perut sebelah kiri.

Sakit perut adalah jenis gangguan yang bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Saat mengalami sakit perut, seseorang akan merasakan sejumlah gejala seperti kram, mulas, dan rasa seperti tertusuk di perut.

Sakit perut bisa muncul secara perlahan atau menyerang secara tiba-tiba. Juga bisa hilang timbul atau menetap, bahkan bisa berlangsung sebentar atau lama. Sakitnya pun bisa berkurang atau bertambah pada posisi dan gerakan tertentu.

Kondisi sakit perut, termasuk sakit perut pada wanita bagian kiri umumnya dipicu karena adanya gangguan yang terjadi pada organ dalam perut. Seperti pada hati, limpa, lambung, empedu, pankreas, ginjal, dan usus.

Sejumlah Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

Mengenal gejala yang timbul saat terjadi gangguan sakit perut sebelah sangat penting. Hal ini agar Anda bisa melakukan sejumlah langkah penanganan awal yang diperlukan.

Namun jika sakit perut yang diderita tak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah, sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sakit perut pada wanita ini umumnya terjadi saat hamil atau sedang menyusui.

Ada sejumlah gejala sakit perut yang dialami para wanita yang sebaiknya dikenali. Diantaranya perut mengalami bengkak, sembelit, demam, sesak napas, sakit perut lebih dari 24 jam, dan kadang disertai muntah darah.

Dada juga terasa nyeri, nafsu makan menurun, mengalami dehidrasi, dan berat badan turun drastis. Kulit dan mata juga menguning, sering buang air kecil dan terasa sakit, serta keluar darah saat buang air besar.

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

Penanganan sakit perut pada wanita harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Pada kasus ringan, sakit perut bisa ditangani dengan perawatan rumahan atau obat sakit perut yang bebas dijual di apotek.

Untuk mengatasi gangguan sakit perut yang dialami kaum wanita yang kondisinya masih ringan bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Berikut ini beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan.

1. Berbaring dan beristirahat sampai rasa sakit yang diderita berkurang.

2. Kompres perut yang sakit dengan handuk yang direndam air hangat.

3. Memperbanyak minum air putih.

4. Menghindari konsumsi minuman berkafein dan berkarbonasi, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda.

5. Menghindari konsumsi minuman beralkohol.

6. Menghindari minum obat anti inflamasi non-steroid, seperti Ibuprofen dan Aspirin.

7. Menghindari makanan pedas dan yang mengandung tinggi lemak.

8. Menghindari makan sekaligus dalam porsi besar atau banyak.

9. Melakukan olahraga ringan atau meditasi untuk mengelola stres.

Namun dalam kasus yang parah, sakit perut sebelah kiri pada wanita ini harus diatasi dengan penanganan khusus dari dokter. Segera periksakan diri ke dokter jika kondisi tidak segera membaik.

Memang tidak semua penyebab sakit perut bisa dicegah. Namun risiko terserang sakit perut sebelah kiri bisa dicegah atau dikurangi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti olahraga secara rutin dan minum air putih.

Selain itu sebaiknya selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan atau minuman, hindari rokok, hindari konsumsi minuman beralkohol, dan jangan langsung tidur setelah makan atau.

Itulah informasi tentang gejala sakit perut sebelah kiri pada wanita yang perlu dikenali. Untuk meredakannya Anda bisa mencoba langkah di atas. Namun jika kondisi semakin parah Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. (R9/HR Online)

Loading...