Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaArtikelIngin Membuat Nama Brand yang Menarik dan Mudah Dikenal? Baca Ini Dulu!

Ingin Membuat Nama Brand yang Menarik dan Mudah Dikenal? Baca Ini Dulu!

Membuat nama brand yang menarik dan mudah dikenal bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi nama brand akan menjadi simbol kualitas produk dan kepercayaan terhadap bisnis Anda sehingga membuatnya tak bisa sembarangan.

Brand names tak sekedar nama usaha yang Anda bangun dan jalankan. Dari nama usaha inilah masyarakat dan calon pelanggan akan mengingatnya. Dengan mudah diingat, pelanggan akan mencari dan membeli produk Anda.

Tak sedikit perusahaan besar yang membayar jasa konsultan untuk memilih dan membuatkan sebuah nama bisnis yang menarik. Begitu pentingnya nama brand sehingga untuk memilihnya tak jarang membutuhkan waktu yang lama.

Dibandingkan memilih nama anak, membuat nama brand jauh lebih berat dan rumit. Ada banyak pertimbangan untuk menemukan sebuah nama usaha yang bakal menjadi branding produk dan bisnis Anda.

3 Pertimbangan Membuat Nama Brand Yang Menarik

Ada banyak sumber inspirasi nama brand yang bisa dijadikan rujukan. Dari nama brand terkenal hingga penggunaan simbol. Berikut ini sejumlah pertimbangan dalam membuat nama brand yang menarik dan mudah dikenal.

1. Nama Brand Usaha Harus Unik

Keunikan nama brand merupakan pertimbangan pertama dan utama yang harus diperhatikan. Keunikan akan branding nama produk Anda bersifat unik dan berbeda dengan usaha lainnya. Baik untuk produk ataupun jasa.

Untuk membuat nama brand yang unik Anda bisa mencari ide atau inspirasi dari berbagai referensi bisnis yang ada. Anda bisa mengutip nama anak, istri, atau nama Anda yang dikombinasi dengan unsur lain.

2. Nama Brand Bisnis Harus Pendek

Semakin pendek nama brand usaha akan makin memudahkan orang untuk mengingatnya. Meskipun tak ada patokan standar berapa panjang kata dari sebuah nama branding, namun sebaiknya tidak lebih dari tiga kata.

Kalaupun Anda ingin membuat nama brand yang agak panjang dengan berbagai pertimbangan, usahakan agar bisa disingkat dengan nama yang lebih unik. Ada banyak perusahaan yang mempromosikan nama singkatan sebagai branding.

3. Nama Brand Harus Mewakili Bisnis Anda

Selain harus pendek dan unik, nama usaha yang dibuat juga harus mencerminkan inti usaha Anda. Hal ini penting agar pelanggan akan memiliki gambaran bahwa brand Anda terikat dengan bisnis yang Anda tawarkan.

Ada banyak contoh branding produk asuransi yang memasukkan beragam istilah pertanggungan dalam produk yang dijual. Selain akan memudahkan bagi konsumen untuk mengenal, hal ini juga untuk menguatkan branding bisnis.

Pentingnya dan Manfaat Nama Brand yang Menarik

Memilih atau membuat nama brand tidak bisa dilakukan asal-asalan. Selain menjadi simbol dari usaha Anda, nama usaha juga mempertaruhkan kepercayaan dan kredibilitas bisnis yang Anda jalankan.

Ada banyak manfaat memiliki nama brand yang menarik dan mudah dikenal. Berikut ini berbagai manfaat memiliki nama brand yang kuat.

1. Untuk menjadi pembeda khususnya terhadap kompetitor. Terleih dengan makinketatnya persaingan, branding bisa menjadi faktor yang menentukan sukses bisnis Anda.

2. Memilih dan membuat nama brand yang menarik juga untuk membangun citra, kepercayaan, hingga jaminan kualitas dari produk atau usaha Anda.

3. Nama brand yang kuat juga berfungsi untuk mengendalikan pasar. Bahkan saat konsumen telah mengenal dan mempercayai brand usaha Anda, akan memudahkan Anda dalam diferensiasi produk baru.

4. Nama brand yang kuat juga akan lebih memudahkan anda untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

5. Dengan nama brand yang kuat Anda juga lebih mudah dalam menetapkan harga jual yang lebih tinggi tanpa takut kehilangan pelanggan.

Demikianlah sejumlah pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan dalam membuat nama brand usaha yang menarik dan mudah dikenal. Semakin banyak referensi akan memantapkan nama yang dipilih. (R9/HR Online)