HP Vivo G1, Smartphone Anyar Vivo Seri G dengan Otak Exynos 980

HP Vivo G1, Smartphone Anyar Vivo Seri G dengan Otak Exynos 980
HP Vivo G1, smartphone anyar Vivo Seri G dengan otak Exynos 980. Foto:Ist/Net

HP Vivo G1 dikabarkan akan segera meluncur bulan depan. Sebenarnya, terkait dengan keterangan waktu masih belum pasti. Namun beredar kabar bahwa Vivo G1 akan hadir.

Kabar ini tentunya dimuat dalam situs online. Nampaknya Vivo akan melakukan produksi baru yang tidak pernah terpikir sebelumnya.

Menurut Digital Chat Station di Weibo, pihak Vivo akan meluncurkan seri G. Cukup mengejutkan memang, namun siapa yang menyangka jika Vivo terus melakukan inovasi.

HP Vivo G1 Akan Hadir Dalam Seri Baru

Vendor ternama asal China ini memang memiliki perkembangan yang sangat pesat. Tidak heran jika kini Vivo akan meluncurkan seri G meski berada pada kondisi yang kurang kondusif.

Jadi, bisa dibilang peluncuran ini bocor sebelum resmi melakukan debut. Hal ini tentunya memunculkan banyak spekulasi mengenai spesifikasi yang dibawa. Keluarga seri G merupakan jajaran baru. Sehingga bayangan akan spesifikasinya masih diragukan.

Berbicara mengenai spesifikasi, situs online yang mengabarkan Vivo G1 juga memberikan sebuah bocoran. Sepertinya, Vivo G1 akan hadir dengan spesifikasi yang menakjubkan. Tidak hanya itu saja, jaringan 5G nampaknya sudah ditanamkan pada smartphone tersebut.

Model yang akan dibawa juga berbeda dengan jajaran seri yang lainnya. Ada beberapa spekulasi yang menyebutkan bahwa HP Vivo G1 merupakan rebranded dari S6.

Namun hal tersebut belum mendapat kepastian secara jelas. Akan tetapi, spesifikasi yang dibawa berbeda dengan jajaran Vivo S.

Pada situs online tersebut juga memuat keterangan mengenai konfigurasi kamera meski tidak disebutkan secara detail. Vivo G1 diperkirakan akan membawa Quad Camera dengan resolusi 48 MP pada kamera utama. Selanjutnya adalah Ultrawide 8 MP dan dua sensor 2 MP.

Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 32 MP. Kamera depannya telah ditanamkan pada bagian notch. Layar notch memang sedang populer di berbagai smartphone. Berbeda halnya dengan kamera belakang yang di-setup modul lingkaran.

Jika dilihat dari spesifikasinya, HP Vivo G1 memiliki kamera yang mumpuni. Diperkirakan kamera Vivo G1 akan dibekali dengan berbagai fitur layaknya smartphone lain.

Diantaranya adalah Panorama, Dual LED, Dual Tone Flash, hingga HDR. Konfigurasi ini sangat sesuai dengan kebutuhan fotografi. Apalagi dengan resolusi kamera yang begitu besar. Gambar yang dipotret juga lebih jelas dan tajam.

Lain halnya dengan performa. Cukup mengejutkan sebab Vivo G1 akan mengusung chipset unggulan kelas Exynos 980. Kemudian CPU Octa-Core (2×2.2 GHz Cortex-A77 & 6 x 1.8 GHz Cortex A55).

Kemudian performa grafisnya menggunakan Mali-G76 MP5. Spesifikasi bagian performa benar-benar membawa hal baru bagi pecinta smartphone China ini. Sepertinya jajaran seri G ini akan masuk dalam kategori smartphone mid range.

HP Vivo G1, Tampilan dengan Rasio Layar Utuh

Vivo G1 mengusung teknologi Super AMOLED dengan capacitive touchscreen. Kemudian memiliki 16 juta warna yang mampu disesuaikan dengan tampilan.

Selanjutnya adalah ukuran layar yang cukup standar sekitar 6.44 inci. Hal menarik yang telah disematkan adalah fitur HDR dengan 800 nits kecerahan.

Tampilan layar dengan ukuran standar didukung dengan rasio layar yang utuh. Resolusi tampilannya mencapai 1080 x 2400 piksel. Layar yang mengusung tampilan waterdrop memang terlihat lebih elegan.

HP Vivo G1 akan hadir dengan dimensi standar 158,5 x 74,1 8,8 mm. Bobot yang dimiliki sekitar 198,5. Bobot Vivo G1 tidak terlalu berat untuk smartphone sekelas Vivo.

Varian yang akan dihadirkan adalah warna yang beragam. Mulai dari Peach, Biru Muda, hingga warna Hitam.  Pemilihan warna yang kekinian akan membalut desain Vivo G1. Sehingga eksteriornya terkesan mewah dan mengikuti perkembangan zaman.

Sebagai tambahan, Vivo G1 dikabarkan akan membawa kapasitas RAM 8 GB kemudian penyimpanan internal 256 GB. Kapasitas penyimpanan yang besar membuat pengguna tidak perlu khawatir jika akan kehabisan

Begitupun dengan sektor catu daya yang ditanamkan. Vivo telah membenamkan baterai berkapasitas 4.390 mAh dengan pengisian daya cepat hingga 18 W.

Spesifikasi yang dihadirkan tidak terlalu detail mengingat hal ini hanyalah bocoran. Sehingga beberapa spesifikasi diatas adalah prediksi. Namun prediksi tersebut didasarkan pada situs resmi yang mengungkap tentang Vivo G1.

Pihak Vivo pun belum mengkonfirmasi tentang peluncuran HP Vivo G1. Diperkirakan harga yang dibanderol adalah 423 dolar AS atau 3.000 yuan. Waktu dan tempat peluncuran smartphone terbarunya juga belum dijadwalkan. (R10/HR Online)