Hidroksiklorokuin Untuk Cegah Corona Berdampak Buruk atau Baik?

Hidroksiklorokuin Untuk Cegah Corona
Hidroksiklorokuin. Foto: Net/Ist

Hidroksiklorokuin untuk cegah Corona dibuktikan oleh Presiden Amerika secara langsung. Pasalnya, terdengar kabar bahwa Donald Trump mengkonsumsi Hidroksiklorokuin. Setelah ditanya alasannya, ia mengaku bahwa Hidroksiklorokuin digunakan untuk menangkal Corona.

Perbincangan antara awak media dan Trump berlangsung di Gedung Putih pada 19 Mei 2020. Hal ini dikatakan sebagai upaya untuk menjaga diri agar tetap sehat. Kemudian agar tidak mudah terpapar virus Covid-19.

Presiden Amerika Serikat tersebut tetap mengkonsumsi Hidroksiklorokuin hingga saat ini. Meski belum dipastikan apakah Hidroksiklorokuin dapat memerangi Covid-19 atau tidak. Namun saat ini, Hidroksiklorokuin masih dalam tahap pengujian.

Hidroksiklorokuin Untuk Cegah Corona, Benarkah?

Spekulasi tentang adanya Hidroksiklorokuin ini memang berawal dari Presiden Amerika Serikat. Saat diwawancarai awak media, Donald Trump menyebutkan bahwa Hidroksiklorokuin sangat direkomendasikan. Bahkan dirinya juga mengkonsumsi dan merekomendasikan Hidroksiklorokuin.

Seperti yang diketahui bahwa Amerika Serikat juga memiliki banyak kasus terkait dengan penyebaran virus Corona. Bahkan sudah ribuan orang yang meninggal akibat virus ini. Tidak heran jika segala upaya dilakukan untuk mengatasi penyebaran virus yang semakin cepat.

Sebelum mengkonsumsi Hidroksiklorokuin, Presiden Trump telah bertanya terlebih dahulu kepada staf dokter. Dikatakan bahwa staf dokter telah merekomendasikan obat tersebut.

Apabila presiden menginginkannya, maka bisa mengkonsumsi. Kemudian Presiden Trump sudah mengkonsumsinya kurang lebih selama satu setengah minggu.

Hingga akhirnya muncul banyak spekulasi mengenai Hidroksiklorokuin untuk cegah Corona. Namun sampai saat ini belum ada keterangan yang jelas apakah obat ini mampu memerangi Corona. Hal ini juga disampaikan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC).

Belum ada obat bahkan terapi yang dapat mencegah virus Corona. Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika menyebutkan hal yang cukup mengejutkan.

Dikatakan bahwa Hidroksiklorokuin tidak tampak efektif dikonsumsi. Bahkan ada beberapa laporan yang berhasil dikutip terkait dengan Hidroksiklorokuin. Diantaranya adalah efek samping pada organ dalam, terutama jantung.

Ritme jantung pasien yang terpapar Covid-19 dapat bermasalah. Sehingga obat ini tidak aman dikonsumsi tanpa ada anjuran dari dokter.

Badan Pengawas Obat dan Makanan pun menghimbau agar Hidroksiklorokuin tidak dikonsumsi di luar izin. Artinya obat tersebut bisa dikonsumsi setelah mendapat izin dari rumah sakit.

Uji klinis terkait Hidroksiklorokuin masih dilakukan agar diketahui secara pasti kandungannya. Hidroksiklorokuin untuk cegah Corona memang menimbulkan beberapa efek samping. Namun Presiden Donald Trump masih mengkonsumsi karena memiliki asumsi yang kuat.

Presiden Trump sendiri juga telah dites dan hasilnya adalah negatif Corona. Selain mengkonsumsi Hidroksiklorokuin, Presiden Trump juga mengkonsumsi Zin C.

Untuk diketahui, beberapa pejabat bidang kesehatan AS juga sudah memberi peringatan kepada Trump terkait Hidroksiklorokuin.

Hidroksiklorokuin Untuk Cegah Corona Menurut Ahli Kesehatan

Penggunaan obat Hidroksiklorokuin harus dilakukan secara hati-hati. Gagal jantung merupakan resiko yang harus dihadapi ketika banyak mengkonsumsi Hidroksiklorokuin.

Saat ini Hidroksiklorokuin tidak memberikan dampak baik atau buruk pada pasien Covid-19. Sehingga perawatannya masih standar.

Hal ini juga dibuktikan pada beberapa pasien Covid-19 yang ada di Perancis. Hasilnya memang nihil terkait kesembuhan pasien yang terpapar Covid-19.

Pernyataan untuk menentang penggunaan obat Hidroksiklorokuin juga muncul dari beberapa asosiasi. Diantaranya adalah Komunitas Apoteker Amerika, Asosiasi Apoteker Amerika, hingga Asosiasi Medis Amerika. Hal ini memang sudah membuktikan bahwa Hidroksiklorokuin tidak bisa mencegah Covid-19.

Hidroksiklorokuin untuk cegah Corona sebenarnya memiliki akibat yang buruk. Selain gagal jantung, ternyata Hidroksiklorokuin juga bisa mempengaruhi pikiran.

Lebih tepatnya adalah pemikiran untuk melakukan bunuh diri. Tak heran jika banyak anggota dan asosiasi medis melarang penggunaan obat Hidroksiklorokuin.

Pencegahan yang dilakukan berawal dari diri sendiri. Selain itu, fungsi dari obat Hidroksiklorokuin sendiri belum dapat menyembuhkan pasien Covid-19. Hal yang terpenting adalah Hidroksiklorokuin digunakan sebagai obat malaria dan lupus.

Malaria sendiri bukan diakibatkan oleh virus. Jadi, kemungkinannya memang kecil untuk membuktikan Hidroksiklorokuin bisa mengatasi Corona.

Meskipun nantinya Hidroksiklorokuin dicampur dengan antibiotik, hasilnya pun tetap sama. Sehingga Hidroksiklorokuin untuk cegah Corona tidak bisa dibuktikan. Oleh karena itu, akan lebih bak jika tidak mengkonsumsi obat Hidroksiklorokuin. Bisa jadi nantinya menimbulkan efek yang lebih parah. (R10/HR-Online)

Loading...