Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita BisnisIngin Mencari Peluang Usaha Baru di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Pilihannya!

Ingin Mencari Peluang Usaha Baru di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Pilihannya!

Tak sedikit orang yang bingung mencari peluang usaha baru. Ketimbang menganggur akibat pandemi virus Corona kenapa tidak mencoba peluang usaha baru yang bisa memberikan penghasilan yang cukup.

Musibah pandemi virus Corona tak hanya menyebabkan banyaknya orang yang terpapar dan terinfeksi virus yang sangat menular ini. Kondisi ini juga menyebabkan banyak perusahaan menghentikan operasionalnya.

Akibatnya, jumlah pengangguran semakin bertambah banyak. Selain itu mencari uang dengan usaha baru pun tidak mudah akibat adanya larangan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diterapkan untuk menghambat penyebaran virus Corona.

Alternatif Mencari Peluang Usaha Baru

Di tengah berbagai kendala dan pembatasan sosial akibat pandemi Corona tentunya tak mudah menjalankan sebuah usaha. Nah, berikut ini alternatif mencari peluang usaha baru yang bisa menjadi pilihan menarik.

1.Bisnis Masker Kain

Setelah pemerintah menyerukan penggunaan masker kain sebagai pengganti masker medis yang terbatas jumlahnya, permintaan masyarakat pun melonjak. Masker kain masih efektif mencegah penularan Covd-19 via droplet penderita.

Besarnya permintaan terhadap masker kain ini mendorong banyak orang untuk membuatnya. Nah kamu juga bisa bisa memanfaatkan peluang ini, baik dengan membuat sendiri atau menjualnya saja.

2. Bisnis Hand Sanitizer

Kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap larutan hand sanitizer juga meningkat tajam sejak virus Corona menyerang. Bahkan saat ini berbagai tempat publik disediakan larutan ini untuk mencegah penyebaran virus menular ini.

Tak sedikit pula kampung dan wilayah yang menyediakan hand sanitizer bagi pendatang yang masuk ke suatu wilayah. Yang menarik, hand sanitizer bisa dibuat sendiri dan dijualnya untuk Anda yang mencari peluang usaha baru.

3. Bisnis Herbal

Untuk mencegah dan melindungi diri terhadap paparan virus Corona, mengonsumsi ramuan herbal sangat disarankan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pedagang rempah di pasar banyak diserbu masyarakat yang membutuhkannya.

Dari pada bingung mencari peluang usaha baru kenapa tidak memanfaatkan peluang ini? Jika Anda ahli membuat ramuan herbal Anda bisa membuatnya sendiri. Jika tidak, tinggal cari saja produsen herbal di internet.

Ramuan herbal yang ampuh dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal serangan virus antara lain jahe, kunyit, kencur, atau temulawak. Anda bisa menjualnya dalam bentuk kemasan bubuk yang lebih praktis.

4. Bisnis Makanan Beku (Frozen Food)

Untuk Anda yang sedang mencari peluang usaha baru bisa mencoba bisnis makanan beku atau frozen food. Makanan ini banyak dibutuhkan masyarakat di tengah pembatasan sosial dan perintah isolasi diri di rumah.

Selain awet untuk jangka lama, makanan beku juga untuk mengamankan kebutuhan pangan keluarga. Dengan adanya “larangan keluar rumah”, Anda bisa menawarkan layanan antar yang akan memudahkan keluarga yang membutuhkan.

5. Bisnis Online

Bisnis online termasuk sektor usaha yang lebih tahan terhadap kondisi krisis saat pandemi Covid-19. Penduduk yang lebih banyak beraktivitas di rumah justru meningkatkan penggunaan internet, termasuk untuk berbelanja.

Anda yang sedang mencari peluang usaha baru bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan internet untuk berbisnis online. Baik dengan membuka lapak di e-commerce, membuat toko online, ataupun menggunakan media sosial.

Untuk produk yang dijualnya adalah barang-arang di atas yang memang sedang banyak dibutuhkan masyarakat. Seperti membuka lapak herbal di Bukalapak atau menjual masker kain di Tokopedia.

Untuk menjual makanan beku yang harus cepat sampai ke konsumen, anda bisa memanfaatkan grup-grup di Facebook atau menawarkan di Instagram dan Whatsapp. Bahkan tak sedikit permintaan herbal via Facebook yang cukup ramai.

Itulah berbagai pilihan bisnis yang potensial untuk Anda yang sedang mencari peluang usaha baru. Meski pandemi Covid-19 merupakan musibah namun peluang bisnis ini sangat dibutuhkan masyarakat dan bisa memberikan keuntungan di tengah krisis. (R9/HR Online)

- Advertisment -