Jenis dan Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus Yang Wajib Diketahui

Jenis dan Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus Yang Wajib Diketahui
Jenis dan penyebab sakit kepala terus menerus yang wajib diketahui. Foto:Ist/Net

Penyebab sakit kepala terus menerus bisa karena banyak faktor. Begitu juga dengan gejala maupun jenis sakit kepala terus menerus juga ada banyak ragamnya. Meskipun banyak orang yang mengalaminya namun sebaiknya gangguan ini diwaspadai.

Gangguan yang menyerang bagian kepala merupakan salah satu yang sering dialami banyak orang. Gejala ini juga merupakan tanda yang umum dialami akibat penyakit maupun gangguan yang dialami tubuh.

Namun jika gangguan sakit kepala berlangsung terus menerus perlu dicari pemicunya. Selain sangat mengganggu, sakit kepala yang berkepanjangan bisa karena adanya gangguan penyakit yang lebih serius.

Faktor Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Pusing atau sakit kepala memang merupakan gejala yang lumrah. Namun jika berkepanjangan tentunya perlu dicari yang memicunya. Ada berbagai faktor penyebab sakit kepala terus menerus yang wajib diketahui.

Antara lain karena faktor fotofobia atau sensitivitas terhadap cahaya atau suara, mata merah, keringat berlebih, hidung berair atau pilek, ataupun karena mual dan muntah.

Sampai saat ini sakit kepala berkepanjangan mungkin tidak disebabkan oleh faktor tunggal melainkan karena banyak sumber. Adanya tekanan maupun rasa nyeri akibat ketegangan otot di kepala dan leher juga bisa pemicunya.

Penyebab sakit kepala terus menerus lainnya juga bisa karena faktor genetik, adanya perubahan hormon secara drastis, perubahan cuaca, tidur tidak berkualitas, stres, minum kafein berlebihan, ataupun karena konsumsi obat tertentu secara berlebih.

Jenis Sakit Kepala Berkepanjangan

Sakit kepala terus menerus ternyata juga banyak jenisnya. Perbedaan ini bisa dikenali dari ciri atau tanda yang dirasakan akibat gangguan ini. Yuk cari tahu apa saja jenis sakit kepala terus menerus.

1. Sakit Kepala Kluster

Sakit kepala kluster merupakan jenis sakit kepala berkepanjangan dengan rasa sakit pada sebagian satu sisi kepala. Sakit kepala umumnya juga tidak tunggal dan gangguan ini bisa terjadi selama sepekan atau sebulan.

2. Sakit Kepala Tegang Kronis

Salah satu jenis sakit kepala terus menerus yang banyak terjadi sakit kepala tegang kronis atau tension headache. Gangguan ini dicirikan dengan adanya tekanan atau ketegangan di sekitar leher atau pundak.

3. Migrain

Jenis sakit kepala berkepanjangan lainnya adalah migrain yang menyerang salah satu sisi kepala saja. Berbeda dengan sakit kepala lainnya, nyeri pada migrain seperti ditusuk benda tajam.

4. Sindrom Pascatrauma

Penyebab sakit kepala terus menerus jenis ini karena terjadinya trauma pada kepala. Sindrom pascatrauma bisa menyebabkan kepala sering sakit dan ini berlangsung lama atau berulang sehingga sangat mengganggu.

5. Hemicrania Continua

Hemicrania continua hampir mirip dengan migrain dan juga menyerang sebagian sisi kepala. Sedangkan rasa sakit yang dirasakan berlangsung terus menerus meski kadang naik namun kadang turun juga.

Solusi Mengatasi Sakit Kepala Terus Menerus

Untuk mengetahui dan memastikan nyeri kepala yang terus menerus tentunya perlu pemeriksaan medis. Karena itu penting untuk segera memeriksakan ke dokter untuk memastikannya.

Mungkin dokter akan meminta untuk pemeriksaan CT-scan atau MRI yang berguna untuk mencari pemicunya apakah akibat trauma kepala, adanya  gangguan saraf atau infeksi, atau karena faktor lainnya.

Selanjutnya dokter akan memberikan obat sakit kepala baik dari golongan antidepresan, nonsteroidal anti-inflammatory drugs, atau yang lain. Terapi lain mungkin juga akan diberikan seperti bio feedback, stimulasi saraf, atau akupunktur.

Selain pengobatan yang diberikan dokter, untuk mengatasi sakit kepala berkepanjangan juga perlu didukung perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Tak jarang penyebab sakit kepala terus menerus karena kebiasaan tak sehat yang kita lakukan. (R9/HR Online)