Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita CiamisJalan di Desa Rawa Ciamis Rusak, Berlubang dan Batu Berserakan

Jalan di Desa Rawa Ciamis Rusak, Berlubang dan Batu Berserakan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Akses jalan kabupaten di sepanjang lintas Dusun Parungsari, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, kondisinya rusak parah. Sepanjang badan jalan penuh dengan lobang dan batu berserakan.

Khawatir menjadi pemicu terjadinya kecelakaan dan kerusakan bertambah parah, para pengguna jalan meminta agar Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat segera memperbaikinya.

Rohman, pengguna jalan asal Desa Maparah, mengatakan, rusaknya jalan kabupaten di lintas Dusun Parungsari, sudah berlangsung lama.

Menurutnya, kerusakan mulai dari Blok Cimori kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Di sepanjang jalan penuh dengan lobang dan batu kerikil yang berserakan.

Sehingga jika melewati jalan tersebut, kata Rohman, pengguna jalan harus ekstra hati-hati. Karena jalannya rusak parah dan berlubang.

“Diharapkan, sebelum kerusakannya bertambah parah, pemerintah segera memperbaikinya. Apalagi jalan ini merupakan akses menuju banyak lembaga pendidikan serta akses menuju pasar,” katanya.

Henda, warga setempat, mengatakan, jalan tersebut sebelumnya pernah diperbaiki. Namun tidak mampu bertahan lama, sebab banyaknya kendaraaan bermuatan berat yang melintas, sehingga kembali rusak.

Dengan kondisi saat ini, kata Henda, setiap melewati jalan tersebut mau tidak mau laju kendaraan menjadi lambat. Karena kondisi jalannya rusak dan berlubang.

Bagi pengendara yang tidak berhati-hati, tidak menutup kemungkinan rusaknya jalan jadi pemicu terjadinya kecelakaan.

“Mengingat akses tersebut sangat vital, diharapkan jalan menuju lembaga pendidikan dan pasar mulus, sehingga mudah dilalui dan usahapun menjadi lancar,” katanya.

Kaur Ekbang Desa Rawa, Ade Saepudin, ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, membenarkan, kondisi jalan tersebut sudah rusak.

Menurut Ade, Pemerintah Desa Rawa sudah mengusulkan jalan tersebut agar cepat diperbaiki, sehingga kerusakannya tidak semakin bertambah parah.

“Mudah-mudahan saja di tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Ciais segera memperbaiki jalan tersebut. Sebab jalan tersebut akses perekonomian warga,” pungkasnya. (dji/Koran HR)

- Advertisment -