Konsep Rumah Shabby Chic Agar Tidak Terlihat Kuno

Konsep Rumah Shabby Chic
Konsep rumah Shabby Chic. Foto: Ist/Net

Konsep rumah shabby chic merupakan konsep yang didapat dari kata shabby yang berarti kumal atau berantakan. Anda jangan tertipu dengan kata shabby karena di dalam frase shabby chic sudah memiliki arti berubah secara total.

Tentu kata shabby chic sudah familiar anda dengar, terutama untuk anda pecinta dekorasi dan interior. Shabby chic merupakan sebuah gaya dekorasi rumah dengan interior yang elegan, kasual, menarik, dan nyaman.

Konsep Rumah Shabby Chic untuk Dekorasi Ruangan

Di dalam konsep shabby chic tidak mengutamakan ruangan yang ditata dengan formal atau bisa dibilang kaku. Konsep ini bisa anda mulai dengan mengisi furnitur yang harganya terjangkau.

Hal tersebut termasuk bahan tekstil yang digunakan, aksesoris rumah, dan pernak-pernik kecil lainnya untuk pemanis interior yang sangat mudah ditemukan di pasaran.

Biaya yang terjangkau dan bahan mudah didapat dalam desain ini membuat orang semakin berlomba-lomba untuk mendekorasi rumah mereka ala shabby chic atau khas Bohemian.

Untuk menata konsep rumah shabby chic, anda tidak perlu membeli perabotan baru. Anda bisa gunakan barang yang ada dan didaur ulang dengan stylish. Sehingga didapat perabotan yang menarik yang pada awalnya sudah kusam dan pudar.

Agar tidak terkesan monoton, anda bisa kombinasikan dengan warna yang dominan atau lembut dengan mengutamakan bahan feminim, misalnya rendah atau warna pastel.

Namun jika anda tidak yakin dengan memadukan warna, anda bisa berpedoman pada warna dasarnya seperti putih dan krem.

Seluruh ruangan di dalam rumah bisa anda buat dengan desain ala shabby chic, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur.

Ambil tema sebuah penginapan saat musim panas dengan memadukan dengan konsep vintage dan voila, maka konsep rumah shabby chic anda pasti terlihat sangat menarik dengan ide ini.

Tips Untuk Dekorasi Shabby Chic

Bagi anda yang menginginkan konsep shabby chic ini, bisa anda pertimbangkan beberapa tips yang akan membantu anda.

Pilih Warna Natural

Sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, warna putih merupakan warna yang aman untuk memulai mendekorasi konsep ini. Konsep shabby chic makin digemari masyarakat luas.

Pilih warna yang bisa memantulkan warna kalem dan tenang agar nuansa shabby bisa didapat dengan elegan. Untuk warna putih bisa dipadukan dengan warna kayu yang sering menjadi trademark shabby chic yang sangat timeless.

Pilih Aksesoris yang Pas

Hal yang utama dalam konsep rumah shabby chic ini adalah keseimbangan antara aura yang matang dan aura yang elegan yang tentunya belum pudar. Konsep ini memang untuk menonjolkan gaya tua, namun hindari perabot yang terlalu kuno.

Perpaduan Furnitur Shabby Chic

Perpaduan dalam konsep shabby chic juga hal yang penting pada aspek penataan funitur. Dalam menghadirkannya pun tak terlalu rumit sehingga anda jangan ragu mencobanya.

Gunakan sofa yang berukuran besar dengan bahan yang mudah untuk dibersihkan. Jika perlu, cari sofa yang terkesan antik dan pernah digunakan.

Pada perabot dengan warna pastel, tentu akan menambah kesan shabby chic yang menarik dan unik. Anda bisa menggunakan perabotan kayu dan dicat dengan warna putih yang terlihat natural, bukan yang mengkilap.

Mudah bukan? Maka dari itu, pastikan anda tak melewatkan tips menciptakan konsep rumah shabby chic ini. Dijamin anda dan seluruh anggota keluarga akan merasa nyaman di dalam rumah.

Hunting Dekorasi yang Serba Eklektik

Tips mendekorasi rumah ala shabby chic selanjutnya yaitu berburu dekorasi yang serba eklektik. Tips yang satu ini tak kalah penting untuk anda perhatikan.

Untuk menggunakan shabby chic, anda tidak perlu mengunjungi toko mewah untuk berburu dekorasi dan furnitur mewah.

Tanpa harus keluar budget tinggi, anda bisa mengunjungi garage sale dan toko antik untuk menemukan bingkai tua, rak gantung, dan karpet yang tentunya sudah mempunyai status bekas.

Kini anda sudah semakin memahami konsep rumah shabby chic. Konsep yang satu ini bisa anda terapkan pada rumah anda. Tak hanya nyaman, konsep ini juga membuat tampilan rumah terkesan semakin menarik. (R10/HR-Online)

Loading...