Klaim Token Listrik Gratis PLN Lewat Klik www.pln.go.id atau WA 08122-123-123

klaim token listrik gratis pln
KWH Meteran listrik PLN prabayar. Foto: Ist/Net

Pemerintah memberikan stimulus listrik gratis PLN sebagai salah satu program penanganan dampak Covid-19. Anda bisa klaim token listrik gratis PLN melalui klik www.pln.go.id atau bisa juga melalui WhatsApp ke nomor 08122-123-123.

Kebijakan listrik gratis PLN ini yang tadinya diberikan hanya 3 bulan, kini diperpanjang menjadi 6 bulan.

Pelanggan PLN yang mendapatkan token listrik gratis adalah pengguna listrik subsidi daya 450 VA dan 900 VA prabayar.

Klaim Token Listrik Gratis PLN

Untuk mendapatkan token gratis dari PLN, Anda bisa klik situs PLN di www.pln.go.id atau bisa juga melalui WhatsApp di nomor 08122-123-123

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis PLN melalui website PLN

Pertama yang harus Anda lakukan adalah klik ke situs PLN www.pln.go.id, selanjutnya klik ‘Stimulus Covid-19’ atau Token gratis/diskon.

Kedua, masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter dalam kolom pencarian.

Ketiga, Anda akan diminta untuk memasukkan kode captcha, setelah memasukkan kode captcha, tinggal klik ‘Cari’.

Jika sudah, maka akan muncul token listrik gratis atau diskon 50 persen pada kolom keterangan. Selanjutnya Anda tinggal memasukkannya ke kWh meteran di rumah Anda.

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Melalui WhatsApp

Bila cara mendapatkan token listrik gratis melalui website PLN www.pln.go.id dirasa sulit, Anda bisa mendapatkannya lewat WhatsApp.

Caranya, Anda buka aplikasi WhatsApp, lanjut chat ke nomor WhatsApp 08122-123-123. Nantinya akan muncul balasan dari PLN yang dikirim secara otomatis.

Anda akan diminta untuk mengetik angka 1. Balas chat dari PLN itu dengan mengetik angka 1. PLN akan membalasnya, dan Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ID pelanggan.

Anda balas dengan nomor ID pelanggan, selanjutnya token gratis dari PLN pun akan langsung muncul. Token listrik gratis pun bisa Anda gunakan. Anda tinggal memasukkan token gratis dari PLN tersebut ke kWh meteran.

Susah Mendapatkan Token Listrik Gratis? Coba Tips Ini

Jika Anda kesulitan untuk klaim token listrik gratis PLN lewat website PLN www.pln.go.id maupun lewat WA, pertama Anda bisa login ke website PLN di jam-jam yang tidak terlalu sibuk.

Anda bisa login ke website PLN www.pln.go.id ataupun mengirim pesan WhatsApp pagi-pagi sekali. Bisa dini hari atau saat Subuh. Kalau perlu tengah malam.

Baca Juga: Token Listrik Gratis Non Subsidi 900 VA dan 1.300 VA, Begini Cara Dapatnya

Sebelumnya pastikan Anda mengecek dahulu kode rekening listrik yang ada di rumah Anda. Listrik gratis hanya diperuntukkan untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Itu pun yang berubsidi.

Jika Anda berlangganan listrik yang tak bersubsidi, maka dipastikan Anda tidak akan bisa mendapatkan listrik gratis ataupun diskon listrik 50 persen.

Tak perlu heran jika Anda berlanganan listrik bukan subsidi tapi memaksa untuk mengirim pesan ke WhatsApp PLN, Anda tidak akan menerima balasan saat mengirim nomor ID pelanggan.

Jika Anda login melalui website PLN www.pln.go.id, saat Anda memasukkan nomor ID pelanggan, Anda akan mendapat balasan jika Anda bukan salah satu penerima listrik gratis.

Cara Mengecek Meteran Listrik Subsidi

Untuk klaim token listrik gratis PLN, Anda bisa mengecek meteran listrik di rumah Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda pelanggan PLN yang bisa menerima listrik gratis atau tidak.

Perlu diketahui bagi Anda yang menggunakan listrik dengan daya 900 VA dengan kode ‘M’ pada struk pembayaran listrik, itu berarti Anda bukan pelanggan yang menerima subsidi.

Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah mengecek struk pembayaran listrik Anda terlebih dahulu. Selanjutnya lihatlah kodenya. Jika kodenya R1M itu berarti Anda bukan penerima listrik subsidi. Huruf ‘M’ pada kode listrik tersebut itu berarti Mampu.

Dalam akun Instagramnya, PLN menjelaskan cara mengecek meteran listrik apakah mendapatkan subsidi atau tidak.

Pertama, Anda cek struk pembayaran listrik sebelumnya. Lalu lihat pada kolom tarif/daya. Jika tertulis R1/900VA, maka Anda berhak klaim token listrik gratis PLN sebesar 50 persen.

Sebaliknya jika kodenya R1M/900VA, maka dipastikan Anda bukan penerima subsidi listrik, dan tidak bisa mendapatkan token listrik gratis.

Klaim listrik gratis PLN ini bukan hanya bagi pelanggan dengan meteran token atau prabayar, tapi juga pelanggan pascabayar dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Pelanggan 450VA tagihan listriknya gratis atau mendapatkan token listrik gratis. Sementara bagi Anda pengguna listrik dengan daya 900 VA, tagihannya akan mendapatkan diskon 50 persen atau token listrik gartis 50 persen.

Klaim token listrik gratis PLN ini sangat mudah dilakukan, asal Anda tahu caranya dan tentu saja hindari jam-jam sibuk. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...