Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita CiamisKepergok Mencuri Motor, Maling di Ciamis Ditangkap dan Dihajar Massa

Kepergok Mencuri Motor, Maling di Ciamis Ditangkap dan Dihajar Massa

Berita Ciamis, (harapanrkayat.com),- Warga Tanjungmanggu RW 12 Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (3/5/2020) malam, dilaporkan berhasil menangkap seorang pemuda yang diduga akan melakukan pencurian sepeda motor. Setelah kepergok akan mencuri motor, warga langsung mengejar serta melakukan pengepungan hingga akhirnya maling berhasil ditangkap.

Maling pun sempat menjadi bulan-bulanan warga yang marah. Beruntung saat maling tertangkap sudah bersiaga anggota kepolisian. Sehingga warga yang marah berhasil diredam.

Tokoh Pemuda setempat yang juga Anggota DPRD Ciamis, Nurmutaqin, saat dihubungi tadi malam membenarkan kejadian maling yang akan mencuri motor tersebut. Dia mengatakan awalnya dirinya mendengar keramaian warga yang berlarian. Setelah ditanya ternyata warga sedang mengejar maling yang lari ke wilayah Tanjungmanggu.

Awalnya, terang Nurmutaqin, warga sempat kehilangan jejak ketika maling berhasil kabur. Namun warga yakin maling belum jauh dan diduga bersembunyi di tempat gelap.

“Kemudian warga melakukan pengepungan. Pencarian dibagi dalam beberapa kelompok. Ada yang mencari ke persawahan, ke kebun dan ada juga yang berjaga di beberapa titik. Semua titik keluar kampung dikepung oleh warga. Sekitar 50 warga melakukan pencarian,” ujarnya.   

Setelah sekitar satu jam dikepung, kata dia, warga yang melakukan pencarian akhirnya berhasil menemukan dan sekaligus menangkap maling yang bersembunyi di kebun bambu.

“Ketika maling berhasil ditangkap, warga yang emosi langsung berlarian memburu si maling. Karena jumlah warga cukup banyak, kami sempat kesulitan menahan amarah warga. Namun beruntung saat itu sudah bersiaga anggota kepolisian. Sehingga emosi warga bisa diredam,” katanya.  

Saat diintrogasi, lanjut Nurmuttaqin, seorang pemuda tanggung yang hendak mencuri motor itu mengaku orang Cianjur. Hanya dia mengontrak kamar di dekat Rumah Sakit Permata Bunda Ciamis. “Meskipun dia ber-KTP Cianjur, namun mengaku sudah lama tinggal di Ciamis,” imbuhnya.

Setelah warga berhasil ditenangkan, kemudian pelaku langsung digiring ke Mapolres Ciamis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Kami sangat berterimakasih kepada aparat kepolisian yang sigap mengamankan, sehingga tidak terjadi aksi main hakim sendiri yang dilakukan warga,” ujarnya.

Setelah kejadian maling yang hendak mencuri motor, lanjut Nurmutaqin, warga langsung bersepakat untuk meningkatkan ronda malam. Hal itu agar kejadian pencurian di wilayah Tanjungmanggu, Nagrak dan Cibeureum Kelurahan Sidangrasa bisa kembali diantisipasi.

“Memang akhir-akhir ini tengah rawan terjadi pencurian di berbagai daerah. Makanya untuk di lingkungan kami ronda malam akan lebih ditingkatkan,” pungkasnya. (Es/R2/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img