Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan Yamaha Bolt, Inilah Spesifikasi Lengkapnya

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Bolt, Inilah Spesifikasi Lengkapnya

Kelebihan dan kekurangan Yamaha Bolt ini tentunya menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh para pecinta otomotif, terutama pecinta Yamaha.

Perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif asal Jepang ini sudah meluncurkan begitu banyak model atau jenis motor yang sangat laku di pasaran.

Baru-baru ini Yamaha sedang memperkenalkan produk terbarunya untuk jenis moge alias motor gede. Produk itu diberi nama Yamaha Bolt.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Bolt

Motor yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada akhir tahun 2019 lalu, Yamaha Bolt sudah langsung menarik perhatian konsumen motor.

Kelebihan Yamaha Bolt

Bagi mereka yang sangat menanti produk terbaru ini, terutama kalangan pecinta Yamaha, tentu Bolt dapat menjawab rasa penasaran mereka. Dengan melihat saat peluncurannya, maka dapat dikatakan jika Bolt sendiri mengalami perbedaan dari segi konsep.

Konsep tersebut adalah menjadi cruiser yang mempunyai tenaga dengan desain yang sederhana. Di pasar negara asalnya, Jepang, Yamaha Bolt dikuatkan oleh adanya mesin V-twin OHC yang berpendingin udara serta memiliki kapasitas maksimal 941 cc.

Mesin dari kelebihan dan kekurangan Yamaha Bolt ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 52 ps dan dengan torsi maksimal 8.2 kgm. Berkat akselerasi cepatnya, mesin ini dapat memberikan sensasi yang membuat jantung berdebar cepat.

Yamaha memberikan 4 tipe Bolt dan termasuk standar serta R-Spec dengan opsi masing-masing yang dilengkapi rem ABS. Warna yang diusung ada dua varian saja, yaitu warna putih dan hitam untuk jenis standar serta abu-abu hitam untuk R-Spec.

Ukuran dari Bolt ini adalah memiliki panjang 2.290 mm, lebar 830 mm, serta tinggi 1.120 mm. Tinggi jok yang dimiliki oleh motor gede ini 690 mm. Berat dari motor ini adalah 251 kg lengkap dengan ABS. Namun jika tidak dengan ABS, hanya memiliki berat 247 kg.

Yang lebih menarik lagi, motor ini dilengkapi oleh beberapa pilihan aksesoris yang dimodifikasi, seperti tangki bensin hingga ada 10 warna yang berbeda. Sedangkan dari segi harga, motor keluaran Yamaha Bolt ini dijual mulai 899.640 yen yaitu sekitar Rp 104 juta hingga Rp 115 juta.

Kelebihan dan kekurangan Yamaha Bolt ini juga memiliki tampilan yang langsing dengan pemakaian ban belakang yang lebar.

Salah satu yang membuat kesan mewah dan modern adalah velg yang dikombinasikan warna silver dan hitam. Ada juga instrumen cluster LED yang berbentuk bulat, sehingga membuat tampilannya berkesan modern.

Kekurangan Yamaha Bolt

Karena motor ini ditujukan untuk kesederhanaan, maka fitur-fitur yang diberikan pun tidak begitu banyak. Aksesori yang menempel pun hampir tak ada.

Yang berbeda hanya terletak pada jok yang memiliki 2 seater. Karena tampilan Bolt ini hampir telanjang, maka Yamaha sendiri menjual aksesoris Bolt agar memenuhi cita rasa penggemar motor modifikasi.

Dapat diartikan jika motor Yamaha Bolt ini bagai lembaran kertas putih yang masih harus diberikan aksesoris agar terlihat keren dan modern. Aksesoris yang dijualnya pun terpisah, diantaranya tempurung lampu bagian depan, jok, serta grip pada setang pijakan kaki.

Spesifikasi Lengkap Yamaha Bolt

Adapun spesifikasi yang lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Yamaha Bolt dapat diketahui dari penjelasan sebagai berikut.

Bolt mempunyai dapur pacu tipe 58 cubic inch (942 cc) Air Cooled 4-stroke, SOHC, V-Twin, 4-valve. Rasio Kompresi yaitu 9:0:1 dengan Fuel Delivery Injeksi. Sroke x Broke 83.0 x 85.0 dengan pengapian TCI atau Transistor Controlled Ignition.

Sedangkan transmisinya 5 speed multiplate wet cluth. Dilengkapi juga suspensi depan Telescopic Fork yaitu 4.7 in travel.  

Sementara pada suspensi belakang 2.8 In Travel Dual Shocks. Lalu rem depan dan belakang adalah 298 mm dengan Wave Type Disc.

Kelebihan dan kekurangan Yamaha Bolt juga memiliki tipe ban depan 100/90-19 M/C 57 H. Sedang ban belakang 150/80-16 M/C 71 H.

Motor Yamaha ini memiliki panjang 90.2 inci, lebar 37.2 inci, serta tinggi 44.1 inci. Tinggi joknya sendiri adalah 27.2 inci serta mempunyai sumbu roda 61.8 inci dan berat basahnya mencapai 540 lb.

Yamaha memang termasuk salah satu produsen otomotif yang sangat terkenal dan populer di kalangan para pecintanya, bahkan hampir produk yang mereka keluarkan mendapatkan respon positif dari konsumen.

Namun, tak ada salahnya jika kita menilik apa saja kelebihan dan kekurangan Yamaha Bolt yang sudah diluncurkan di Jepang tersebut. Jangan sampai kita membeli sebuah produk yang asal-asalan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -