Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruHyundai i20 N Hadir di Cuaca Ekstrem dengan Spesifikasi Canggih

Hyundai i20 N Hadir di Cuaca Ekstrem dengan Spesifikasi Canggih

Hyundai i20 N tertangkap oleh kamera sedang melakukan uji coba di negara Swedia. Sedangkan seperti diketahui, Swedia sekarang mengalami cuaca ekstrem.

Dimana vendor melakukan uji coba pertamanya pada cuaca yang bersalju. Namun, pengujian tersebut baru dalam tahap prototipe mengenai desain dan performanya.

Uji Coba Hyundai i20 N di Swedia

Pada video uji coba mobil terbarunya, Hyundai tampak menghadirkan sosok pembalap Hyundai WRC yaitu Thierry Neuville.

Pembalap tersebut terekam video sedang mengendarai RM 19, i20, serta i20 N. Menurut informasi yang didapat, Neuville memang sengaja melakukan uji coba terhadap keluaran mobil terbaru Hyundai tersebut.

Hal ini dikarenakan pembalap tersebut memang memiliki kontrak yang sudah diperpanjang oleh Hyundai. Neuville juga mengatakan jika mobil Hyundai i20 N ini sangat menarik.

Terdapat pengoperasian pada handling yang mudah dilakukan. Sedangkan dari segi mesin yang dipakai, berputar dengan sangat baik serta suara yang dihasilkan juga begitu menarik bagi pembalap tersebut.

Bahkan dia juga sangat berharap agar i20 ini dapat dia kendarai di lintasan WRC. Di dalam video tersebut, dia juga mengimbuhkan tentang adanya adegan tambahan yang semuanya baru pada mobil ini.

All New Hyundai i20 terlihat sekilas terdapat penutup kamuflase pada bagian depan dan belakang. Hanya dapat dilihat secara sekilas dari sebagian detail model terbaru tersebut ketika sedang melintasi salju.

Pengujian pada cuaca ekstrem seperti musim dingin bersalju ini ditujukan tentang kehandalan Hyundai i20 N. Uji coba ini juga dilakukan pada awal tahun 2020 ini pada sebuah danau yang beku di Arjeplog, Swedia.

Tempat ini adalah tempat pengujian pada musim dingin yang sangat populer dalam produksi otomotif. Hal ini dikarenakan Arjeplog mengalami cuaca dingin sepanjang tahun.

Sehingga, menjadikan tempat yang paling tepat dan sempurna untuk dilakukan pengujian kendaraan. Bahkan dalam beberapa hari saja, suhu di tempat ini dapat turun sampai minus 30 derajat Celcius.

Tujuan Pengujian Hyundai Terbaru

Tujuan dari pengujian pada musim ekstrem ini adalah agar memastikan jika kendaraan ini dapat bekerja dengan kondisi yang sangat ekstrem.

Produsen mobil tentu harus memastikan dengan benar, produk Hyundai i20 N dapat teruji pada musim panas yang begitu membakar hingga pada jalanan yang sangat dingin dan beku.

Kendaraan memang harus dapat berfungsi pada tiap kondisi iklim apapun. Kecepatan yang tinggi serta belokan yang tajam dapat menempatkan kendaraan dalam tekanan mekanik yang tinggi.

Hal ini dapat dipakai karena kendaraan teruji dalam keadaan yang sulit. Hyundai terbaru ini bisa menyusul keberhasilan i30 dan i30 Fastback N.

Hyundai juga sedang melakukan pengembangan dalam segi versi kinerjanya yang tinggi dari mobil model Eropa paling barunya, yaitu All New i20 N.

Spesifikasi dan Teknologi Canggih Hyundai i20 N

All New Hyundai i20 akan segera dilempar ke pasaran otomotif bulan Mei ini. Mobil ini mengusung desain dengan tema “Sensous Sportiness” yang juga akan diaplikasikan pada line up Hyundai yang lain. Dimana juga akan meluncur beberapa waktu dekat ini.

Dimulai dari desain grill yang begitu menonjol, air intake yang juga lebih besar, serta lampu bagian depan yang mempunyai model sweptback.

Terlihat juga mempunyai kesan yang agresif karena model kap yang dihadirkan dilengkapi dengan garis-garis yang tegas di sekeliling body.

Selain mengadopsi desain baru dari Hyundai, Hyundai i20 N ini memiliki ukuran yang berbeda dari pendahulunya. Mobil terbaru ini mempunyai ukuran 5 mm lebih panjang, 30 mm lebih lebar, serta 24 mm lebih rendah.

Wheel basenya juga terlihat memanjang sekitar 10 mm. Akibatnya, kabin mobil ini menjadi lebih longgar dan lega dengan kapasitas bagasi yang tentunya lebih besar yaitu sekitar 351 liter.

Pada sebelah dashboard sendiri terdapat layar multimedia yang berukuran 10,25 dan berkonektivitas Android Auto dan juga Apple carplay.

Tentu dapat tersambung secara wireless dan sudah dikombinasikan dengan sistem penggunaan sound premium Bose yang mempunyai speaker berjumlah 7 buah serta wireless phone charging.

Tidak hanya itu, All New Hyundai i20 ini juga memiliki banyak fitur keselamatan saat berkendara. Sebut saja adaptive cruise control yang berbasis satnav, sistem speed limiter dan lane following assistance, blindspot collision avoidance, parking collision avoidance, hingga rear-cross traffic alert.

Hyundai i20 N ini akan menawarkan mesin 4 silinder 1200 cc yang dapat menghasilkan tenaga 84 hp. Hal ini diperoleh melalui transmisi manual dari 5 percepatan, akselerasi 0-100 km per jam, serta dalam waktu 13,1 detik. (R10/HR-Online)