Jelang PSBB di Ciamis, Warga Banjaranyar Pasang Portal Jalan

Jelang PSBB di Ciamis
Portal jalan menuju Desa/Kecamatan Banjaranyar, kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jelang PSBB di Ciamis, Jawa Barat, Pemerintah Desa/Kecamatan Banjaranyar beserta petugas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 memperketat penjagaan akses jalan menuju wilayah desa.

Pemdes Banjaranyar membuat portal (pintu) jalan untuk mempermudah melakukan pendataan warga, baik yang keluar maupun yang masuk ke wilayah desa Banjaranyar. 

Pantauan HR Online di lapangan, penjagaan yang dilakukan oleh petugas di lokasi portal pun diperketat. Tak sedikit warga yang akan masuk maupun keluar disuruh balik arah ketika mereka kedapatan tidak menggunakan masker.

Ketua BPD Desa Banjaranyar yang juga ketua koordinator kegiatan. Oky Herna Suganda kepada HR Online, Selasa (05/05/2020) mengatakan, pembuatan portal tersebut bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona ketika PSBB diberlakukan.

“Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran virus Corona ke wilayah desa kami. Jadi portal ini bertujuan untuk memberhentikan semua wargam baik yang masuk maupun keluar desa Banjaranyar. Serta mempermudah melakukan pendataan kepada setiap warga yang baru datang dari kota,” katanya.

Dikatakan Oky, petugas yang piket di lokasi portal bukan hanya petugas relawan Covid-19 saja, namun melibatkan warga lainnya, karena portal tersebut dijaga selama 24 jam secara bergiliran.

“Saat warga yang baru datang dari kota, kami melakukan pendataan di lokasi portal. Pendatang tersebut kami berikan sebuah surat perjanjian untuk taat terhadap aturan, dimana dalam perjanjian tersebut warga yang baru datang diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari, serta diwajibkan selalu menggunakan masker, dan mereka nantinya akan kami pantau terus selama masa isolasi berjalan,” katanya.

Sebelum mengisi formulir, kata Oky, pihaknya juga memberikan arahan serta pengertian kepada pendatang agar mematuhi dan melaksanka aturan yang tertuang.

“Untuk kegiatan pemortalam jalan ini kami sepakati sampai tanggal 19 Mei mendatang sesuai penerapan PSBB di Ciamis,” katanya.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ciamis sendiri bakal dimulai Rabu, 6 Mei 2020 sampai 19 Mei 2020 mendatang. (Suherman/R7/HR-Online)