Rabu, Desember 1, 2021
BerandaArtikelIngin Bekerja dari Rumah Secara Online? Ini 11 Software Gratis yang Dibutuhkan!

Ingin Bekerja dari Rumah Secara Online? Ini 11 Software Gratis yang Dibutuhkan!

Bekerja dari rumah secara online sebenarnya tak hanya populer saat pandemi Covid-19. Makin banyaknya pengguna internet di tanah air mendorong tingginya orang yang lebih memilih bekerja dari rumah.

Kebijakan pemerintah yang diterapkan sejak virus Corona menyebar di tanah air adalah mengurangi kerumunan orang. Termasuk aktivitas kerja di kantor pun akhirnya dibatasi. Sebagian karyawan pun disarankan untuk bekerja di rumah.

Penerapan work from home (WFH) atau bekerja di rumah menjadi pilihan terbaik agar pekerjaan kantor dan urusan bisnis tetap berjalan meski pandemi Covid-19 belum memperlihatkan tanda menurun.

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan sejumlah daerah lainnya mengharuskan perusahaan dan pelaku bisnis pandai-pandai mengatur pekerjaan karyawannya.

Software Gratis Untuk Bekerja dari Rumah Secara Online

Kesulitan bekerja jarak jauh umumnya adalah pada pola komunikasi. Distribusi tugas dan pengawasan pun hanya bisa dilakukan secara online. Namun agar pekerjaan dari rumah tetap optimal, berikut berbagai software gratis yang bisa dimanfaatkan.

1. Ring Central (www.ringcentral.com)

Software ini telah banyak dimanfaatkan para pendidik dan guru dalam mengadakan video conference dengan peserta didik dalam jumlah banyak. Aplikasi ini juga cocok untuk bekerja dari rumah secara online yang bisa diunduh gratis.

2. Zoom (zoom.us)

Aplikasi atau software gratis ini berfungsi untuk mengadakan rapat atau pertemuan bisnis yang dilakukan secara online. Melalui video conference, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan karyawan dan membagikan tugas penting.

3. LogMeIn (www.logmein.com)

Software untuk video conference GoToMeeting ini disediakan gratis untuk berbagai lembaga dan organisasi non-profit. Termasuk untuk lembaga pendidikan, guru, hingga layanan kesehatan.

4. Google Hangouts (hangouts.google.com)

Aplikasi video conference yang telah disediakan Google ini termasuk berbayar. Namun software versi premium kabarnya digratiskan untuk orang yang bekerja di rumah secara daring sampai Juli 2020. Jadi manfaatkan saja mumpung gratis.

5. Vidyard (www.vidyard.com)

Berkirim pesan penting tak jarang tak cukup dengan chat atau email. Nah, jika Anda ingin mengirim video message untuk membangun komunikasi bisnis internal anda bisa menggunakan software gratis ini.

6. Jamm (jamm.app/en)

Software penting lainnya untuk bekerja dari rumah secara online adalah Jamm. Aplikasi untuk komunikasi audio-visual ini penting untuk mendistribusikan tugas termask untuk para pekerja remote. Tools ini gratis untuk tiga bulan.

7. Slack (slack.com/intl/en-ide)

Untuk Anda yang bekerja secara tim bisa memanfaatkan Slack. Aplikasi ini berguna untuk mendukung kerja kolaborasi dari jarak jauh. Tersedia layanan yang gratis ataupun berbayar, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

8. Zoho (www.zoho.com)

Aplikasi ini termasuk populer sebagai media untuk mengadakan rapat secara online, pelatihan online, pertemuan manajemen proyek. Anda bisa memanfaatkan software gratis hingga Juli ini untuk bekerja dari rumah secara online.

9. Box (www.box.com/home)

Untuk Anda yang membutuhkan aplikasi untuk berkirim file atau data penting secara online, bisa memanfaatkan software ini. Aplikasi yang dijamin keamanannya ini gratis untuk pemakaian tiga bulan saja.

10. Hootsuite (hootsuite.com)

Untuk Anda yang ingin tetap berkomunikasi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan sambil Work From Home (WFH), bisa memanfaatkan Hootsuite. Aplikasi ini disediakan gratis untuk pelaku bisnis kecil sampai Juli 2020.

11. Wave (wave.com)

Untuk Anda yang membutuhkan software finansial gratis namun kaya fitur bisa menggunakan Wave. Aplikasi ini cocok untuk pembukuan, akuntansi, dan pembuatan invoice khususnya untuk perusahaan kecil.

Demikianlah berbagai jenis aplikasi maupun software yang sangat penting untuk menjalankan tugas dan bekerja dari rumah secara online. Aplikasi ini berguna untuk menjaga produktivitas meski pandemi Covid-19 menghadang. (R9/HR Online)

- Advertisment -