Investasi Emas di Pegadaian Untuk Tabungan Masa Depan yang Aman

Investasi Emas di Pegadaian Untuk Tabungan Masa Depan yang Aman
Investasi emas di pegadaian untuk tabungan masa depan yang aman. Foto:Ist/Net

Menanamkan investasi emas di pegadaian merupakan salah satu bentuk investasi yang aman dan terpercaya.  Saat ini makin banyak orang memilih investasi emas karena bisa menjadi aset penting dalam menyimpan kekayaan.

Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk menambah pundi-pundi rupiah yang sangat menggiurkan. Tidak hanya pengusaha saja yang dapat berinvestasi, kini anak muda dan ibu rumah tangga dapat melakukannya juga.

Menanamkan investasi berupa emas di pegadaian termasuk alternatif yang aman dilakukan selain dengan emas Antam. Selain lembaganya yang jelas dan terpercaya, pegadaian cukup familier bagi kebanyakan masyarakat.

Ragam Produk Investasi Emas di Pegadaian

Ada beberapa produk investasi emas yang saat ini ditawarkan pegadaian. Jika Anda tertarik untuk menanamkan investasi emas di pegadaian Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini ragam produknya.

1. Mulia

Mulia merupakan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai, diangsur, kolektif (arisan) dengan jangka waktu yang fleksibel. Layanan ini menyediakan beberapa pilihan emas batangan dengan kadar berat mulai 5 gram hingga 1 kg.

2. Mulia Arisan atau Kolektif

Layanan ini diberikan untuk nasabah yang ingin membeli emas dengan cara diangsur. Pelayanan ini dilakukan oleh investor atau kelompok dengan minimal 6 orang anggota. Ada pilihan berat kadar emas yang bisa dipilih untuk investasi.

3. Tabungan Emas

Produk tabungan emas berupa layanan pembelian dan penjualan emas yang dilengkapi fasilitas titip dengan biaya rendah. Cukup dengan menyerahkan fotokopi kartu identitas Anda bisa mulai berinvestasi emas di pegadaian.

4. Konsinyasi Emas

Konsinyasi emas merupakan produk yang melayani penitipan hingga penjualan emas batangan di pegadaian. Menariknya, keuntungan hasil penjualan emas batangan akan langsung diberikan kepada nasabah sehingga emas yang dimiliki lebih produktif.

Sistem produk ini agak berbeda dengan produk lainnya, yaitu dengan konsinyasi titip jual. Misalnya, jika pegadaian bisa menjual emas yang Anda titipkan, keuntungan penjualan emas akan diberikan untuk Anda dengan konsinyasi untuk pegadaian.

Alasan Memilih Investasi Emas di Pegadaian

Tawaran pegadaian untuk investasi emas belakangan menarik minat masyarakat. Namun tahukah Anda apa saja kelebihan berinvestasi emas di pegadaian? Yuk cari tahu di sini.

1. Harga Pembelian Emas yang Terjangkau

Untuk bisa menanamkan investasi emas ternyata bisa dilakukan dengan setoran mulai Rp 5.000. Setelah setoran mencapai nilai yang setara dengan harga 1 gram emas, Anda bisa langsung mencairkannya.

2. Bisa Memilih Emas Bersertifikat

Menanamkan investasi emas di pegadaian bisa dilakukan dengan memilih emas yang telah memiliki sertifikat. Hal ini penting karena tidak mudahnya membedakan antara emas yang asli dengan yang imitasi atau tiruan.

3. Mudah Dicairkan

Tabungan emas di pegadaian bersifat liquid yang artinya mudah untuk dicairkan. Mencairkan investasi dengan emas jauh lebih mudah dibandingkan bentuk investasi lain seperti properti.

Meskipun berinvestasi emas di pegadaian aman dan terpercaya, namun ada juga kekurangannya yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa kelemahan investasi model ini.

1. Adanya Berat Minimal

Untuk mencairkan atau mencetak emas yang ditanamkan dalam tabungan, Anda diharuskan memiliki saldo minimal yang setara nilainya dengan harga 5 gram emas. Jika belum tercapai tentunya tidak bisa dicairkan.

2. Terpengaruh Kurs Jual dan Kurs Beli

Pegadaian juga memiliki kurs jual dan beli emas yang mesti diperhatikan. Jika Anda ingin berinvestasi di pegadaian, maka perhitungannya dilakukan dengan memperhatikan selisih pada kurs jual dan beli tersebut.

Meskipun terdapat kelemahan pada sistem investasi yang ditawarkan pegadaian, namun investasi emas di pegadaian tetaplah lebih aman. Cara investasi emas ini merupakan pilihan terbaik untuk jangka panjang. (R9/HR Online)