Kelebihan Motor Listrik Gesits, Berkelas dan Ramping

Kelebihan Motor Listrik Gesits
Motor Listrik Gesits. Foto: Net/Ist

Kelebihan motor listrik Gesits merupakan hal yang sekarang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Sepeda motor listrik ini sangatlah berbeda dengan sepeda motor listrik pada umumnya di Indonesia.

Hal ini berbeda karena motor listrik ini menggunakan V-belt dalam menyalurkan tenaga motor listrik pada ban belakangnya. Lain dengan sepeda motor listrik pada umumnya yang motor listriknya ada di bagian belakang dan dapat dikatakan menyatu bersama vleg.

Kelebihan Motor Listrik Gesits

Ini adalah salah satu dari karya anak bangsa yang bergerak dalam bidang transportasi. Dimana berupa sebuah sepeda motor listrik Gesits. Sepeda motor ini dibuat atau diproduksi oleh PT WIKA Industri dan Konstruksi.

Perusahaan tersebut kemudian menjalin kerjasama dengan PT Gesits Technologies Indo (GTI) dan juga ITS, sebagai salah satu perusahaan yang berada di bawah naungan dari Garasindo Group.

Sebelum membahas tentang kelebihan motor listrik Gesits, maka ada lebih baiknya jika kita mengetahui proses perakitannya. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Perakitan sepeda motor listrik Gesit ini berada di sebuah pabrik yang terletak pada kawasan industri terpadu di PT WIKA (Persero) yang mempunyai luas lahan 30 hektar di Cileungsi, Bogor.

Dalam langkah awal, pabrik tersebut akan memakai salah satu dari bangunan yang mempunyai luas 2400 meter persegi tersebut sebagai tempat yang berguna dalam proses penerimaan komponen, merakit kendaraan, serta menguji dalam tahap akhir.

Kelebihan motor listrik Gesits memang mengejutkan. Motor yang sudah dirakit, lalu diletakkan dan dipersiapkan fasilitas sebuah gudang penyimpanan sementara yang memiliki luas 1400 meter persegi.

Disamping itu, PT WIKA Industri dan Konstruksi dapat memproduksi lebih dari 50 ribu unit sepeda motor listrik Gesit selama per tahunnya.

Untuk langkah ke depannya, kapasitas produksi sengaja akan dikembangkan sampai sanggup mencapai angka produksi sekitar 100 ribu unit per tahunnya.

Kelebihan Sepeda Motor Gesit

Sepeda motor listrik ini sendiri direncanakan akan mulai produksi pada tahun depan. Lantas apa saja kelebihan dari sepeda motor ini? Berikut adalah beberapa penjelasannya.

Monitoring System

Ini berupa sektor panel yang termasuk kelebihan motor listrik Gesits yang mungkin akan berbeda dengan motor matik yang biasanya.

Apabila menilik dari pernyataan kepala Laboratorium Sistem Otomatis Industri ITS, sepeda motor ini diproduksi dengan menggunakan tenaga pekerja sebanyak 20 orang dalam satu tim ITS.

Gesits akan mengandalkan pada speedometer yang memiliki indikator terhubung dengan sistem Android. Hal ini pastinya adalah sebuah terobosan yang dapat menjadikan nilai lebih dari Gesits ini.

Oleh karena itu, pengguna akan dapat mengunduh software speedometer yang terhubung dengan smartphone. Sehingga, pengguna dapat terus mengetahui status dari motor listrik ini. Pada panel indikator dibentuk dari Monitor system yang dilengkapi oleh prosesor 1 GHz.

Disamping itu, kedepannya panel indikator yang termasuk kelebihan motor listrik Gesits ini akan muncul pada smartphone dengan tampilan model digital yang informatif dan modern. Di dalam indikator tersebut, memberitahukan informasi tentang kecepatan, rpm, serta kapasitas baterai.

Dengan hal itu, maka akan ada kemungkinan jika pada sektor panel indikator spesifikasi dari Motor Gesits ini mengandalkan pada smartphone Android. Hal ini adalah nilai tambah dari motor ini kepada calon pembeli.

Battery Management System

Hal yang paling menarik lagi adalah dalam sekali isi ulang pengisian baterai, pemakai bisa mengendarai sepeda motor listrik ini dalam jarak 80-100 kilo meter.

Sehingga, dapat dikatakan jika pemakaian energi cukup efisien. Hal seperti ini dapat menjadi bahan alternatif bagi pemakai selain menggunakan sepeda motor matic yang bermesin bensin.

Tak hanya itu saja, motor listrik Gesits ini juga akan dilengkapi jenis baterai Lithium Ion yang mempunyai kekuatan kapasitas sampai lima ribu WH. Dalam memperoleh daya kapasitas itu, memerlukan waktu untuk pengisian sekitar 3-4 jam.

Chassis

Gesits ini akan dibekali dengan rangka yang kuat yang mengusung chassis tubular sehingga dapat mengangkut kapasitas sampai 150 kilo gram.

Rangka tubular inilah yang membentuk dimensi yang berukuran panjang 1.910 mm, dengan lebar 695 mm dan tinggi 1.110 mm, serta mempunyai berat 120 kilo gram. Jika menilik dari kelebihan motor listrik Gesits ini, akan menciptakan gaya dari sepeda motor yang ramping. (R10/HR-Online)

Loading...