Klaim Token Gratis PLN Bulan Mei Lewat Whatsapp, Begini Caranya!

Klaim Token Gratis PLN Bulan Mei Lewat Whatsapp, Begini Caranya!
Klaim token gratis PLN bulan Mei lewat Whatsapp, begini caranya. Foto:Ist/Net

Token gratis PLN bulan Mei sudah tersedia. Bagi kamu yang ingin mendapatkan token gratis untuk bulan Mei ini, segera lakukan klaim dari sekarang.

Kamu bisa melakukan klaim token gratis melalui Whatsapp. Klaim token gratis dengan menggunakan whatsapp lebih mudah ketimbang harus masuk ke laman resmi PLN login www.pln.co.id

Kamu hanya perlu melakukan chat ke nomor Whatsapp resmi PLN di nomor 08122123123. Berikut kami sampaikan langkah mendapatkan token gratis bulan Mei dengan menggunakan whatsapp:

1. Pertama, kamu mesti buka aplikasi whatsaap di gadget yang kamu punya

2. Lalu, kamu lakukan chating ke nomor 08122-123-123 . Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan, yakni masukan nomor ID Pelanggan.

3. Apabila berhasil, token gratis akan muncul lewat balasan di pesan whatsaap.

4. Kamu tinggal masukan nomor token gratis sebanayak 20 digit ke dalam meteran.

Cara Agar Klaim Token Gratis PLN Bulan Mei Berhasil

Agar berhasil mendapatkan token gratis PLN bulan Mei, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Pertama, hindari melakukan klaim token gratis via Whatsapp di jam-jam sibuk

2. Lebih baik mengirim pesan Whatsapp PLN di jam pagi, terutama dini hari atau subuh

Hanya perlu dicatat hingga saat ini, pelanggan yang mendapat listrik gratis ini hanya pelanggan yang memiliki listrik berdaya 450 VA. Sementara pelanggan dengan listrik 900 VA (bersubsidi) mendapat keringanan atau diskon 50 persen. Token gratis dan diskon tersebut berlaku 3 bulan mulai dari April, Mei hingga Juni 2020.

Nah diluar itu, pemerintah tidak memberikan klaim token gratis ataupun keringanan. Lalu bagaimana cara membedakan listrik subsidi dan non subsidi?

Seperti kita ketahui, listrik gratis PLN tidak berlaku untuk semua pelanggan PLN, hanya pelanggan 450 VA dan 900 VA (bersubsidi) yang mendapatkan listrik gratis ataupun keringanan. Untuk membedakan listrik subsidi dan non subsidi, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Hal pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengecek struk pembayaran listrik. Apabila pada kolom tarif tertera sebuah kode R1, kamu berhak mendapatkan listrik gratis atau pun keringanan. Namun apabila pada struk pembayaran listrik tertera kode R1M, kamu tidak berhak mendapatkan bantuan listrik dari pemerintah Indonesia.

Kode listrik yang berhak mendapatkan token gratis PLN bulan Mei yakni R1T/450 VA (Gratis), R1/450 VA (Gratis), R1T/900 VA (Diskon) dan R1/900 VA (Diskon). Sementara itu kode 900 VA yang tak berhak mendapatkan diskon token listrik 50 persen yaitu R1MT/900 VA dan R1M/900 VA (Kode Mamp).

Bagi kamu pelanggan listrik 900 VA yang tidak bersubsidi tentu tidak akan bisa mendapatkan token gratis atau pun keringanan pembayaran diskon 50 persen. Jika kamu tetap bersikukuh ingin mengirimkan pesan ke WhatsApp PLN, jangan salahkan apabila PLN tidak akan merespon meski kamu sudah mengirimkan nomor ID pelanggan.

Cara Dapatkan Token Gratis Lewat www.pln.co.id

Setelah kita jelaskan langkah untuk mendapatkan token gratis PLN bulan Mei menggunakan whatsapp, kita akan sampaikan pula cara mendapatkan token gratis lewat website resmi login www.pln.co.id. Begini langkahnya:

1. Pertama, kamu harus login dulu ke laman www.pln.co.id

2. Setelah masuk, pilih atau klik menu pelanggan lalu cari dan klik kolom stimulus Covid-19

3. Langkah selanjutnya, kamu tinggal memasukan nomor meter atau ID pelanggan.

4. Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan nomor token pada layar.

5. Nomor token gratis yang sudah didapat tinggal kamu masukan ke meteran.

Listrik Gratis Untuk Pelanggan Pascabayar

Setelah kita jelaskan langkah-langkah untuk mendapatkan token gratis PLN bulan Mei untuk pelanggan pra bayar, kita akan jelaskan pula langkah klaim listrik gratis untuk pelanggan pasca bayar.

Pada dasarnya, cara mendapatkan listrik gratis dari PLN ini masih sama seperti bulan April lalu. Untuk pelanggan listrik 450 VA (pascabayar), pelanggan akan secara otomatis mendapatkan listrik gratis selama tiga bulan dari bulan April, Mei, dan Juni. Selama tiga bulan tersebut, pelanggan golongan ini tidak akan dikenakan biaya sedikitpun, meski pelanggan sepuasnya menggunakan listrik.

Sementara itu, bagi pelanggan listrik 900 VA (pascabayar), PLN hanya akan menagih biaya 50 persen saja dari penggunaan listrik selama tiga bulan.

Nah, itulah cara atau langkah untuk mendapatkan token gratis PLN bulan Mei yang bisa kita sampaikan. Selamat mencoba, semoga berhasil. (Jujang/R8/HR Online)