Kenali Gejala dan Penyebab Leukosit Tinggi serta Langkah Menurunkannya

Kenali Gejala dan Penyebab Leukosit Tinggi serta Langkah Menurunkannya
Kenali gejala dan penyebab leukosit tinggi serta langkah menurunkannya. Foto:Ist/Net

Meskipun penyebab leukosit tinggi bisa dari banyak faktor namun perlu diwaspadai. Berlebihannya jumlah leukosit tinggi justru akan membuat fungsinya sebagai pertahanan tubuh tidak optimal.

Leukosit atau sel darah putih merupakan sel yang ikut membentuk komponen darah. Normalnya jumlah leukosit dalam darah orang dewasa ada sekitar 3.500 hingga 10.500.

Leukosit terbentuk dari sumsum tulang yang kemudian beredar di dalam seluruh aliran darah. Leukosit merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh karena berfungsi melawan berbagai serangan penyakit infeksi.

Sangat penting mengenali penyebab leukosit tinggi karena hal ini bisa menjadi pertanda seseorang menderita penyakit tertentu. Penyakit leukemia misalnya, jumlah leukosit melonjak drastis hingga mencapai 50.000 sel.

Berbagai Penyebab Leukosit Tinggi

Leukosit sebenarnya terbentuk atau terdiri dari 5 komponen. Antara lain neutrofil, limfosit, eosinofil, monosit, dan basofil. Masing-masing unsur ini ikut menentukan jumlah leukosit dalam sel darah.

Jika masing-masing komponen mengalami lonjakan jumlah, maka leukosit juga akan menjadi tinggi. Nah, berikut ini beberapa penyebab leukosit tinggi yang perlu Anda tahu.

1. Meningkatnya Jumlah Neutrofil

Leukosit menjadi tinggi bisa akibat meningkatnya jumlah neutrofil. Seperti saat infeksi bakteri, infeksi virus, asam urat, cedera fisik, pemulihan pasca operasi, radang tiroid, demam rheumatik, rheumatoid arthritis, leukemia mielositik kronik, stress akut, eklampsia, atau koma pada wanita hamil.

2. Tingginya Jumlah Monosit

Penyebab lainnya juga bisa karena jumlah monosit yang tinggi. Seperti pada serangan infeksi virus, infeksi bakteri kronis, tuberkulosis, infeksi parasit, leukemia, dan peradangan kronis.

3. Jumlah Limfosit Yang Tinggi

Penyebab tingginya leukosit juga bisa terjadi akibat jumlah limfosit tinggi. Seperti pada penderita infeksi virus, infeksi bakteri, kanker darah, limfoma, demam kelenjar, maupun hepatitis.

4. Tingginya Jumlah Eosinofil

Selain itu penyebab leukosit tinggi juga bisa akibat jumlah eosinofil yang tinggi. Terjadinya infeksi parasit, leukemia myelogenik kronik, sindrom hipereosinofilia, reaksi alergi, dan penyakit addison menyebabkan leukosit naik.

5. Jumlah Basofil Naik Tinggi

Penyebab tingginya leukosit juga bisa akibat jumlah basofil yang tinggi. Penyakit cacar air, reaksi alergi, peradangan kronis, leukemia myelogenik kronik, dan penyakit mieloproliferatif menyebabkan naiknya leukosit.

Selain karena komponen leukosit yang berubah, penyebab leukosit tinggi bisa karena faktor lainnya. Antara lain karena myelofibrosis atau kelainan pada sumsum tulang, kebiasaan merokok, maupun konsumsi obat tertentu, seperti Kortikosteroid dan Epinefrin.

Gejala Leukosit Tinggi

Pada dasarnya meningkatnya jumlah leukosit menunjukkan adanya pelonjakan produksi leukosit dalam melawan serangan infeksi yang datang. Adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh juga membuat produksi leukosit meningkat.

Leukosit yang tinggi umumnya tidak selalu disertai munculnya gejala. Namun ada sejumlah gejala leukosit tinggi yang paling sering terjadi dan mudah dikenali.

Diantaranya tubuh terasa lemah, sakit kepala, demam, memar, perdarahan, berkeringat, pingsan, lengan dan kaki terasa sakit atau kesemutan, sulit berkonsentrasi, pandangan terganggu, kesulitan bernapas, nafsu makan hilang, berat badan turun drastis.

Langkah Menurunkan Leukosit Tinggi

Sedangkan untuk menurunkan leukosit tinggi tergantung pada penyebabnya. Berikut adalah contoh obat leukosit tinggi yang bisa Anda gunakan, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Leukosit tinggi akibat infeksi bakteri : obat antibiotik

2. Leukosit tinggi akibat reaksi alergi : obat antihistamin

3. Leukosit tinggi akibat efek samping obat : penghentian atau penggantian obat

4. Leukosit tinggi akibat peradangan : obat antiradang

5. Leukosit tinggi akibat leukemia : kemoterapi, radioterapi, dan transplantasi sumsum tulang

Demikian informasi seputar penyebab leukosit tinggi yang sebaiknya diketahui. Dengan mengenali gejala yang timbul, langkah atau cara menurunkannya bisa dilakukan dengan cepat dan efektif. (R9/HR Online)