Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruHP Gaming Black Shark 3 Hadir di Indonesia, Dibekali Snapdragon 865

HP Gaming Black Shark 3 Hadir di Indonesia, Dibekali Snapdragon 865

HP Gaming Black Shark 3 menambah deretan smartphone terbaru yang dirilis di Indonesia. Sebelumnya hadir juga HP Xiaomi Mi 10 di pasar ponsel Tanah Air belum lama ini.

Black Shark sendiri sebelum merambah ke pasar Indonesia, terlebih dulu meluncur di pasar HP China. Smartphone sub brand dari Xiaomi ini bisa menjadi andalan para gamer Indonesia.

Menurut, CEO Black Shark, Harrison Luo, seperti dalam keterangan resmi, bahwa awal tahun 2020 ini, dirilisnya Black Shark 3 tersebut merupakan titik awal untuk tujuan besar yang revolusioner.

“HP Black Shark bakal terus tumbuh dan berkembang bersama dengan komunitas, serta berevolusi lebih jauh bersama dengan industri game,” ucapnya, Jum’at (8/5/2020).

Harga HP Gaming Black Shark 3

Smartphone khusus game ini mulai dijual atau pre-order di Indonesia 8 Mei 2020. Bagi yang ingin mendapatkannya bisa mengunjungi toko online Blibli.com, serta Blibli Black Shark Official Store yang jumlanya terbatas.

Sub Brand Xiaomi ini membuka keran penjualan dengan harga awal selama masa pre-order yaitu Rp 10.999.000. Dengan harga sebesar itu, maka akan mendapatkan aksesoris gratis.

Program aksesoris gratis selama masa prapemesanan ini hanya tersedia untuk 500 orang pembeli pertama, yang sudah memesan smartphone gaming ini di Blibli.com.

Untuk 50 pembeli pertama bakal memperoleh FunCooler, Powerbank, kabel pengisian daya magnetis serta FunFrame.

Sedangkan 51 sampai 150 hanya bakal memperoleh FunCooler Pro dengan harga Rp 699.000. Kemudian pembeli 151-500 pun bakal menerima FunCooler dengan harga Rp 499.000.

Spesifikasi HP Gaming Black Shark 3

Sebagai smartphone gaming, tentu saja Black Shark dalam hal spek serta fitur yang dibawa tidak bakal mengecewakan konsumen.

Sesuai dengan namanya, maka Black Shark 3 ini merupakan generasi ketiga dari keluarganya. Sebelumnya juga dirilis Black Shark dan Black Shark 2.

Sedangkan untuk varian Black Shark 3 juga menghadirkan versi Pro-nya. Yang pasti jika melihat namanya “Pro”, maka spesifikasinya lebih unggul dari versi reguler.

Mengutip dari GSM Arena, bahwa smartphone Gaming Black Shark 3 baik versi reguler atau Pro ini, sudah mendukung jaringan berkoneksitivitas 5G.

Dapur pacu

HP Gaming Black Shark 3 versi reguler mengandalkan Snapdragon 865 (7 nm+), besutan dari Qualcomm yang merupakan prosesor terbarunya.

Otaknya itu dibantu oleh CPU Octa-core Kryo 585 dengan kecepatan maksimal 2.84 GHz. Selain itu disandingkan pula GPU Adreno 650, sehingga tampilan grafis lebih menawan.

Bagian RAM yang merupakan pendukung performa ada 3 pilihan, diantaranya 8 GB/128 GB, 12 GB / 128 GB, dan 12 GB/ 256 GB.

Sedangkan untuk Black Shark 3 Pro tidak berbeda dengan versi regulernya. Namun yang membedakan adalah bagian RAM yang tersedia dalam dua varian, 8 GB / 256 GB dan 12 GB /  512 GB.

Selain prosesornya itu memiliki kemampuan untuk bermain game, juga sudah mendukung jaringan internet berbasis 5G.

Layar

Sementara untuk bagian layarnya, HP Gaming Black Shark 3 memiliki ukuran lebar 6.67 inci dengan panel berteknologi AMOLED.

Tentunya sebagai smartphone gaming layar merupakan salah satu faktor pendukung. Maka resolusi pada display-nya ini mencapai 1080 x 2400 piksel (FHD+), dengan aspek rasio 20:9.

Namun sayangnya Black Shark tidak mengungkapkan apakah produk terbarunya ini diberi pelapis pada bagian layarnya atau tidak. Yang pasti, layarnya itu sudah memiliki refresh rate 90Hz.

Selain itu, keunggulan dari layar pada Black Shark 3 ini sudah dibekali dengan HDR10+, yang merupakan teknologi video High Dynamic Range.

Sementara untuk HP Gaming Black Shark 3 Pro, layarnya lebih luas yaitu berukuran 7.1 inci dengan panel AMOLED.

Selain itu, resolusi layarnya pun lebih tinggi sampai 1440 x 3120 piksel, dengan aspek rasio 19.5:9, dan screen-to-body ratio sampai kurang lebih 83.6 persen.

Sama seperti versi reguler, untuk Black Shark 3 Pro juga sudah mendukung refresh rate 90Hz, serta HDR10+.

Baterai

Pendukung lainnya sebagai smartphone gaming, di sektor daya baterai dibekali dengan kapasitas 4.720 mAh dengan tipe Non-removable Li-Po.

Disediakan pula fast charging atau fitur untuk mengisi ulang daya baterai 65W, yang diklaim bisa mengisi sampai 100 persen hanya dalam waktu 38 menit saja.

Selain itu, dilengkapi pula fast charging 30W yang ada dimodel 8 GB/128 GB. Serta magnetic charging 18W.

Sedangkan untuk HP Gaming Black Shark 3 Pro, dibekali baterai dengan daya lebih besar, yakni 5.000 mAh, tipe Non-removable Li-Po.

Sementara untuk mengisi ulang dengan waktu cepat dibekali fast charging 65W atau sama dengan versi reguler. Selain itu, fitur magnetic charging 18W.

Kamera

Kamera memang bukan faktor utama pendukung Black Shark untuk menjadikan sebagai smartphone gaming.

Namun, tidak ada salahnya jika sektor fotografi tidak diindahkan oleh vendor ini. Sebab, kenyataannya kamera merupakan salah satu faktor yang bisa menjadi daya tarik untuk konsumen.

Untuk HP Gaming Black Shark 3 dan 3 Pro di bagian belakang dipasang triple lensa. Masing-masing antara lain beresolusi 64 MP bukaan f/1.8, 13 MP (ultrawide) dan 5 MP (depth).

Sedangkan kamera depan yang diletakkan sebelah kanan speaker, memiliki resolusi 20 MP dengan bukaan f/2.2 (wide).

Fitur

Sebagai smartphone gaming, maka fitur yang tersedia mayoritas untuk bermain game. Seperti Liquid Cooling System paling baru “Sandwich Cooling”.

Fitur ini memiliki kemampuan untuk meredam overheating ketika digunakan untuk bermain, dengan efisiensi 50 persen untuk cakupan area yang 100 persen lebih luas.

Kemudian fitur “Gaming Experience” yang bisa pengguna dapatkan dengan Pop Up trigger. Selain itu, TrueView Display, True Hardware dan DC Dimming.

Jadi, untuk Anda penggemar game mobile, tidak ada salahnya memiliki HP Gaming Black Shark 3 dan 3 Pro, yang sudah bisa dibeli di Indonesia. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -