Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruHonda ZR-V Terbaru, Spekulasi, Review, dan Harga Terjangkau

Honda ZR-V Terbaru, Spekulasi, Review, dan Harga Terjangkau

Honda ZR-V terbaru ini mulai menjajal persaingan dalam dunia otomotif dalam jenis crossover. Tampaknya, demam crossover tidak akan pergi meninggalkan pasar industri ini dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Dahulu BMW hanya memiliki X3 dan juga X5 dalam mobil jenis SUV, bahkan untuk saat ini mereka sudah melengkapi dari X1 sampai X7.

Perusahaan mobil yang dahulu tidak memiliki SUV pun, seperti Jaguar dan Bentley, kini mulai mengeluarkan produk SUV mereka.

Untuk perusahaan otomotif yang sudah mendahului, seperti Honda, Toyota, Nissan, dan Mitsubishi, tentu memiliki SUV yang melimpah ruah.

Gebrakan Honda ZR-V Terbaru

Apabila belum lama ini Toyota mengeluarkan jajaran crossover mereka dengan merilis Toyota Yaris Cross, maka berita kali ini hadir dari perusahaan dari Jepang ini, yaitu Honda.

Autoindustrinya terendus di sebuah situs kantor WIPO atau Organisasi Properti Intelektual Dunia. Dimana Honda terdeteksi sedang mendaftarkan mobil baru mereka pada 17 April 2020. Mobil tersebut dinamakan ZR-V.

Baca juga: MG ZS 2020 Akan Hadir, Rival Mobil Honda Masa Depan

Jika berbicara tentang crossover dari Honda ZR-V terbaru, maka perusahaan asal Jepang ini dapat dikatakan memiliki banyak sekali model dari jenis crossover dan tergantung pada pasarnya.

Jika untuk pasar Amerika, Honda mempunyai crossover yang khusus yaitu Pilot dan Passport. Apabila di pasar China, Honda menaruh mobil mereka seperti UR-V, XR-V dan Avancier. Pasar Amerika Latin, ada mobil Honda WR-V yang biasa disebut Jazz GK5 crossover.

Sedangkan untuk pasaran di Indonesia, Honda memiliki Honda BR-V. Sisanya merupakan 2 SUV model global yaitu CR-V dan HR-V yang dapat dijumpai di seluruh belahan dunia, walaupun di Jepang sendiri ada Honda HR-V atau Vezel.

Jika menilik pada nama Honda ZR-V, maka nama ini akan memperbanyak keluarga crossover dari Honda yang berakhiran dengan nama R-V. Sebut saja BR-V, CR-V, HR-V, WR-V, UR-V, XR-V, dan kemudian sekarang ZR-V.

Namun, untuk sekedar diketahui jika urutan huruf tersebut tidak ada kaitannya dengan kasta mobil Honda ini. Namun, karena mobil Honda ZR-V terbaru ini didaftarkan di negara Australia, maka ada kemungkinan mobil crossover ini akan diperuntukkan bagi Australia, Asia, serta Oceania. Tak menutup kemungkinan juga, Indonesia akan menjajal kemampuan crossover terbaru ini.

Spesifikasi Honda ZR-V

Meskipun tidak secara jelas, SUV terbaru ini disebut-sebut akan menggantikan BR-V serta siap diproduksi dan diperuntukkan bagi negara-negara ASEAN. Dalam penjualannya, Honda ZR-V ini  mempunyai harga yang lebih terjangkau.

Walau belum tahu pasti kapan waktu perusahaan Honda ini akan mulai melakukan produksi serta mengenalkan crossover terbarunya tersebut secara luas, namun beberapa dari pabrikan industri otomotif tampak mulai menjajal segmen baru dengan segera mengeluarkan SUV yang ukurannya lebih kecil.

Apabila menilik tentang keluaran Honda yang digadang-gadang memiliki kesamaan dari ZR-V, yaitu Honda BR-V, maka spesifikasinya juga akan diperkirakan hampir sama.

Honda ZR-V terbaru ini diperkirakan memiliki mesin i-VTEC yang berkapasitas 1.5 liter. Dengan mesin jenis ini, dapat dikatakan jika mobil SUV tersebut akan mempunyai konsumsi bahan bakar yang lebih irit serta efisien.

Baca juga: Honda Civic Hatchback RS 2020, Varian Mobil Hatchback Tertinggi

Sehingga Honda ZR-V ini akan lebih terasa nyaman jika dikendarai. Lalu dari segi eksterior, mobil ini juga diperkirakan akan hampir menyamai mobil jenis SUV yang lain.

BR-V saja hampir sama dengan mengadopsi tampilan dari Mobilio dan Honda Jazz, maka Honda ZR-V ini juga akan memiliki model yang sama dengan SUV sebelumnya.

Hanya saja, tampilannya akan menjadi lebih kecil, seperti apa yang sudah dibicarakan. Jika BR-V dapat menampung hingga 7 penumpang, maka dengan bodi atau tampilan yang mungil, Honda ZR-V terbaru diperkirakan akan hanya dapat menampung hingga 5 orang penumpang saja.

Mengingat jika perusahaan Honda selalu mengusung teknologi mutakhir di setiap keluaran mobilnya, maka ZR-V ini akan dipastikan juga memiliki fitur-fitur yang berteknologi canggih dengan harga yang terjangkau.

Honda sebenarnya sudah mempunyai produk crossover entry level yaitu, WR-V yang sudah dijual di India. Bisa saja Honda ZR-Vini pun akan menjadi penerus WR-V.

Namun, juga tidak dipungkiri jika Honda ZR-V terbaru ini akan benar-benar menjadi hasil pengembangan mobil jenis murah dari Honda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -